Tak Hanya Menambah Pengetahuan, Ini 5 Manfaat Membaca Buku Setiap Hari

Sudah membaca buku setiap hari belum nih, Ma?

2 Desember 2020

Tak Ha Menambah Pengetahuan, Ini 5 Manfaat Membaca Buku Setiap Hari
Pixabay/455992

Kapan terakhir kali mama dan sekeluarga membaca buku atau artikel? Membaca buku memberikan banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Membaca buku bukan hanya sekedar menerima informasi dan untuk mendapatkan pemahaman yang baik dan menyeluruh, tetapi kita harus mampu mengolah teks bacaan menjadi sesuatu yang bermakna bagi kehidupan kita sehari-hari.

Buku menjadi salah satu sumber pengetahuan yang mampu menambah dan memperbarui wawasan untuk otak kita. Rutin membaca buku dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi seseorang.

Untuk Mama yang ingin mengetahui apa saja manfaat dari membaca buku setiap hari, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

1. Membaca buku dapat mengurangi stres

1. Membaca buku dapat mengurangi stres
pixaby/JESHOOTS-com

Setiap orang pasti pernah menghadapi stress di rumah, sekolah, tempat kerja, maupun dalam hubungan pribadi. Dengan membaca dipercaya dapat mengurangi tingkat stres yang sedang kita hadapi.

Buku novel dan artikel yang menarik dapat mengalihkan perhatian kita dari rasa stres ke rasa bahagia dan mengalihkan kegiatan yang membosankan.

Editors' Picks

2. Membaca buku dapat memperbaiki memori

2. Membaca buku dapat memperbaiki memori
pixaby/chenspec

Daya ingat dan memori di otak bisa ditingkatkan dengan rajin membaca buku. Untuk Mama yang ingin daya ingat nya kembali bisa nih rajin membaca buku.

Membaca juga memberikan kesehatan pada otak yang bisa disebut mengajak otak untuk berolahraga. Saat berolahraga, pembaca menggunakan imajinasinya dan menempatkan diri pada posisi orang lain sehingga visualiasi memori otak bekerja.

3. Membaca buku dapat memberikan ketenangan

3. Membaca buku dapat memberikan ketenangan
pixaby/thoughtcatalog

Saat seseorang membaca buku, subjek yang terdapat di dalam buku tersebut dapat memberikan kedamaian dan ketenangan hati. Membaca novel yang menarik juga dapat memberikan mood yang bagus bagi pembaca.

Jika Mama sedang gelisah, tidak tenang, dan mood tidak bagus, bisa nih Ma untuk membaca buku.

4. Membaca buku dapat meningkatkan konsentrasi

4. Membaca buku dapat meningkatkan konsentrasi
pixaby/kaboompics

Sering kali kita mengalami gagal fokus sehingga konsentrasi kita menurun bahkan hilang. Ketika kita membaca buku, maka semua perhatian kita terfokus pada cerita dan kita bisa membayangkan bahwa kita yang berada pada cerita tersebut.

Membaca selama 15 sampai 20 menit sebelum mengerjakan tugas, ujian, dan bekerja dapat membuat kita lebih fokus untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

5. Membaca buku dapat menular

5. Membaca buku dapat menular
Pixabay/parentipacek

Jika Mama ingin anak mempunyai kebiasaan untuk membaca, maka Mama bisa membaca buku disebelah anak dan mengajak nya untuk ikut membaca.

Itulah beberapa manfaat membaca buku setiap hari yang dapat Mama sekeluarga dapatkan. Semoga manfaat membaca ini bisa membuat Mama sekeluarga semakin termotivasi untuk rajin membaca.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.