7 Manfaat Kecipir untuk Kesehatan Tubuh dan Tips Mengonsumsinya

Tak sepopuler dulu, kecipir memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lho!

9 Juni 2021

7 Manfaat Kecipir Kesehatan Tubuh Tips Mengonsumsinya
Shutterstock/SUNISA SAEHENG
Dok. Jovee

Kecipir adalah jenis kacang tropis yang hidup di daerah yang panas dan lembab. Umumnya, kecipir digunakan sebagai bahan masakan. Terutama umbi kecipir, yang bisa diolah menjadi berbagai makanan yang lezat.

Namun saat ini kecipir tidak sepopuler zaman dahulu. Jika zaman dahulu banyak sekali orang yang gemar mengonsumsi kecipir, saat ini tak banyak orang yang masih mengonsumsinya. Padahal, ada beragam manfaat kecipir yang tidak hanya terbatas sebagai bahan masakan tapi juga untuk kesehatan.

Kali ini Popmama.com akan membahas apa saja manfaat kecipir untuk kesehatan tubuh berdasarkan informasi dari Jovee. Baca sampai habis ya!

1. Memberikan energi bagi tubuh

1. Memberikan energi bagi tubuh
Freepik/benzoix

Di dalam kecipir terdapat mineral penting bernama fosfor. Mineral ini berperan dalam meningkatkan energi di dalam tubuh manusia. Apabila Mama mengonsumsi kecipir setelah menjalani aktivitas yang berat, energi yang terkuras bisa secara perlahan terisi kembali.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

2. Menjaga kesehatan pencernaan
Freepik/cookie_studio

Kecipir memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat berperan penting dalam melancarkan pencernaan manusia. Jika rutin mengonsumsi kecipir untuk melengkapi kebutuhan serat per harinya, pencernaan akan lebih lancar dan sehat.

3. Menjaga kesehatan tulang

3. Menjaga kesehatan tulang
Freepik/katemangostar

Selain fosfor, kecipir juga menyimpan jenis mineral lainnya berupa kalsium. Seperti yang Mama tahu, kalsium memiliki fungsi utama dalam menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Kecipir dapat membantu pemenuhan mineral ini agar kesehatan tulang tetap terjaga dan terhindar dari pengeroposan.

Editors' Picks

4. Mengencangkan kulit

4. Mengencangkan kulit
Shutterstock/Veles Studio
Dok. Jovee

Kecipir mengandung Vitamin C yang dikenal karena beragam manfaatnya, termasuk untuk kecantikan. Salah satu manfaat kecipir adalah untuk membantu kesehatan kulit dengan mengurangi kerutan-kerutan yang muncul.

Hal ini berkaitan pula dari fungsi Vitamin C yang dapat merangsang pertumbuhan kolagen sebagai zat yang meremajakan kulit dan membuatnya tetap kencang.

5. Menghambat penuaan

5. Menghambat penuaan
Freepik/Wavebreakmedia

Manfaat kecipir yang selanjutnya adalah menghambat penuaan. Manfaat ini juga berkaitan dengan kandungan Vitamin C yang ada di dalamnya, namun juga dibantu dengan adanya Vitamin A.

Baik Vitamin C dan Vitamin A berperan penting dalam menghambat proses penuaan. Manfaat tersebut didapat dengan menggantikan sel-sel kulit mati atau sudah lama dengan sel-sel yang baru.

6. Menjaga daya tahan tubuh

6. Menjaga daya tahan tubuh
Freepik/Makistock

Banyaknya aktivitas seringkali mengancam kesehatan tubuh. Namun Mama tak perlu khawatir, karena fungsi lainnya dari Vitamin A dan Vitamin C dari kecipir adalah untuk menjaga daya tahan tubuh. Manfaat ini berasal dari peran kedua vitamin tersebut dalam melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas yang dapat menimbulkan risiko penyakit.

7. Meringankan sesak napas

7. Meringankan sesak napas
Freepik

Tahukah Ma, kalau kecipir juga berkhasiat untuk memulihkan sesak napas? Manfaat ini dikarenakan mineral magnesium yang terkandung di dalam kecipir. Magnesium memiliki sifat bronkodilator, di mana memiliki kemampuan dalam mengendurkan otot-otot pada saluran pernapasan. Sehingga, sesak napas bisa teratasi.

Setelah mengetahui manfaat di atas, mungkin Mama bingung bagaimana cara mengolah kecipir untuk disantap. Untuk Mama yang baru pertama kali ingin mencicipi kecipir, simak dulu yuk tipsnya di bawah ini!

Tips Mengolah dan Mengonsumsi Kecipir

Tips Mengolah Mengonsumsi Kecipir
Shutterstock/adam Photographer
Dok. Jovee

Ada beberapa bagian dari kecipir yang bisa Mama konsumsi. Di antaranya adalah daun kecipir muda yang bisa dijadikan lalapan. Mama bisa memakan daun kecipir muda secara langsung atau memasaknya sebentar saja.

Selain itu, bunga dari kecipir juga bisa dikonsumsi. Bagian ini umumnya dimanfaatkan sebagai pelengkap nasi pecel.

Selanjutnya adalah bagian umbi kecipir atau kacang kecipir. Komponen kecipir inilah yang paling sering digunakan sebagai bahan masakan. Mama bisa menggunakan kacang kecipir untuk tumisan, salad, dan olahan sayur lainnya.

Nah, itulah beberapa manfaat dan tips mengonsumsi kecipir yang perlu Mama ketahui. Dengan memanfaatkan beberapa bagian dari kecipir, Mama akan merasakan beragam manfaat kecipir untuk kesehatan tubuhmu.

Jika Mama belum terbiasa mengolah kecipir, cobalah untuk mencari resepnya di internet sehingga Mama tidak akan kesulitan mencari cara untuk mengolah kecipir yang lezat dan sehat. Bagaimana Ma, tertarik mencobanya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.