Mengajarkan Tolong Menolong, Ini Makna Surat Al Maidah Ayat 2

Supaya makin berkah, resapi dan pahami segala makna surat ini yuk!

18 Juni 2021

Mengajarkan Tolong Menolong, Ini Makna Surat Al Maidah Ayat 2
Freepik
joker with card

Sebagai umat muslim, kita selalu dianjurkan untuk berbuat kebaikan kepada semua makhluk. 

Saling peduli dan tolong menolong kepada sesama manusia adalah salah satu contoh kebaikan yang yang disukai Allah SWT.

Tolong menolong dapat berupa materi dan non materi (doa, akal, pikiran, fisik, tenaga dan lain halnya). Selama hal tesebut tergolong dalam kebajikan dan takwa, Allah akan memberikan pahala yang setimpal sebagai bekal di akhirat kelak.

Perintah untuk saling tolong menolong tertulis dalam surat Al Maidah ayat 2.Popmama.com akan membahas mengenai surat dan artinya!

1. Surat Al Maidah ayat 2

1. Surat Al Maidah ayat 2
Freepik

Bacaan surah Al Maidah ayat 2 dan artinya:


يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تُحِلُّوا۟ شَعَٰٓئِرَ ٱللَّهِ وَلَا ٱلشَّهْرَ ٱلْحَرَامَ وَلَا ٱلْهَدْىَ وَلَا ٱلْقَلَٰٓئِدَ وَلَآ ءَآمِّينَ ٱلْبَيْتَ ٱلْحَرَامَ يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِّن رَّبِّهِمْ وَرِضْوَٰنًا ۚ وَإِذَا حَلَلْتُمْ فَٱصْطَادُوا۟ ۚ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَـَٔانُ قَوْمٍ أَن صَدُّوكُمْ عَنِ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ أَن تَعْتَدُوا۟ ۘ وَتَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْبِرِّ وَٱلتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْإِثْمِ وَٱلْعُدْوَٰنِ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعِقَابِ

Yā ayyuhallażīna āmanụ lā tuḥillụ sya'ā`irallāhi wa lasy-syahral-ḥarāma wa lal-hadya wa lal-qalā`ida wa lā āmmīnal-baital-ḥarāma yabtagụna faḍlam mir rabbihim wa riḍwānā, wa iżā ḥalaltum faṣṭādụ, wa lā yajrimannakum syana`ānu qaumin an ṣaddụkum 'anil-masjidil-ḥarāmi an ta'tadụ, wa ta'āwanụ 'alal-birri wat-taqwā wa lā ta'āwanụ 'alal-iṡmi wal-'udwāni wattaqullāh, innallāha syadīdul-'iqāb

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi'ar-syi'ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian(mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.”
 

Editors' Picks

2. Kebaikan dari tolong menolong

2. Kebaikan dari tolong menolong
Freepik

Adapun kebaikan yang terkandung dalam surat tersebut adalah:

  • Dilarang membenci atau dendam, hendaklah memafkan segala perbuatan buruk orang lain dan membalasnya dengan perbuatan baik. Jangan sampai kebencian anda pada suatu hal mendorong anda berbuat sesuatu yang melampaui batas.
  • Saling tolong menolong dalam kebajikan dan ketaqwaan yang dilakukan sesama umat muslim. Tolong menolong tidak hanya dalam bentuk materi yang diberikan, dapat juga berupa doa, tenaga, waktu, dan hal lainya

3. Tidak boleh memiliki rasa dendam

3. Tidak boleh memiliki rasa dendam
simplemost.com

Selain tolong menolong, dalam surah Al Maidah ayat 2 juga mengajarkan manusia untuk tak memiliki rasa dendam. Jika ada yang melakukakan kesalahan diharapkan untuk dimaafkan.

Surat tersebut menjelaskan dengan tidak membalas suatu kejahatan orang lain, sama halnya dengan menutup kesalahan orang lain.

Karena Rasulullah SAW mengajarkan agar setiap individu untuk saling memberi pertolongan dalam kebaikan bukan keburukan, menutup cela orang lain bukan mengumbar-ngumbarnya.

4. Tolong menolong membangun kerukunan

4. Tolong menolong membangun kerukunan
Popmama.com/Novy Agrina

Tolong menolong dalam kehidupan sehari hari merupakan pondasi dalam membangun kerukunan antar manusia. mencerminkan segala perilaku yang memberi manfaat pada orang lain. Yakni, saling membantu untuk meringankan beban orang lain dengan melakukan suatu tindakan nyata

Hendaklah memaafkan kejahatan orang lain dan membalas dengan perbuatan baik. Hidup bergotong royong dan tolong menolong serta membantu dalam kebaikan.
Perintah untuk saling tolong menolong tertulis dalam surat Al Maidah ayat 2. Semoga bisa bermanfaat, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.