Nggak Ada Hari Tanpa Order Kopi? Ini 5 Tanda Kamu Kecanduan Minum Kopi

Kalau mengalami 4 dari 5 tanda berikut, bisa jadi kamu sudah kecanduan kopi

12 April 2019

Nggak Ada Hari Tanpa Order Kopi Ini 5 Tanda Kamu Kecanduan Minum Kopi
Dok. Fore Coffee

Apa hal yang pertama kali kamu lakukan saat tiba di kantor? Menyalakan laptop kemudian menyiapkan tumblr dan mengisinya dengan air putih hingga penuh. Lalu duduk tenang dan mulai bekarja.

Idealnya memang begitu, tapi nyatanya itu saja belum cukup. Banyak orang tidak langsung bekerja tapi malah membuka aplikasi pesan makanan online, kemudian order kopi. Sebelum memesan, biasanya nggak lupa kamu menawarkan teman-teman yang lain juga.

Biasanya toko kopi yang dipilih itu yang rasa kopinya khas, memiliki varian rasa, mudah dijangkau dan  harganya bersahabat.

Kalau kamu rajin order kopi, mungkin kamu memang sudah candu. Sebenarnya, ini bagus juga untuk ikut mendukung bisnis lokal kategori coffee startup.

Salah satu toko kopi yang sedang jadi sorotan adalah Fore Coffee.

Toko kopi yang buka sejak 8 Agustus 2018 ini, semula hanya membuat 19.000 gelas kopi sebulan, namun saat ini melonjak jadi 300.000 gelas dalam sebulan.

Mereka merilis aplikasi seluler pada Desember 2018, untuk bisa mempermudah pelanggan dalam proses pemesanan. Kesiagaan ini membuat toko kopi yang satu ini mengumpulkan US $ 9,5 juta pada putaran pendanaan Seri A, sementara pada tahun sebelumnya mereka hanya mendapatkan US $ 8,5 juta. Pendanaan tersebut diinvestasi oleh East Ventures sejak tahun pertama.

East Ventures sendiri memang telah banyak memberi dukungan pada berbagai usaha yang sedang berkembang. Willson Cuaca, Managing Partner of East Ventures, menjelaskan bahwa penyesuaian memang mengikuti data yang ada dan semua didukung oleh infrastruktur digital Indonesia yang sudah semakin dioptimalkan. 

Perkembangan pesat tersebut bisa menjadi salah satu tanda, bahwa ada pergeseran gaya hidup orang-orang sebagai konsumen. Mereka siap menjadi konsumen setia ketika ada kecocokan dan kemudahan.

Selain itu, banyaknya orang yang sudah kecanduan kopi dan menjadikan minum kopi sebagai gaya hidup sebagai gaya hidup sehari-hari. Ini juga bisa menjadi pendukung yang baik.

Apa yang sebenarnya dialami pecinta kopi?

Sepertinya ada yang kurang jika tidak menikmati pagi dengan segelas kopi. Apakah kamu salah satunya?

Menurut Rachel Sales, M.D, profesor neurologi dari Johns Hopkins Medicine, kopi, soda, teh tertentu, minuman berenergi, atau permen karet adalah kandungan makanan ataupun minuman yang dapat memberikan efek kecanduan.

Khususnya kopi, ada beberapa tanda yang mudah terlihat dengan jelas dan menunjukkan kalau kamu pecandu kopi.

Simak ulasan Popmama.com mengenai 5 tanda kecanduan kopi.

1. Kurang bahagia kalau belum minum kopi

1. Kurang bahagia kalau belum minum kopi
tododiasaude.com.br

Bahagia itu, kalau bisa mengawali hari dengan minum segelas kopi.

Apakah kamu sependapat?

Kafein pada dasarnya bersifat stimulan yang dapat merangsang mood dan reseptor dopamin di otak.

Dikatakan oleh Dana Hunnes, Ph.D., MPH, RD ahli gizi senior di UCLA Medical Center. Kafein juga dapat merangsang pelepasan adrenalin. Ini adalah kecanduan untuk merasa lebih baik setelah minum kopi.

2. Sakit kepala kalau belum minum kopi

2. Sakit kepala kalau belum minum kopi

Kopi termasuk minuman yang memiliki sifat vasokonstriktor, bisa membuat pembuluh darah menyempit sehingga membatasi aliran darah.

Situasi inilah alasan rasa sakit kepala yang sering datang intens. Ada dua situasi yang akan menciptakan reaksi sakit kepala.

Pertama, ketika kamu secara rutin mengonsumsi kopi sehingga terbiasa dengan minuman tersebut dan menjadikannya kebutuhan sehingga hal itu menjadi tanda kecanduan kopi.

Kedua, kamu tidak pernah minum kopi sama sekali sehingga ketika minum kopi kepalamu menjadi sakit.

Editors' Picks

3. Kurang konsentrasi kalau belum minum kopi

3. Kurang konsentrasi kalau belum minum kopi
Unsplash/rawpixel.com

Kalau kamu merasakan minum kopi bisa membuat daya konsentrasi bertambah, itu artinya kamu sudah kecanduan.

Kurang konsentrasi kalau belum minum kopi adalah tanda kamu kecanduan kafein. Wajar saja kalau otak kamu memerintah tubuh untuk beli kopi supaya kamu merasa lebih nyaman.

4. Merasa minum kopi bisa merilekskan pikiran

4. Merasa minum kopi bisa merilekskan pikiran
Pexels/Tirachard Kumtanom

Ini adalah tanda kecanduan kopi yang umum terjadi. Merasa dengan minum kopi bisa merilekskan pikiran. Bobot pekerjaan yang berat bisa membuat seseorang tegang dan jika kopi dirasa bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks, itu tandanya kamu sudah candu.

5. Susah BAB kalau belum minum kopi

5. Susah BAB kalau belum minum kopi
Freepik

Kalau kamu mengalami susah buang air besar karena belum minum kopi, bisa jadi tanda kalau kamu sudah kecanduan kopi.

Mungkin tidak masuk akal, tapi 30 persen orang di bumi ini merasa ingin buang air besar setelah minum kopi. Kok bisa?

Simak penjelasan rinci mengenai minum kopi meningkatkan hasrat BAB berikut ini:

  • Menurut para ilmuwan, senyawa kimia dalam kopi dapat merangsang distal usus. Senyawa kimia dalam kopi merangsang kontraksi otot di usus besar yang mirip dengan kontraksi perut setelah makan yang biasa terjadi untuk membantu mendorong limbah keluar dari tubuh kamu dengan lebih cepat. Belum diketahui secara pasti senyawa mana yang bisa memberikan efek seperti ini.
  • Kopi juga dapat memicu pelepasan gastrin, hormon yang diproduksi di dalam perut dan dikenal meningkatkan aktivitas motorik di usus besar, yang akan mempercepat gerakan usus. Usus besar ini berada paling dekat dengan dubur, peneliti menyimpulkan bahwa peningkatan aktivitas di sana bertanggung jawab untuk memberikan pengaruh pencahar dari kopi.

Jadi itulah yang terjadi pada tubuh seseorang yang sudah candu kopi dan menganggap kopi bisa membuatnya jadi ingin BAB.

Secara umum, tubuh memang menyukai kafein dalam kopi. Inilah yang kemudian memberi reaksi pada tubuh. Kalau kamu merasakan 5 tanda di atas berarti kamu kecanduan kopi.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!