20 Cara Merawat Diri agar Tidak Stres saat di Rumah Saja

Walaupun #dirumahaja harus tetap senang dan produktif ya

8 April 2020

20 Cara Merawat Diri agar Tidak Stres saat Rumah Saja
Freepik

Jika saat ini kamu sedang menjalani karantina mandiri dengan #dirumahaja untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona atau Covid-19, tentunya kamu tak sendiri merasakannya.

Masyarakat Indonesia dan dunia saat ini sedang menghadapi serangkaian tantangan pada saat menerapkan social distancing atau physical distancing.

Mengatur kebiasaan baru memang tidak mudah, keterbatasan dalam melakukan kegiatan justru membuat seseorang menjadi lebih mudah stres.

Mungkin kamu berjuang untuk menciptakan ruang kerja dari rumah agar tetap produktif, mengurangi kebiasaan untuk keluar rumah, dan masih banyak kebiasaan lainnya yang harus diatur.  

Untuk mengurangi tingkat kecemasan dan stres, kali ini Popmama.com telah mengumpulkan 20 cara perawatan diri terbaik untuk mengurangi stres dan mengurangi kecemasan pada masa-masa ini. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan.

1. Memperbaiki pola tidur dan mengatur suasana hati dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

1. Memperbaiki pola tidur mengatur suasana hati dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Freepik

Dalam hal menjaga kesehatan dan kesejahteraan, tidur selalu menjadi bagian dari jawabannya. Kualitas tidur yang baik dan memadai dapat menjaga sistem kekebalan tubuh tetap bekerja sebaik mungkin untuk melawan infeksi seperti yang disebabkan oleh virus corona.

Ada bagian dari respon imun tubuh yang terjadi hanya saat tidur.

Para ilmuwan tahu bahwa tidur juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mengendalikan stress. Karena kurang tidur dapat membuat kita lebih peka terhadap efek stres dan meningkatkan reaksi atau membuat reaksi berlebihan sehingga menyebabkan stres.

Kurang tidur dapat membuat kamu menjadi kurang sabar dan fokus, dan lebih murung, mudah marah, dan emosional.

2. Rutin berolahraga dapat menjaga tubuh tetap sehat, meningkatkan mood, dan kesejahteraan

2. Rutin berolahraga dapat menjaga tubuh tetap sehat, meningkatkan mood, kesejahteraan
Freepik/Rawpixel.com

Menghabiskan lebih banyak waktu di rumah bukan berarti kamu bisa menjadi malas. Aktivitas fisik tidak hanya menjaga tubuh tetap sehat dengan menurunkan risiko masalah kesehatan kronis serta peluang menderita penyakit akut seperti Covid-19, tetapi juga meningkatkan mood dan kesejahteraan.

Olahraga melepaskan hormon endorfin yang membuat kamu merasa lebih baik, membantu mempertajam fokus, dan membantu tidur.

Gerakan sehat juga dikaitkan dengan risiko gangguan mood yang lebih rendah, meningkatkan energi, dan suasana hati yang membaik secara keseluruhan.

3. Selain olahraga, yoga juga dapat mengatasi stres hingga membantu meregangkan otot-otot yang kurang aktif

3. Selain olahraga, yoga juga dapat mengatasi stres hingga membantu meregangkan otot-otot kurang aktif
Pexels/Max Nikhil Thimmaya

Jika kamu kesulitan untuk melakukan olahraga yang berat, sekarang saatnya kamu perlu mencoba yoga. Yoga menawarkan daftar manfaat kesehatan, dari mengatasi stres hingga meregangkan otot-otot yang kurang aktif selama masa karantina dirumah. Dengan melakukan yoga kamu dapat meningkatkan kekuatan hingga mendapatkan ledakan aktivitas fisik.

Yoga bisa menjadi alat yang sangat berguna untuk menghilangkan stres karena yoga dapat menghubungkan gerakan dengan nafas. Sehingga kedua faktor ini dapat memengaruhi reaksi penanggulangan stres tubuh kita, ini bisa menjadi pengontrol kecemasaan di masa-masa sulit.

4. Tidak membatasi asupan makanan sehari-hari namun mencoba makan sesuai kebutuhan dari tubuh

4. Tidak membatasi asupan makanan sehari-hari namun mencoba makan sesuai kebutuhan dari tubuh
Freepik

Daripada memaksakan aturan ketat tentang makanan apa yang boleh dimakan dan tidak, cobalah makan yang intuitif. Ini bukan diet melainkan mengatur cara makan, yaitu tentang memberi tubuh apa yang dibutuhkannya saat dibutuhkan.

Makan secara intuitif tidak membatasi makanan tertentu atau membuat kamu menghitung kalori.

Ini adalah praktik di mana kamu perlu lebih mendengarkan kebutuhan tubuh dan memperhatikan apa yang dibutuhkan saat ini.

Apakah kamu membutuhkan makanan berat atau makanan ringan? Kamu makan ketika kamu merasa lapar, dan berhenti makan ketika merasa kenyang.

5. Mengonsumsi camilan makanan ringan protein tinggi saat kamu membutuhkan peningkatan energi

5. Mengonsumsi camilan makanan ringan protein tinggi saat kamu membutuhkan peningkatan energi
Freepik

Pertahankan energimu dengan mengonsumsi makanan ringan dengan protein tinggi untuk membantu kamu menyelesaikan akhir daftar tugas yang harus dilakukan hari itu.

Protein membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan menghindari turunnya energi yang mungkin dialami setelah mengonsumsi camilan energi tinggi karbohidrat.

Pikirkan dengan camilan protein sehat seperti telur rebus, kacang, yogurt, dan sayuran.

6. Mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang memiiki efek untuk menurunkan kadar stres

6. Mengonsumsi makanan-makanan tertentu memiiki efek menurunkan kadar stres
Freepik/jcomp

Makanan tertentu sebenarnya dapat memiliki efek menurunkan stres. Makanan hangat dan menenangkan seperti sup atau teh dan ikan berlemak yang mengandung omega-3 dapat memperbaiki suasana hati. Alpukat dikemas dengan vitamin C dan B6, dikenal untuk membantu mengurangi stres.

Cokelat hitam kaya akan antioksidan, yang bagus untuk mengatasi stres namun nikmati sedikit saja, karena merupakan makanan padat kalori.

Makanan bermanfaat lainnya termasuk karbohidrat gandum, pisang, jeruk, air, dan sayuran hijau.

7. Membatasi camilan atau minuman bersoda yang cenderung memperburuk tingkat stres

7. Membatasi camilan atau minuman bersoda cenderung memperburuk tingkat stres
Freepik/Senivpetro

Meskipun kamu mungkin cenderung memanjakan diri dengan camilan atau minuman bersoda favoritmu, ketahuilah bahwa ini sebenarnya memiliki efek kontraproduktif terhadap stres.

Mereka cenderung memperburuk tingkat stres seseorang.

Makanan yang bisa menambah tingkat stres seperti kafein, alkohol, dan gula olahan. Kamu tidak harus memberhentikan sepenuhnya, tetapi batasi asupan dan nikmati secukupnya.

8. Mengikuti kebiasaan berlatih seperti Lady Gaga dengan bersikap baik dan bersyukur dengan apa yang terjadi

8. Mengikuti kebiasaan berlatih seperti Lady Gaga bersikap baik bersyukur apa terjadi
Billboard.com

Lady Gaga mengatakan bahwa ia berlatih bersikap baik kepada orang lain dan bersyukur atas apa yang terjadi dalam hidupnya.

Studi klinis telah menemukan bahwa orang-orang yang secara teratur berlatih membuat jurnal ucapan syukur dengan menuliskan apa yang disyukuri dapat menghasilkan kesejahteraan yang lebih baik, kesehatan fisik, dan meningkatnya optimisme tentang masa depan.

Mempraktikkan kebaikan kadang-kadang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan terutama ketika kita berada di tempat yang sulit dan ketegangan yang tinggi, tetapi kembali ingatlah bahwa semua orang saat ini sedang mengalami masa sulit sekarang.

9. Melatih ketenangan dengan melakukan beberapa menit untuk berlatih pernapasan diafragma

9. Melatih ketenangan melakukan beberapa menit berlatih pernapasan diafragma
Freepik/V.ivash

Bersikap tenang dan mencoba pernapasan yang terukur dapat memiliki efek langsung pada kondisi mental dan fisik seseorang. Lakukan latihan pernapasan secara teratur untuk memulai atau mengakhiri hari dengan cara yang positif, atau cobalah di saat kamu sedang membutuhkan sedikit lebih banyak tenaga.

Editors' Picks

10. Mencoba melakukan meditasi untuk menghilangkan stres dan mengurangi kecemasan

10. Mencoba melakukan meditasi menghilangkan stres mengurangi kecemasan
Freepik/boggy

Kamu tidak memerlukan peralatan atau ruang khusus untuk yang meditasi, kamu dapat melakukannya kapan saja, di mana saja. Meditasi adalah berpikir secara mendalam atau memfokuskan pikiran untuk jangka waktu tertentu.

Meditasi dapat membantu mengurangi stres, meredakan gejala depresi, mengurangi kecemasan, dan mengatur pemikiran negatif.

Jika kamu sedang mencari alternatif lain untuk menghilangkan stres, pertimbangkan meditasi ini. Seperti halnya dengan bernafas dalam, kamu akan senang saat mengetahui tidak ada efek negatif saat melakukan meditasi.

11. Lakukan terapi musik dengan bersantai dan menyalakan musik untuk mengurangi gejala masalah mood

11. Lakukan terapi musik bersantai menyalakan musik mengurangi gejala masalah mood
Freepik

Matikan TV dan nyalakan beberapa nada yang meningkatkan mood. Menurut University of Minnesota, terapi dengan menggunakan musik dapat membantu orang mengatasi kebutuhan fisik atau emosional. Terapi musik juga berguna untuk mengurangi gejala pada orang dengan masalah mood, seperti kecemasan dan depresi.

12. Bijaksana dalam menggunakan media sosial dan tidak menggunakannya dengan berlebihan

12. Bijaksana dalam menggunakan media sosial tidak menggunakan berlebihan
Freepik

Media sosial dan alat virtual lainnya memungkinkan kamu terhubung dengan teman dan keluarga bahkan pada saat terpisah. Tetapi media sosial juga dapat memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan jika penggunaannya menjadi berlebihan atau memakan waktu banyak. Semakin pribadi sering interaksi di media sosial seperti mengirim pesan langsung merupakan tindakan yang bijaksana daripada hanya scrolling tanpa tujuan.

Gunakan media ini dengan memberi perhatian, selektif tentang siapa yang kamu ikuti dan aplikasi apa yang saja yang gunakan. Luangkan waktu untuk mematikan media sosial. Jika merasa bosan, sesekali menelepon teman atau anggota keluarga alih-alih mengeluarkan teks lain atau komentar di media sosial.

13. Hindari mendengarkan berita utama yang mengecewakan berulang kali untuk mengatasi kecemasan

13. Hindari mendengarkan berita utama mengecewakan berulang kali mengatasi kecemasan
Freepik

Penting untuk tetap mendapat informasi dan waspada terhadap pembaruan penting di wilayahmu, terutama yang memengaruhi kesehatan. Tetapi orang tidak perlu mendengarkan berita utama yang sama berulang kali. Khususnya selama waktu-waktu berita yang mengecewakan.

Para ahli merekomendasikan untuk membatasi konsumsi berita menjadi dua atau tiga sumber sehari untuk mengatasi kecemasan yang mungkin ditimbulkannya, dan mendengarkan berita hanya pada waktu yang telah ditentukan sehingga tidak terus menerus sepanjang hari.

Pertimbangkan menjadikan salah satu sumber berita sebagai sumber informasi harian dan jika bisa, hindari memeriksa berita utama sebelum tidur.

14. Cari tahu apa yang paling cocok untuk kamu saat menghadapi stres dengan mengikuti tes kepribadian stress

14. Cari tahu apa paling cocok kamu saat menghadapi stres mengikuti tes kepribadian stress
Pexels/Moose Photos

Semua orang berurusan dengan stres dengan cara yang berbeda, dan penghilang stres yang bekerja untuk kamu mungkin tidak bekerja untuk keluarga atau teman-teman dekat kamu.

Ikuti tes kepribadian stres untuk membantu kamu lebih memahami kepribadian stres dan untuk mengetahui beberapa cara terbaik untuk mengatasi tantangan yang kamu hadapi.

15. Melatih produktivitas dengan mempelajari berbagai keterampilan untuk menjadi lebih tangguh

15. Melatih produktivitas mempelajari berbagai keterampilan menjadi lebih tangguh
freepik.com/Senivpetro

Menjadi tangguh berarti dapat mengatur dan mengontrol pasang surut kehidupan dengan kekuatan dan keyakinan. Ambil penilaian ketahanan kesehatan sehari-hari untuk mempelajari keterampilan apa yang dapat kamu kerjakan untuk menjadi lebih tangguh.

Selain itu kamu dapat mengisi waktu luang kamu dengan mencoba keterampilan baru yang membuat kamu menjadi lebih produktif.

16. Belajar Dari yang inspirasi atau motivasi yang terbaik dari buku-buku yang dapat meningkatkan ketahanan

16. Belajar Dari inspirasi atau motivasi terbaik dari buku-buku dapat meningkatkan ketahanan
Freepik/Lifeforstock

Kamu kamu belajar melalui mencari inspirasi dan motivasi, cobalah mulai membiasakan untuk membaca buku dari beberapa contoh buku-buku tentang ketahanan yang paling menginspirasi di luar sana. Daftar ini mencakup beberapa opsi langsung, seperti Freedom From Anxious Thoughts and Feelings, dan kisah-kisah gaya memoir seperti Unbroken, kisah tawanan perang Perang Dunia II Louis Zamperini.

Pilih satu genre buku yang paling sesuai dengan gaya kamu dan gunakan pengingat waktu untuk mengistirahatkan mata dan kegiatan produktif lainnya.

17. Menyaksikan acara televisi atau streaming film-film tentang kekuatan dalam menghadapi situasi mengerikan

17. Menyaksikan acara televisi atau streaming film-film tentang kekuatan dalam menghadapi situasi mengerikan
Freepik

Jika kamu tidak berminat membaca, cobalah mencari inspirasi dari acara televisi dan film-film yang menceritakan tentang kekuatan dalam menghadapi situasi yang mencengangkan atau mengerikan. Kisah-kisah tentang bagaimana orang lain menghadapi kesulitan dan bertahan adalah yang kita semua dapat pelajari dalam masa-masa pandemik saat ini.

18. Mendapatkan kreativitas seperti mengekspresikan emosi dengan mewarnai atau terapi seni lainnya

18. Mendapatkan kreativitas seperti mengekspresikan emosi mewarnai atau terapi seni lainnya
Pixabay/Skitterphoto

Mewarnai atau segala jenis pekerjaan kreatif dan artistik, seperti menggambar, melukis, atau merajut bisa membuat santai bagi banyak orang. Bagi sebagian orang, ini adalah kesempatan untuk menghilangkan gangguan dan fokus pada satu hal pada satu waktu.

Bagi yang lain, ini merupakan alternatif untuk mengekspresikan emosi yang mereka rasakan seperti melukis dengan warna-warna cerah, karena cerah menunjukkan kamu sedang mengalami perasaan yang kuat. Jangan meremehkan kekuatan seni untuk membantu kamu mengatasi rasa stress.

19. Mencoba alat terapi online untuk mempelajari manajemen stres jangka pendek

19. Mencoba alat terapi online mempelajari manajemen stres jangka pendek
Pexels/LinkedIn Sales Navigator

Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan pada Januari 2018 dalam jurnal Expert Review of Neurotherapeutics, alat terapi online dan aplikasi terapi virtual relatif baru, tetapi ada bukti kuat bahwa mereka dapat memberikan manfaat yang terukur bagi mereka yang menggunakannya, terutama dengan manajemen stress jangka pendek.

Beberapa alat terapi online dan aplikasi kesehatan mental dapat membantu mengembangkan keterampilan mengatasi yang diperlukan untuk membangun ketahanan ketika menghadapi tantangan hidup.

20. Bermain dengan hewan peliharaan dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan energi

20. Bermain hewan peliharaan dapat membantu mengurangi stres meningkatkan energi
Freepik/freepic.diller

Jika kamu sedang merasa tegang, bermain dengan hewan peliharaan atau menghabiskan waktu ekstra merawat mereka menunjukkan bahwa kamu peduli, dapat membantu meredakan kecemasan diri sendiri.

Ada bukti bahwa meluangkan waktu bermain dengan anjing atau hewan peliharaan lainnya dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan energi dan kebahagiaan, dan bahkan meningkatkan perasaan. Luangkan waktu untuk teman-teman hewan akan menghabiskan waktu dengan baik.

Nah tadi merupakan 20 cara merawat diri untuk mengurangi stres dan kecemasan saat karantina dirumah. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.