Lentur Banget! Intip Potret Inul Daratista dengan 7 Pose saat Yoga

Olahraga Yoga jadi hobi Inul Daratista untuk kesehatan dan postur tubuh idealnya

26 Januari 2022

Lentur Banget Intip Potret Inul Daratista 7 Pose saat Yoga
Instagram.com/inul.d

Pedangdut Inul Daratista, kerap kali membuat para penggemarnya heboh karena potret yang ia unggah di Instagramnya. Tidak jarang ia membagikan beberapa momen saat dirinya melakukan olahraga yoga. 

Selain karena lekukan tubuhnya yang menjadi idaman dan lentur banget, beberapa pose yoga Inul juga menarik perhatian para penggemar karena sulit untuk dilakukan.  Penasaran ada pose apa saja saat Inul berolahraga yoga? 

Langsung saja simak rangkuman yang telah Popmama.com rangkum mengenai potret Inul Daratista dengan 7 posenya yang sulit saat olahraga yoga. 

Ikuti terus sampai habis ya!

1. Pose yoga Setu Bandha Sarvangasana bersama teman

1. Pose yoga Setu Bandha Sarvangasana bersama teman
Instagram.com/inul.d

Pose Inul yang pertama yaitu Setu Bandha Sarvangasana atau biasa disebut dengan Bridge Pose. Pedangdut tersebut harus menjaga keseimbangannya ketika menumpu berat badan di bagian bahunya.

Pose yoga yang satu ini akan membantu untuk memperkuat dasar panggul. Gerakan yang satu ini Inul peragakan bersama temannya yang sama-sama menyatukan tangan dan telapak kaki. 

Caranya pun dilakukan dari posisi berbaring. Dimulai dari menaruh tangan di masing-masing sisi kanan dan kiri secara lurus. Tekuk kedua lutut dan posisikan kaki hingga selebar pinggul dengan lutut sejajar dengan pergelangan kaki. 

Jika memiliki teman, kamu bisa mengangkat kedua kaki hingga menyatukan telapak kaki dan berpegangan. Persis seperti potret yoga Inul yang satu ini.

2. Pose yoga Dhanurasana untuk mengencangkan perut

2. Pose yoga Dhanurasana mengencangkan perut
Instagram.com/inul.d

Pose Yoga kedua yang Inul lakukan yaitu Dhanurasana. Dhanurasana merupakan gerakan yoga mengecilkan perut berbentuk seperti busur. Dengan tujuan, agar lemak dalam perut menjadi cepat hilang.

Maka, pose ini sangat bagus untuk mengencangkan perut. Tidak hanya itu, Pose Dhanurasana juga bisa memperkuat otot perut, punggung, paha, lengan, dan dada, serta  memperbaiki postur tubuh. 

Caranya yaitu dengan berbaring dalam posisi tengkurap di atas matras dengan kedua kaki berdempetan. Kedua tangan bertumpu di kedua sisi tubuh dan telapak tangan menghadap lantai. Hembuskan nafas dalam-dalam sambil menekuk lutut ke atas. Angkat kepala dan tekuk ke belakang.

Coba sentuh pergelangan kaki dengan kedua tangan sambil menarik nafas dalam-dalam. Lakukan selama 30 detik dan bertahap hingga 90 detik. Lakukan secara rutin persis seperti potret pose Yoga yang Inul kali ini.

Editors' Picks

3. Pose Asana Standing Balance yoga dengan menjaga keseimbangan tubuh

3. Pose Asana Standing Balance yoga menjaga keseimbangan tubuh
Instagram.com/inul.d

Pose yoga yang satu ini memiliki tantangan tersendiri. Dari potret yang ia unggah ke Instagramnya, Inul melakukan gerakan standing balance.

Gerakan standing balance merupakan salah satu pose asana yoga. Dalam pose ini, kamu harus memastikan 4 titik arch atau lengkungan kaki. Bola kaki, jari kaki, dan tumit harus selalu grounding ke bawah. 

Lutut harus dikunci senyamannya dengan mengaktifkan 3 core tubuh yaitu bokong, perut, dan dada. Kamu juga harus menjaga agar pinggul dan bokong tetap square menghadap ke depan. Persis seperti pose yang Inul lakukan, bisa juga melakukan pose tersebut bersama teman. 

4. Pose yoga Yoganidrasana yang paling sulit untuk dilakukan

4. Pose yoga Yoganidrasana paling sulit dilakukan
Instagram.com/inul.d

Dari potretnya, Inul melakukan pose yoga Yoganidrasana. Pose yang satu ini kalau dilihat seperti simpel dan mudah. Nyatanya, pose yoga ini terbilang cukup sulit untuk dilakukan. 

Dalam posisi yoganidrasana, kamu harus melipat tubuh menjadi simpul. Yoganidrasana berasal dari tiga suku kata dari bahasa Sansekerta, yaitu yoga yang berarti menyatukan, nidra yang bermakna tidur, dan asana yang berarti berpose, ungkap laman Yogapedia.

Untuk mencapai pose yoga Inul yang satu ini, kamu perlu berbaring menghadap atas dengan kaki yang diregangkan. Lalu, tekuk kaki dan letakkan kaki di bawah kepala dan lengan. Keren sekali ya!

5. Pose yoga Vajrasana Inul yang simpel tetapi bermanfaat

5. Pose yoga Vajrasana Inul simpel tetapi bermanfaat
Instagram.com/inul.d

Pose yoga Inul kali ini memang sederhana yaitu Vajrasana. Namun, pose ini memiliki beberapa manfaat. Diantaranya yaitu memberikan perasaan yang menenangkan dan lebih mengarah ke perasaan rileks.

Tidak heran jika Asana ini juga disebut sebagai Rock Pose. Alasannya karena menstabilkan tubuh dan menumbuhkan kesabaran batin. Pose yoga duduk ini juga mampu meningkatkan kelenturan tulang belakang, dada, paha bagian depan, dan otot perut.

Pose ini dilakukan dalam posisi berlutut di tumit kaki, yang memungkinkan tubuh untuk menjaga tulang punggung tetap lurus. Kaki menjadi bantalan dalam pose Inul yang satu ini. 

6. Pose Acro Yoga Inul seperti melayang dengan pakaian indahnya

6. Pose Acro Yoga Inul seperti melayang pakaian indahnya
Instagram.com/inul.d

Tidak hanya Inul saja, saat ini banyak selebriti di Indonesia yang melakukan jenis olahraga ini. Berpose Acro Yoga, gerakan tersebut merupakan perpaduan dari yoga dan gerakan akrobatik.

Konsep ini pertama kali dilakukan oleh Jason Nemerdan Jenny Sauer-Klein yang memutuskan untuk menggabungkan gerakan akrobatik dan yoga pada tahun 2004. Kemudian mereka bertemu Carolyn Cohen yang berlatih Thai massage, maka diciptakanlah konsep Acro Yoga.

Selain untuk meningkatkan kekuatan otot, pose Acro Yoga bisa melatih keberanian diri. Untuk melakukan pose Inul yang satu ini, perlu teman atau pasangan yang menemaninya. 

7. Pose yoga Tri Pada Adho Mukha Svanasana Inul yang bisa dicoba untuk pemula

7. Pose yoga Tri Adho Mukha Svanasana Inul bisa dicoba pemula
Instagram.com/inul.d

Tri Pada Adho Mukha Svanasana atau sering hanya disebut dengan Three Legged Downward Facing Dog Pose adalah gerakan yoga yang mudah untuk dipelajari. Variasi ini sebagian besar dilihat sebagai bagian dari urutan Aliran Vinyasa membantu membangun kelenturan pinggul dan kaki sambil juga memperkuat tubuh bagian atas.

Three Legged Down Facing Dog Pose juga kerap kali dianggap sebagai pose dasar karena variasi pose anjing dengan tiga kaki menghadap ke bawah dapat diturunkan dari pose ini.  Gerakan ini meregangkan bagian belakang tubuh, dari bagian tulang belikat, tulang punggung, hamstring, dan juga betis.

Pose ini dapat membantu meningkatkan energi dalam tubuh dan karenanya dapat dimasukkan dalam urutan yoga aliran. Selain dari itu, gerakan ini juga bagus untuk membantu meningkatkan kerja dari sistem pencernaan. 

Nah, itu dia rangkuman yang telah Popmama.com rangkum mengenai potret Inul Daratista dengan 7 posenya yang sulit saat olahraga yoga. Pedangdut kelahiran 1979 tersebut, masih menekuni olahraga yoga dengan semangatnya.

Kira-kira kamu jadi tertarik untuk mencoba olahraga yoga seperti Inul Daratista nggak nih? Pastinya bagus untuk kesehatan dan membentuk tubuh yang ideal lho!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk