TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Memajukan Seni Tari Tradisional Indonesia secara Modern saat Pandemi

Berkonsep virtual, pandemi menghasilkan inovasi baru untuk seni tari tradisional Indonesia

14 Agustus 2021

Memajukan Seni Tari Tradisional Indonesia secara Modern saat Pandemi
Unsplash/Ainun Jamila

Adanya pandemi yang melanda Indonesia tidak menjadi penghalang bagi seni tari tradisional Indonesia untuk terus berinovasi. Justru, membuat adanya semangat yang semakin membara dengan konsep baru yakni melalui virtual dari rumah masing-masing. 

Hal ini dibuktikan dari Indonesia Kaya yang tahun ini kembali menghadirkan Indonesia Menari dengan konsep virtual pada 1 September hingga 10 Oktober 2021.

Indonesia kaya sendiri portal informasi budaya Indonesia bertujuan memperkenalkan dan memberikan pengetahuan tentang kekayaan kebudayaan yang dimiliki Indonesia. Dalam portal ini, masyarakat bisa mendapatkan informasi tentang kekayaan yang dimiliki Indonesia dalam bentuk artikel, foto dan video.

Dengan membuat acara ini, memiliki tujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia lebih dekat lagi dengan tradisional Indonesia yang sudah dikemas secara modern. 

Kerennya lagi, Kegiatan tahunan ini juga menggandeng 3 koreografer berprestasi Indonesia dari lintas generasi seperti Didik Nini Thowok, Eko Supriyanto, dan Ufa Sofura yang ikut meramaikan. 

Penasaran seperti apa bentuk baru dari Indonesia Menari di tengah pandemi ini? 

Yuk, langsung saja simak beberapa rangkuman yang telah Popmama.com rangkum mengenai keistimewaan dari Indonesia Menari yang kembali hadir untuk mengajak masyarakat menari bersama di tengah pandemi. 

Simak sampai habis ya!

1. Hadir dengan harapan menjadi penyalur untuk para penikmat seni dan tari di tengah pandemi

1. Hadir harapan menjadi penyalur para penikmat seni tari tengah pandemi
Indonesia Kaya

Selain untuk mengedepankan seni tari di Indonesia yang beradaptasi, acara ini dibuat dengan tujuan untuk menjadi wadah bagi para penikmat seni dan tari yang bisa menyalurkan bakat menarinya kembali di tengah pandemi.

“Kami melihat besarnya antusias masyarakat di berbagai daerah untuk mengikuti kegiatan ini. Maka, kami menghadirkan kembali Indonesia Menari yang dapat diikuti secara individu dalam ruang digital untuk memenuhi dan melepas kerinduan masyarakat terhadap kegiatan yang biasanya rutin untuk diselenggarakan setiap tahun dan hanya di beberapa kota besar di Indonesia, ungkap Renitasari Adrian selaku Program Director www.indonesiakaya.com

Dengan begitu, ia mengharapkan bisa semakin banyak penikmat seni dan pecinta tari yang baru dari berbagai kota untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini walaupun dilakukan secara daring dengan di rumah masing-masing.

Maka, para penikmat seni dan pecinta tari diharapkan dapat kembali turut serta dalam kemeriahan Indonesia Menari 2021 yang akan kembali diselenggarakan secara virtual. 

2. Melibatkan 3 koreografer berprestasi Indonesia dari lintas generasi

2. Melibatkan 3 koreografer berprestasi Indonesia dari lintas generasi
Indonesia Kaya

Berbeda dari tahun sebelumnya, acara tahunan Indonesia Menari di tahun ini menambah keunikan tersendiri. 

Keunikan tersebut disalurkan dengan adanya 3 koreografer berprestasi Indonesia yang digandeng dari berbagai lintar generasi. 

Ketiga koreografer berprestasi Indonesia tersebut yakni yaitu Didik Nini Thowok, Eko Supriyanto, dan Ufa Sofura yang menambah keunikan penyelenggaraan tahun ini. 

“Menjadi koreografer dalam Indonesia Menari Virtual 2021 ini menjadi sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan,” ungkap Didik Nini Thowok dalam jumpa media virtual via zoom pada Kamis (12/08/2021).

Tidak hanya itu, ia juga mengungkapkan bahwa dirinya bersama 2 koreografer lainnya berupaya untuk menciptakan dan memadukan gerakan dalam genre tarian mereka masing-masing.

“Dalam memadukan gerakan dalam genre tarian kami masing-masing, kami bertemu secara langsung di Jakarta pada awal 2021 dengan protokol kesehatan yang ketat untuk memadukan tiap koreografi yang kami ciptakan agar menjadi satu tarian yang tentunya Indah, dan mudah untuk diikuti oleh siapa saja,” ujarnya.

Adapun harapan yang dilontarkan dari Didik Nini Thowok selaku koreografer. 

“Semoga perpaduan karya kami dapat menjadi tarian yang diminati oleh masyarakat. Tunggu apa lagi, yuk buat videonya, daftarkan dirimu dan mari menari!” ungkapnya.
 

Editors' Picks

3. Adanya 3 genre tarian yang dipadukan oleh koreografer Indonesia Menari Virtual 2021

3. Ada 3 genre tarian dipadukan oleh koreografer Indonesia Menari Virtual 2021
Indonesia Kaya

Selain menjadi koreografer dalam Indonesia Menari Virtual 2021, nama yang sudah tak asing lagi dalam dunia seni pertunjukan khususnya dunia tari yaitu Didik Nini Thowok, Eko Supriyanto, dan Ufa Sofura juga berperan sebagai juri utama dalam kegiatan ini. 

Ketiganya juga memadukan tiga genre tarian ke dalam tarian yang telah mereka buat yaitu tradisional, kontemporer, dan juga modern. 

Dalam durasi yang telah ditentukan yakni 1 menit, mereka juga membuat tarian sebanyak  5 lagu daerah yaitu:

  • Suwe Ora Jamu dari Jawa Tengah
  • Apuse dari Papua

  • Indung-Indung dari Kalimantan Timur

  • Rambadia dari Sumatera Utara

  • Pakarena dari Sulawesi Selatan

Menariknya lagi, Kelima lagu tersebut akan akan diaransemen  oleh Eka Gustiwana selaku komposer dan akan mewarnai babak penyisihan Indonesia Menari Virtual 2021.

Keren sekali ya!

4. Menargetkan sekitar 10.000 pendaftar dari berbagai kota di Indonesia.

4. Menargetkan sekitar 10.000 pendaftar dari berbagai kota Indonesia.
Indonesia Kaya
Jumpa media via Zoom mengenai Indonesia Menari Virtual 2021 pada Kamis (12/08/2021).

Dalam program ini, Indonesia Kaya menargetkan sekitar 10.000 pendaftar dari berbagai kota di Indonesia. 

Para peserta akan menunjukkan kemampuan mereka untuk memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah persembahan www.indonesiakaya.com.

Dibuat sama seperti tahun sebelumnya, Indonesia Menari kali ini juga terdiri dari tiga babak:

  • Babak penyisihan
  • Babak Semi final

  • Babak Final

Pastinya, akan ada hadiah menarik yang ditawarkan bagi para pemenangnya.

5. Mengunggah video di Instagram dengan beberapa panduan berikut yang harus diperhatikan

5. Mengunggah video Instagram beberapa panduan berikut harus diperhatikan
Unsplash/Claudio Schwarz

Penikmat seni maupun pecinta tari yang tertarik dapat langsung mengunggah video di Instagram dan mendaftarkan diri di www.indonesiakaya.com, 

Berikut adalah kategori peserta perorangan dan periode waktu untuk ikut berpartisipasi dalam babak penyisihan Indonesia Menari Virtual 2021: 

  • Kategori A: Usia 19 tahun ke atas (1 - 5 September 2021)   
  • Kategori B: Usia 13 tahun - 18 tahun (8 - 12 September 2021)  

  • Kategori C: Usia 6 tahun - 12 tahun (15 - 19 September 2021)

Pastikan telah mengikuti beberapa panduan berikut ini

Dalam babak penyisihan ini, para peserta dapat menarikan koreografi yang dapat dilihat melalui website maupun kanal YouTube IndonesiaKaya mulai 12 Agustus 2021.

Kemudian mengunggah rekaman tarian sesuai dengan periode waktu dari masing-masing kategori ke akun Instagram pribadi dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut: 

-   Ketentuan Akun Instagram:

1. Satu akun Instagram hanya untuk satu peserta. Peserta yang tidak memiliki akun Instagram pribadi dapat memakai akun milik orang/institusi lainnya, dengan tetap mengacu peraturan yang sama.

2. Video harus tetap berada di feed Instagram peserta selama proses Indonesia Menari Virtual 2021.

3. Tidak mengunci atau memprivate akun Instagram selama proses acara Indonesia Menari 2021. Akun yang terkunci akan otomatis didiskualifikasi.

4. Follow @indonesia_kaya

- Ketentuan Video:

1. Wajib menggunakan framing dan musik Indonesia Menari Virtual 2021 Penyisihan yang sudah disediakan pada link https://tinyurl.com/FrameIMV2021

2. Pengambilan gambar dilakukan secara utuh dengan musik yang sudah disediakan sesuai durasi musik yang ada dan dalam lingkungan yang kondusif (Diharapkan tidak ada suara lain yang mengganggu).

3. Memastikan koreografi dan musik tersinkronisasi dengan baik.

4. Pengambilan video dilakukan dengan satu arah dari depan dan tanpa pergerakan (Dapat menggunakan tripod atau sejenisnya).

5. Pengambilan video dapat dilakukan dengan menggunakan semua jenis perangkat, baik telepon genggam ataupun kamera digital.

6. Video menangkap semua gerakan dengan jelas tanpa ada bagian tubuh yang terlewat dari batas video.

7. Hasil kualitas video tidak mempengaruhi penilaian, namun diharapkan dengan kualitas yang baik dan jelas untuk membantu proses penjurian.

8. Video dapat diambil pada lokasi indoor atau outdoor dengan pencahayaan yang cukup.

9. Diharapkan video tidak mengandung watermark dari aplikasi penyunting video.

Dalam babak penyisihan ini para peserta juga diwajibkan untuk mencantumkan tagar:

- #MenariDiRumahAja,

- #IndonesiaMenariVirtual2021

tagar sesuai kategori:

- #IMVKatA (kategori A)

- #IMVKatB (kategori B)

- #IMVKatC (kategori C). 

Selain menuliskan tagar, para peserta juga diwajibkan untuk menuliskan Nama Lengkap, Kategori, Asal Provinsi sesuai dengan yang dituliskan pada formulir pendaftaran, dan kalimat ‘Cinta Budaya, Cinta Indonesia’. 

Untuk kostum, peserta dapat mengenakan pakaian bertemakan Etnik Modern, kolaborasi baju berunsur etnik dengan sentuhan modern yang nyaman dipakai, tanpa mengganggu gerak, dan tanpa properti tari. 

Setelah mengikuti babak penyisihan untuk diberi penilaian dari tim juri Indonesia Kaya, 100 peserta yang beruntung dari masing-masing kategori dapat mengikuti babak semifinal pada 25 sampai 29 September 2021. 

Dari 100 peserta, akan dipilih lagi 20 peserta terbaik dari tiap kategori untuk mengikuti babak final pada Minggu, 10 Oktober 2021 dan dapat disaksikan secara virtual di YouTube Indonesia Kaya pukul 13.00 WIB, yang juga bertepatan dengan HUT Galeri Indonesia Kaya yang ke 8 dan Taman Indonesia Kaya yang ke 3.

Nah, itu dia beberapa rangkuman yang telah Popmama.com rangkum mengenai keistimewaan dari Indonesia Menari yang kembali hadir untuk mengajak masyarakat menari bersama di tengah pandemi. 

Pastinya pandemi tidak menjadi penghalang bagi para pecinta seni dan tari untuk terus berinovasi dengan wadah yang ada.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk