Jauhi 4 Bahan, 1 Larangan, & Ikuti 4 Saran Ini agar Terhindar Penyakit

Terhindar dari penyakit kolesterol dan asam urat Ma

2 Agustus 2021

Jauhi 4 Bahan, 1 Larangan, & Ikuti 4 Saran Ini agar Terhindar Penyakit
Freepik

Penyakit kolesterol berkaitan erat dengan asam urat, namun tenang pasti ada jalan bila kamu mau mencobanya. 

Bagi kamu yang memiliki risiko, cobain resep dari dr Zaidul Akbar melalui kanal YouTube Bamol TV yang sudah tayang pada beberapa waktu lalu. 

Popmama.com kan beri tahu kamu apa yang terkandung di tayangan tersebut ya, tentunya agar terhindar dari kolesterol hingga penyakit asam urat. 

Editors' Picks

1. Hindari empat bahan ini

1. Hindari empat bahan ini
Pixabay/ally j

Dokter yang juga pendakwah ini menyarankan untuk menghindari makan nasi.

Tapi tenang pastinya sulit ya Ma karena orang Indonesia terbiasa dengan bahan ini. 

Kamu bisa mengurangi porsinya. Caranya, cukup mengonsumsi tiga sendok makan nasi per hari, ingat ya per hari bukan per makan. 

Jadi kamu hanya makan masing-masing satu sendok makan pada pagi, siang dan malam hari saja Ma. 

"Komitmen pertama selama tujuh hari kedepan, coba makan nasi 3 sendok makan sehari. Pagi satu sendok, siang satu sendok, malam satu sendok atau lebih baik tidak mengonsumsi nasi sama kaki dalam sehari," kata dr Zaidul Akbar.

Lalu kedua, hindari semua jenis produk yang berbahan dasar tepung. Ketiga, hindari semua produk yang diolah dengam menggunakan minyak goreng.

Dan terakhir, hindari semua produk atau jenis makanan yang menggunakan unsur gula.

Letika kamu berhasil menghindari keempat bahan tersebut secara niscaya kamu akan terhindar dari kolesterol dan penyakit asam urat.

2. Ikuti larangan ini!

2. Ikuti larangan ini
Freepik/wayhomestudio

Lebih jauh, dokter yang memiliki akun instagram @zaidulakbar ini juga memberitahu agar kita tidak terlalu banyak mengikuti hawa nafsu untuk makan secara berlebihan.

"Bukan masalah jumlahnya, tapi kemampuan kita menahan nafsu. Nasi juga dikurangi jangan makan berlebihan, kurangi nafsunya," lanjutnya lagi.

"Kalau lapar biarin saja, lapar hanya berlangsung setengah jam kok, biarkan tubuh mencari sumber-sumber energi yang tidak terpakai," tambahnya kembali.

3. Ikuti 4 saran ini

3. Ikuti 4 saran ini
Pexels/Karolina Grabowska

Setelah mengetahui 4 bahan yang tidak baik dan larangan mengikuti hawa nafsu, kamu juga disarankan mengikuti dua hal ini. 

Pertama minumlah air kunyit, teh ketumbar hingga serai. Kamu sangat disarankan untuk mengonsumsi setiap hari minuman yang berasal dari tanaman berjenis rimpang, seperti jahe, kencur, temulawak dan lainnya.

"Mulai sekarang biasakan untuk tidak banyak makan, lebih sering mengonsumsi rimpang-rimpangan jahe, kencur, temulawak, yang buahnya ada di tanah, jadikan sebagai minuman harian," katanya kembali.

Untuk kunyit, kamu bisa membuatnya dengan cara memotong kunyit yang telah dikupas terlebih dahulu dan cuci sampai bersih, setelahnya masukkan ke dalam air yang akan diminum nanti.

Lalu sebelum diminum biarkan kunyit terendam selama enam jam, barulah air kunyit siap dinikmati.

Kata dr Zaidul Akbar, air kunyit mampu menurunkan kolesterol, asam urat hingga zat anti kanker pada tubuh.

"Lakukan ini hingga menjadi kebiasaan hidup sehat," jelas dr Zaidul Akbar sembari menyarankan minum kunyit itu.

Tidak hanya rimpang, saran kedua kamu juga disaranakn untuk mengonsumsi minuman yang berasal dari rendaman rempah-rempah seperti ketumbar.

Kamu bisa minum air ketumbar ini di pagi hari sebagai pengganti teh manis yang cenderung mengandung banyak gula.

Cara penyajiannya tergolonh tidak sulit. Kamu hanya perlu masukkan ketumbar ke dalam air panas, lakukan penyaringan dan teh ketumbar siap untuk diminum.

Teh ketumbar ini sehat untuk jantung dan pembuluh darah daripada kamu mengonsumsi teh manis di pagi hari.

Lalu minuman lainnya yang disarankan adalah air serai. Minuman serai ini sangat bagus untuk menambah steroid tubuh.

Caranya, ambil air panas, masukkan serai, biarkan terendam hingga beberapa menit berlalu.

Steroid yang dikonsumsi dalam dosis yang lebih tinggi dari jumlah produksi tubuh biasanya mampu mengurangi kemerahan dan pembengkakan atau peradangan pada tubuh lho Ma. 

Terakhir, untuk rutin memakan buah kurma dokter yang juga pemilik ide Jalan Sehat Rasul (JSR) ini, menyarankan untuk rutin mengonsumsi buah kurma setiap hari.

"Usahakan makan kurma setiap hari, konsepnya, jadikan makanan itu sebagai obat untukmu," pungkasnya di akhir tayangan video.

Nah sudah dibaca kan, jadi yuk cobain Ma, terutama kamu yang memiliki risiko tinggj penyakit kolesterol dan penyakit asma urat nih Ma. Hayo, dijaga ya kesehatannya! 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.