Eksklusif: Tertantang dan Ingin Produktif saat Pandemi, Hilyani Hidranto Tertarik Bisnis MLM

Di tengah pandemi Covid-19, Hilyani Hidranto tak mau hidupnya terkesan monoton dan ingin terus produktif

14 Januari 2021

Eksklusif Tertantang Ingin Produktif saat Pandemi, Hilyani Hidranto Tertarik Bisnis MLM
Popmama.com/Michael Andrew
Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2021: Hilyani Hidranto

Penyebaran Covid-19 yang terjadi di Indonesia memang semakin meningkat dan tanpa disadari pelan-pelan akan berdampak buruk bagi kesejahteraan masyarakat.  

Dampak pandemi Covid-19 yang sudah melanda Indonesia di tahun 2020 memang telah berpengaruh ke berbagai sektor, termasuk finansial keluarga. Pekerja dirumahkan serta dilakukan perampingan karyawan menjadi dampak dari pandemi yang akan berimbas ke kehidupan keluarga. 

Hilyani Hidranto pun menyadari bahwa dampak pandemi Covid-19 yang sudah terjadi selama berbulan-bulan memang tidak bisa disepelekan. Hilyani harus berdamai dengan diri sendiri karena semua studio sebagai tempat mengajarkan olahraga pound fit harus tutup karena imbas dari pandemi. Ia pun berdaptasi dan memiliki aktivitas baru dengan berjualan melalui media sosial pribadinya. 

Jika Mama ingin mengetahui cerita dari Hilyani Hidranto secara eksklusif mengenai keseruan saat bergabung dengan bisnis MLM, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Simak rangkuman cerita dari mama satu anak ini dalam Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2021 yuk, Ma!

1. Hilyani Hidranto memanfaatkan teknologi dan berbisnis untuk tetap produktif di tengah pandemi Covid-19

1. Hilyani Hidranto memanfaatkan teknologi berbisnis tetap produktif tengah pandemi Covid-19
Popmama.com/Michael Andrew
Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2021: Hilyani Hidranto

Hilyani Hidranto merasakan dampak pandemi Covid-19 yang terjadi di dalam hidupnya. Walau studio tempatnya bekerja tutup, namun Hilyani memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk kembali produktif menjalani masa-masa sulit di tahun 2020. 

"Ketika mulai beradaptasi dengan kondisi di tengah pandemi Covid-19. Saya pun menyadari bahwa kecanggihan teknologi perlu dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, saya membuka kelas-kelas secara online," ucap Hilyani.  

Sebagai instruktur pound fit, Hilyani pun menyadari bahwa kelas-kelas yang diadakan secara virtual sangat berguna untuk menjaga kesehatan fisik di tengah ancaman berbagai virus saat ini. 

Tak hanya itu, Hilyani di tahun 2020 akhirnya mencari pemasukkan tambahan dan bergabung dengan bisnis MLM. 

"Awalnya saya memang fokus dengan kelas-kelas pound fit karena masih bersyukur bisa jadi instruktur, walau hanya virtual dan kelas dikurangi. Dari penghasilan tersebut juga membantu membayar beberapa tagihan yang harus dipenuhi, tetapi lama kelamaan berpikir untuk mencari cara mendapatkan income lain," ucap Hilyani. 

Keinginannya untuk bergabung dengan MLM tersebut untuk mencari penghasilan lain, sehingga membantu finansial keluarga dan berbagai keperluan di tengah pandemi. 

"Saya menyadari bahwa pemasukkan akan baik jika lebih dari satu sumber," katanya. 

Cara Hilyani yang ingin menambah sumber penghasilannya di situasi seperti sekarang bisa ditiru nih, Ma. 

Editors' Picks

2. Hilyani Hidranto sempat merasa penasaran dan tertantang sebelum bergabung dengan bisnis MLM

2. Hilyani Hidranto sempat merasa penasaran tertantang sebelum bergabung bisnis MLM
Popmama.com/Michael Andrew
Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2021: Hilyani Hidranto

Bergabung dengan bisnis MLM tentu menjadi salah satu langkah yang diambil oleh banyak orang untuk mendapatkan penghasilan tambahan di tengah pandemi Covid-19. 

Bisnis ini pada akhirnya kembali menjadi tren, apalagi ada banyak keluarga yang mengalami dampak secara perekonomian. Tak hanya barang yang dijual menarik dan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari saja, namun banyak orang yang sudah terjun dalam bisnis MLM merasa mendapatkan banyak keuntungan setelah menjual produk-produk mereka. 

Jika Mama perhatikan tren bisnis MLM saat ini pun bermacam-macam. Tak hanya produk kecantikan, perawatan tubuh atau minyak esensial saja karena ada juga madu yang bisa meningkatkan imunitas tubuh

Ketika diwawancarai secara eksklusif oleh Popmama.com, Hilyani Hidranto memilih untuk bergabung dengan bisnis MLM karena ingin mendapatkan sumber penghasilan tambahan. 

"Saya ingin mencoba sesuatu yang baru sebenarnya, apalagi merasa tahun 2020 itu terasa sangat monoton. Niat awalnya untuk menjalani sesuatu yang baru dan ingin ada sumber pendapatan lain," ucap Hilyani. 

Saat bergabung dengan bisnis MLM, Hilyani mengaku sangat penasaran bisa melakukannya atau tidak. Dari rasa penasaran tersebut, mama satu anak ini akhirnya merasa tertantang untuk menjalani bisnis di tengah pandemi. 

3. Memanfaatkan media sosial menjadi cara Hilyani Hidranto memperkenalkan produknya

3. Memanfaatkan media sosial menjadi cara Hilyani Hidranto memperkenalkan produknya
Popmama.com/Michael Andrew
Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2021: Hilyani Hidranto

Untuk mengisi waktu sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan, Hilyani Hidranto sudah beberapa bulan menjalani bisnis MLM. Mama dari Alula Hailey Wisnu (4) ini mengatakan bahwa memang finansial keluarga akan terbantu dengan adanya penghasilan tambahan. 

"Bukan karena merasa kurang (finansial) saat menjalani bisnis ini. Sebenarnya bisa-bisa saja hidup dapat bertahan dengan penghasilan yang saya dan suami dapatkan selama ini, tetapi tetap saja kadang-kadang ketika mempunyai penghasilan tambahan bisa membuat finansial keluarga lebih baik," jelas Hilyani. 

Mama satu anak ini mengaku sangat senang ketika berhasil menjual berbagai produk unggulannya ke orang lain. 

"Ternyata ketika bisnis ini dijalani tidak semengerikan yang pertama kali saya bayangkan. Dulu saya sempat berpikir kalau bisnis ini mengerikan karena harus berjualan dan menawari berbagai produk ke orang lain. Saat dijalani, saya merasa terbantu karena sekarang dunia sudah semakin modern," kata Hilyani. 

Di era yang sudah semakin modern ini, Hilyani memanfaatkan media sosial dengan baik untuk memberikan berbagai informasi mengenai produk-produk jualannya. Branding sekaligus promosi melalui fitur InstaStory di Instagram terus dilakukan oleh Hilyani, sehingga pengikutnya bisa melihat dan mendapatkan informasi baru terkait produk tersebut. 

"Menurutku untuk bisnis ini perlu ada konsisten, apalagi ketika memanfaatkan fitur yang ada di media sosial," lanjutnya.  

4. Sebelum ikut menjalani bisnis MLM, Hilyani Hidranto minta restu ke suami

4. Sebelum ikut menjalani bisnis MLM, Hilyani Hidranto minta restu ke suami
Popmama.com/Michael Andrew
Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2021: Hilyani Hidranto

Hilyani juga bercerita kalau sang Suami sangat memberikan dukungan penuh kepadanya saat awal-awal mulai berkeinginan untuk berbinis. Ia meminta restu sekaligus berdiskusi sebelum mengambil sebuah keputusan. 

"Sebelum memutuskan untuk ikut bergabung ke bisnis tersebut, saya berkomunikasi dengan suami dan saling bertukar pikiran satu sama lain. Ketika diberikan pengertian terkait ketertarikan saya mau ikut MLM, suami pun mengizinkan karena ingin senang melihat istrinya memiliki hobi baru dan tertantang menjalani sesuatu yang berbeda. Dia ikut mendukung, lalu merasa senang juga melihat istrinya produktif," jelas Hilyani. 

Dari sosok Hilyani, Mama bisa belajar untuk selalu berkomunikasi terlebih dahulu dengan suami sebelum pada akhirnya memutuskan sesuatu. Dukungan penuh dari suami akan memberikan energi positif, sehingga bisa menjalani segala sesuatunya menjadi lebih menyenangkan. 

Demikian cerita menginspirasi dari Hilyani Hidranto yang akhirnya memiliki aktivitas dan hobi baru setelah ikut bergabung dengan bisnis MLM. 

Semoga cerita dari mama satu anak ini bisa memberikan motivasi dan manfaat tersendiri ya, Ma. 

Baca juga: 

#MillennialMama of the Month Edisi Januari 2021 – Hilyani Hidranto

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Lifestyle Editor - Onic Metheany  
Reporter – FX Dimas Prasetyo, Putri Syifa Nurfadilah
Social Media - Irma Erdiyanti
Art Designer – Aristika Medinasari
Photographer - Michael Andrew

#MillennialMama of the Month

Hilyani Hidranto
Millennial Mama

Hilyani Hidranto

"Pandemi membuat saya sadar bahwa punya tabungan itu penting"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.