Sherina Munaf Bagikan Edukasi Soal Kontak Erat Pasien Covid-19

Sherina Munaf bangga karena Baskara inisiatif jalani isolasi setelah kotak erat pasien Covid-19

14 Januari 2021

Sherina Munaf Bagikan Edukasi Soal Kontak Erat Pasien Covid-19
Instagram.com/sherinasinna

Sherina Munaf dan Baskara Mahendra kembali bertemu setelah sang Suami menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Pasangan yang menikah pada 3 November 2020 ini sempat harus berpisah sementara waktu, demi menjaga kesehatan keluarganya. 

"Akhirnya ketemu lagi setelah 14 hari. Total nggak ketemu lebih dari 14 hari. Walau lumayan berat tahun baruan, birthday, dll kemarin nggak bisa merayakan bareng. I'm pround of him karena inisiatif menyelesaikan isolasi mandiri selama 2 minggu setelah sempat kontak erat sebelumnya," tulis Sherina dalam unggahannya, Rabu (13/1/2021).  

Menurut Sherina, sang Suami rela berkorban sementara waktu untuk keamanan dan kesehatan bersama. 

Berdasarkan data terbaru yang dirilis Pemprov DKI Jakarta dalam situs corona.jakarta.go.id hingga hari Minggu (13/1/2020) pukul 23.00 WIB tercatat sebanyak 858.043 kasus terkonfirmasi Covid-19 secara nasional. 

Ada sekitar 129.628 orang masih dirawat, 703.464 orang dinyatakan sembuh dan 24.951 orang lainnya meninggal dunia. Data kasus terkonfirmasi Covid-19 ini telah diumumkan secara resmi oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Menurut data dari Satgas Penanganan Covid-19 tercatat 11.278 kasus positif Covid-19 pada Rabu (13/1/2020). Ini angka yang tidak sedikit untuk catatan harian. 

Sherina menjadi salah satu public figure yang memiliki perhatian pada kasus virus corona yang belum berhenti ini. Dalam media sosial, Sherina ungkap mengenai inisiatif sang Suami menjalani isolasi setelah kontak erat dengan pasien Covid-19, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Ada yang bisa dipetik dan dijadikan pembelajaran selama pandemi Covid-19 ini masih berlangsung nih, Ma. 

Editors' Picks

1. Sherina Munaf menjelaskan bahwa sang Suami tidak positif Covid-19 

1. Sherina Munaf menjelaskan bahwa sang Suami tidak positif Covid-19 
Instagram.com/sherinasinna

Melalui InstaStory pribadinya, Sherina Munaf mewakili sang Suami yang sedang detoks media sosial memberikan klarifikasi sekaligus edukasi ketika pernah kontak erat bersama pasien Covid-19. 

"Dia (Baskara) memang sempat kontak erat, tetapi tidak pernah positif Covid-19. Jadi, bukan sembuh dari Covid, melainkan ibaratnya we dodged a bullet here," jelas Sherina dalam unggahan tersebut. 

Berdasarkan ceritanya, Sherina menjelaskan kalau sang Suami memang memiliki asma. Hal inilah yang membuat Baskara menjadi lebih rentan apabila terpapar virus. 

Sherina pun menjabarkan hasil pemeriksaan kesehatan yang dijalan oleh Baskara. Swab PCR di hari pertama dinyatakan negatif dan tidak ada gejala, lalu saat di tes lagi di hari ke-10 juga dinyatakan negatif dan tidak ada gejala sama sekali. 

"Walau negatif dan tidak ada tanda-tanda gejala, kita tetap patok isolasinya sampai hari 14 sesuai anjuran WHO, CDC dan dokter-dokter," ucapnya. 

2. Sherina Munaf dan Baskara memberikan edukasi apabila tidak sengaja kontak erat dengan pasien Covid-19 

2. Sherina Munaf Baskara memberikan edukasi apabila tidak sengaja kontak erat pasien Covid-19 
instagram.com/sherinasinna

Belajar dari kejadian yang sempat dialami oleh Baskara di awal tahun 2021, Sherina pun berbagi edukasi dan pengetahuan kepada masyarakat apabila tidak sengaja kontak erat dengan pasien Covid-19. 

"Karena angka makin meningkat, cerita kontak erat jadi makin sering kita dengar di inner circle sosial kita sekarang," tulis Sherina. 

Demi kesehatan bersama, Sherina membagikan unggahan informasi dari Instagram dokter Adam Prabata. Dalam unggahan tersebut dijelaskan beberapa hal, mulai dari definisi dan hal yang perlu dilakukan apabila kontak erat. 

Menurut dokter Adam Prabata, ia menjabarkan definisi kontak erat. Memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi atau probable Covid-19 dengan bentuk kontak, seperti: 

  1. Tatap muka atau berdekatan dalam radius satu meter dalam 15 menit atau lebih. 
  2. Sentuhan fisik langsung (bersalaman, berpegangan tangan, berpelukan). 
  3. Memberi perawatan langsung kepada kasus konfirmasi atau probable tanpa APD standar. 

3. Sherina berharap semua pasien positif Covid-19 bisa segera sembuh 

3. Sherina berharap semua pasien positif Covid-19 bisa segera sembuh 
Instagram.com/sherinasinna/

Selama pandemi Covid-19, Sherina menaruh perhatian tersendiri terkait kesehatan sekaligus memberikan berbagai pengetahuan baru agar masyarakat tidak mudah terpapar virus. 

"Untuk yang sekarang lagi positif Covid-19 berjuang agar segera sembuh, semangat ya. Terima kasih sudah mengabarkan kontak-kontak eratmu, jadi mereka juga bisa melakukan langkah-langkah untuk melindungi diri dan teman atau keluarganya," tulis Sherina. 

Sherina mengingatkan agar masyarakat bisa selalu menjaga jarak, bahkan memberikan dukungan mental ke teman-teman atau keluarga yang sedang berjuang melawan virus corona. Dukungan bisa dilakukan dengan video call, memberikan semangat atau mengirimkan makanan sebagai bentuk perhatian. 

"Positif Covid-19 itu bukan aib. Yang bisa jadi aib adalah ngeyel tidak ikut protokol kesehatan, parno Covid-19 tetapi hanya teori saja karena pada praktiknya tetap keluyuran nongkrong nggak esensial," ucapnya. 

Sherina mengingatkan agar sama-sama melindungi diri di tengah pandemi ini, bahkan tetap sadar untuk menjalani 3M dan 3T. 

Demikian cerita dari Sherina Munaf sekaligus pengetahuan baru apabila terjadi kontak erat dengan pasien Covid-19. 

Semoga ada pembelajaran dan pengetahuan yang bisa dipetik untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi. Terus menjaga kesehatan keluarga ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.