5 Manfaat Clover Honey bagi Kesehatan Dan Daya Tahan Tubuh!

Di tengah pandemi Covid-19 harus menjaga daya tahan tubuh, ini dia manfaat dari Clover Honey

13 Oktober 2020

5 Manfaat Clover Honey bagi Kesehatan Daya Tahan Tubuh
Freepik

Di tengah pandemi Covid-19 kita harus benar-benar menjaga kesehatan tubuh dan mental kita ya, Ma. Sebab dengan menjaga kesehatan tubuh maka kita menekan potensi terkena Covid-19.

Salah satu yang wajib dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh yaitu Madu. Madu merupakan salah satu produk alami yang digemari karena rasanya yang manis.

Ada berbagai macam jenis madu dengan rasa, aroma, dan warna yang bervariasi. Salah satu jenis madu yang cukup terkenal adalah clover honey.

Clover honey adalah salah satu jenis madu yang berasal dari tanaman semanggi (clover plants). Madu ini mulai populer karena diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Madu jenis ini berwarna kuning muda, memiliki wangi seperti bunga, dan rasanya lebih ringan dari madu jenis lainnya.

Di samping gula, clover honey juga mengandung protein (asam amino), vitamin, mineral, enzim, dan asam fenolat (phenolic acid) yang merupakan antioksidan.

Untuk itu Popmama.com akan memberikan fakta mengenai manfaat dari clover honey, berikut ini.

1. Menyembuhan luka dan gangguan kulit

1. Menyembuhan luka gangguan kulit
zwivel.com

Kandungan anti inflamasi dan antibakteri yang terkandung dalam clover honey dapat mengurangi peradangan luka, mempercepat pertumbuhan jaringan kulit baru, dan membantu membersihkan luka.

Selain itu, clovery honey juga dipercaya dapat meredakan gejala dermatitis atau eksim serta membantu mengobati infeksi bakteri pada kulit lho.

2. Meredakan gejala flu

2. Meredakan gejala flu
Freepik/katemangostar

Mencampurkan 1-2 sendok teh clover honey dalam teh hangat bisa meredakan gejala flu seperti pilek, batuk, dan sakit tenggorokan lho, Ma. Manfaat ini mungkin karena sifat antioksidan, anti-inflamasi dan antibakterinya.

Selain itu, clover honey juga dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membantu meredakan gejala flu.

Editors' Picks

3. Memelihara kesehatan gigi dan mulut

3. Memelihara kesehatan gigi mulut
Pexels/Kellu Lacy

Clover honey juga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kandungan antibakteri, antiinflamasi dan antioksidan dalam madu dipercaya dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri pada gigi dan gusi, mencegah radang gusi, dan menghambat pembentukan plak pada gigi.

4. Menjaga kesehatan jantung

4. Menjaga kesehatan jantung
laoistoday.ie

Clover honey mengandung banyak flavonoid dan asam fenolik, yang memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan. Diyakini pula bahwa kandungan ini dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah lho, Ma! 

5. Meredakan gangguan saluran cerna dan sebagai prebiotik

5. Meredakan gangguan saluran cerna sebagai prebiotik
Freepik/Jcomp

Mengonsumsi clover honey dengan takaran 1-2 sendok teh dapat meredakan sakit perut dan membantu menyembuhkan penyakit pencernaan seperti diare dan maag lho. Selain itu, kandungan gula pada madu, termasuk clover honey juga dapat digunakan sebagai prebiotik pada saluran pencernaan.

Efek ini membantu membantu pertumbuhan bakteri menguntungkan dan melancarkan sistem pencernaan.

6. Takaran untuk mengkonsumsi clover honey

6. Takaran mengkonsumsi clover honey
Pexels/Three-shots

Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, konsumsi clover honey tidak boleh berlebihan ya Ma, terutama pada penderita diabetes, karena kandungan gulanya yang cukup tinggi.

Selain itu, semua jenis madu, termasuk clover honey, sebaiknya tidak diberikan kepada bayi atau anak berusia di bawah 1 tahun ya, Mama, hal ini untuk menghindari risiko keracunan botulisme.

Berikut takaran madu yang bisa jadi panduan Mama meminum madu setiap hari:

  1. Untuk anak Mama yang berumur 1 tahun bisa mengkonsumsi 1 sdt atau sama dengan 10gr dalam sehari. Hal ini agar pencernaan si Kecil tidak kaget ya, Ma. Selain itu tubuh anak memerlukan pembiasaan mengenai makanan baru.
  2. Untuk anak Mama yang berusia diatas 3 tahun bisa mengkonsumsi 2 sdm atau sama dengan 45 gr dalam sehari. Pemberian rutin dengan takaran tersebut akan membantu penjagaan stamina tubuh si Kecil.
  3. Untuk Mama atau Papa bisa mengkonsumsi 2 - 3 sdm atau sama dengan 65 gr dalam sehari. Hal ini dapat menjaga stamina dan daya tahan tubuh orang dewasa.
  4. Untuk orang yang sedang sakit atau sedang menjalani proses pemulihan dapat mengkonsumsi 3 - 4 sdm atau sama dengan 85 gr dalam sehari. Hal ini untuk membantu mempercepat proses pemulihan penyakit.

Itu dia Mama manfaat dari clover honey yang bisa Mama konsumsi untuk Mama dan keluarga ya! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.