6 Manfaat Kopi untuk Menjaga Kesehatan Mental

Bukan sekadar jaga kesehatan fisik saja lho, kopi juga berikan pengaruh baik untuk kesehatan mental

30 April 2020

6 Manfaat Kopi Menjaga Kesehatan Mental
Dok. Jovee

Berbicara mengenai kopi tentu identik sebagai minuman orang yang sedang begadang karena dapat membantu melawan kantuk. Namun, kini kopi juga banyak dinikmati oleh hampir semua kalangan. Kopi umum disajikan secara hangat atau dingin.

Menurut beberapa penelitian, kopi ternyata memiliki manfaat yang baik bagi orang dengan masalah mental.

Manfaat kopi baik untuk mental dan pikiran.

Namun untuk dapat memperoleh manfaat kopi yang baik untuk kesehatan, tentu harus diperhatikan kadar jumlah kopi yang dikonsumsi. Dengan kadar yang tepat, kopi bisa menjadi teman kesehatan mental serta pikiran kamu.

Benarkah demikian?

Berikut Popmama.com telah merangkum ulasan dari tim Ngovee terkait manfaat kopi untuk kesehatan mental yang perlu kamu ketahui.

1. Merangsang rasa bahagia

1. Merangsang rasa bahagia
Pexels/the Coach Space

Penelitian yang dilakukan di universitas Harvard, Amerika menunjukkan bahwa konsumsi kopi ternyata bermanfaat terhadap rangsangan bahagia serta percaya diri. Hal ini terjadi karena kopi mampu meningkatkan produksi hormon serotonin dan dopamine yang berperan sebagai pemicu kebahagiaan.

Dalam studi tersebut disebutkan bahwa kafein yang ada dalam kopi memicu aktivitas dopamine yang merupakan sebuah neurotransmitter yang berpengaruh pada suasana hati seseorang. 

2. Kopi membantu menurunkan depresi

2. Kopi membantu menurunkan depresi
Pixabay/stokpic

Salah satu manfaat mengkonsumsi kopi adalah dapat membantu menurunkan kecenderungan depresi. Konsumsi kopi di pagi hari secara rutin terbukti dapat menurunkan tingkat risiko depresi hingga 20 persen lebih rendah ketimbang orang-orang yang jarang atau tidak pernah mengkonsumsinya.

Hal ini telah dibuktikan berdasarkan riset oleh Harvard School of Public Health.

Manfaat kopi yang dapat melawan depresi ini berasal dari zat antioksidan serta kafein di dalam kopi yang memang memiliki kemampuan dalam merangsang sistem saraf pusat. Alhasil, kecenderungan depresi dapat ditekan dan mood pun meningkat sepanjang hari.

Editors' Picks

3. Terhindar dari kecenderungan putus asa

3. Terhindar dari kecenderungan putus asa
Freepik

Tekanan darah tinggi sangat mungkin memicu timbulnya rasa stres pada seseorang. Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan di Swiss dimana mereka yang jarang mengkonsumsi kopi berisiko stres lebih tinggi.

Hal ini bisa jadi dikarenakan aroma pada kopi yang terasa nyaman dan menenangkan dapat menurunkan tingkat stres karena gen ditingkatkan aktivitasnya sebagai pelindung sel saraf.

4. Menajamkan daya ingatan

4. Menajamkan daya ingatan
Freepik

Kopi ternyata tidak hanya berperan baik terhadap kondisi mental atau psikis seseorang namun juga kesehatan otak jika dikonsumsi secara tepat.

Konsumsi kopi mampu meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat. Namun, untuk dapat memperoleh manfaat ini sangat disarankan agar konsumsi dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan.

5. Memperbaiki fokus

5. Memperbaiki fokus
Pexels/Bruce Mars

Kafein yang dikonsumsi dari kopi akan mampu berpengaruh terhadap fungsi otak. Kafein ini mampu merangsang produksi sejumlah hormon dalam tubuh saat terbawa aliran darah. Hormon yang dirangsang produksinya oleh kafein seperti dopamine, serotonin, serta noradrenalin.

Dengan adanya ketiga senyawa ini, maka fokus kamu pun lebih meningkat. Hal ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa mereka yang mengantuk disarankan mengkonsumsi kopi agar kembali fokus.

6. Mengandung antioksidan untuk menghindari risiko penyakit saraf

6. Mengandung antioksidan menghindari risiko penyakit saraf
Freepik/javi_indy

Kopi kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan ini dipercaya mampu mengurangi radang pada sel-sel saraf dalam tubuh.

Antioksidan kuinin dalam kopi bersama-sama dengan magnesium akan menyeimbangkan kadar gula darah, yang kemudian bisa meminimalkan risiko terjadinya diabetes tipe 2.

Zat Aktif pada Kopi

Zat Aktif Kopi
Freepik

Manfaat kopi yang telah dijelaskan di atas berasal dari beragam zat bioaktif yang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Zat bioaktif ini bekerja tidak hanya menenangkan fisik namun juga berperan baik kepada kesehatan otak.

1. Asam Klorogenat (CGA)

Asam klorogenat merupakan sejenis antioksidan polifenol yang memiliki manfaat terhadap metabolisme gula darah serta membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Karena termasuk antioksidan, zat ini sangat baik untuk melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit pada tubuh.

2. Trigonelline

Trigonelline adalah senyawa alkaloid yang memiliki fungsi sebagai pengolah vitamin B3 yang merupakan asam nikotinat. Trigonelline juga memiliki manfaat yang sangat baik terhadap pencegahan masalah gigi berlubang sehingga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah tersebut.

Selain itu, trigonelline juga mampu membantu menghambat perkembangan bakteri.

3. Kafein

Zat kafein adalah zat yang paling lumrah kita ketahui berada di dalam kopi. Zat kafein ini merupakan zat psikoaktif yang memiliki kemampuan sebagai stimulan sistem saraf pusat.

4. Cafestol serta Kahweol

Cafestol serta kahweol merupakan sejenis minyak alami yang berasal dari kopi. Minyak alami ini memiliki kemampuan sebagai pelindung sel tubuh dari kerusakan dan juga sangat baik untuk organ hati.

Meski kopi secara umum memiliki kandungan zat di atas, nyatanya jumlah kadarnya akan sangat bervariasi tergantung dari jenis biji kopi yang dikonsumsi.

Cara pengolahan serta jumlah konsumsi kopi juga sangat memengaruhi.

Itulah beberapa manfaat kopi untuk kesehatan mental, namun bagi kamu yang suka minum kopi dengan gula, waspada pada pemakaian gula yang berlebihan karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Hal serupa disampaikan oleh Kelvin Halim, nutrisionis Jovee, “Kini, kopi menjadi salah satu minuman yang hits dikonsumsi masyarakat umum dengan berbagai jenis varian dan rasa. Kopi sendiri memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan bila dikonsumsi secara wajar."

Lalu bagaimana takaran minum kopi yang aman?

"Anjuran konsumsi kopi pada orang dewasa yang sehat bisa mencapai 400 mg kafein atau setara dengan 4 gelas tiap harinya. Jangan menambahkan bahan seperti gula, susu, krimer, dan sejenisnya secara berlebihan saat mengonsumsi kopi. Kamu perlu mengurangi juga konsumsi kafein bila memiliki riwayat hipertensi ataupun diabetes mellitus dengan cara mengurangi kopi (tidak rutin tiap hari) dan memilih kopi decaf tanpa kafein,“ demikin penjelasan Kelvin Halim.

Sekarang sudah tahu kan Ma manfaat kopi untuk kesehatan mental. Sudah terbukti ya, minum kopi memang bisa bikin kamu merasa lebih bahagia, senang dan tenang.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.