Vegan dan Vegetarian, Apa Bedanya ya Ma?

Vegan dan vegetarian adalah salah satu pola hidup sehat

24 September 2020

Vegan Vegetarian, Apa Beda ya Ma
Freepik

Pola hidup sehat mulai populer dilakukan oleh masyarakat. Berhenti memakan daging, junk food, fast food, makanan berminyak serta olahan susu hewani mulai dikurangi. Pola makan seperti itu seringkali disebut dengan menjadi vegan atau vegetarian.

Namun, bagi mereka yang tidak mengetahui banyak istilah tersebut seringkali salah mendefinisikannya. Pada dasarnya, vegan dan vegetarian merupakan mengatur pola makan melalui jenis konsumsi yang masuk dalam tubuh. Tapi perlu diketahui, vegetarian dan vegan merupakan dua hal yang berbeda, tapi juga memiliki beberapa persamaan.

Pada prinsipnya kedua hal ini bisa dikatakan sebagai cara menikmati hidup melalui pemilihan makanan yang dikonsumsi dengan menghindari segala bentuk olahan produk hewani. Akan tetapi bagi beberapa kalangan, ada juga yang memandang gaya hidup ini sebagai metode diet karena cenderung rendah lemak jenuh dan kolesterol, namun tinggi vitamin, mineral, serat, dan senyawa tanaman sehat.

Mau tau apa perbedaan vegan dan vegatarian? Simak informasi dari Popmama.com yuk, Ma! 

1. Apa itu Vegetarian?

1. Apa itu Vegetarian
pexels.com/Jill Wellington

Vegetarian merupakan mereka yang tidak memakan daging, unggas, binatang buruan, ikan, kerang-kerangan, atau produk lain yang berasal dari hewan.

Meski menghindari daging, vegetarian masih mengonsumsi susu dan telur sesuai dengan menu diet yang dibutuhkan.

Seseorang yang menjadi vegetarian lebih memilih untuk mengonsumsi banyak buah, sayuran, biji-bijian, dan jenis kacang-kacangan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

 

Editors' Picks

2. Jenis pola hidup sebagai vegetarian

2. Jenis pola hidup sebagai vegetarian
pexels.com/ Bulbfish

Tipe vegetarian bermacam-macam ya, Mama. Vegan-vegetarian dapat dilihat perbedaannya dari tipenya berikut ini:

  1. Lacto-ovo vegetarian: Vegetarian yang menghindari daging tapi masih mengonsumsi susu dan telur.
  2. Lacto vegetarian: Vegetarian yang menghindari daging dan telur, tapi masing mengonsumsi produk susu.
  3. Ovo vegetarian: Vegetarian yang menghidari segala jenis produk dari hewan kecuali telur.
  4. Vegan: Vegetarian yang menghindari segala jenis dan bentuk makanan yang berasal dari hewan.

Vegan berbeda dengan vegetarian dalam konteks makanan apa saja yang boleh dan tidak untuk dikonsumsi.

Terdapat juga orang yang tidak memakan daging dan unggas namun mengkonsumsi ikan yang disebut pescatarian, sedangkan orang yang menjalani gaya hidup vegetarian paruh waktu sering disebut flexitarian.

Meskipun terkadang pescatarian dan flexitarian dikategorikan sebagai vegetarian, mereka masih mengkonsumsi daging. Karena itu, mereka secara teknis bukan termasuk vegetarian.

3. Apa itu Vegan?

3. Apa itu Vegan
Freepik

Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, vegan kurang lebih masih sama seperti vegetarian karena menganut gaya hidup sehat. Namun, vegan dapat dikatakan merupakan bentuk dari vegetarian yang paling ketat.

Vegan merupakan pola makan yang benar-benar menghindari mengonsumsi segala macam jenis hewan dan juga segala jenis produk yang berasal dari olahan hewani seperti susu, telur, gelatin, madu, carmine, pepsin, lak, albumin, whey, kasein dan beberapa bentuk vitamin D3.

Vegan sekarang ini didefinisikan oleh Vegan Society sebagai gaya hidup yang sebisa mungkin menghindari semua bentuk eksploitasi dan kekejaman pada hewan.

Memilih menjadi vegan bisa dijadikan pilihan untuk melindungi eksploitasi hewan. Produsen susu olahan dan bahan turunan hewan seperti pembuatan jam, hingga jaket dapat dikatakan sebagai tindakan yang memusnahkan populasi hewan.

4. Jenis pola hidup sebagai vegan

4. Jenis pola hidup sebagai vegan
Freepik/timolina

Vegan juga dikategorikan ke dalam berbagai jenis :

  1. Vegan etis: Mereka adalah vegan dengan populasi paling banyak di dunia. Kelompok ini lebih mengedepankan etika mereka alih-alih perut mereka dan mewarisi cinta dan perhatian mereka terhadap hewan dan lingkungan. Vegan yang beretika tidak mengkonsumsi produk susu seperti susu, telur, keju, madu. Mereka juga menghindari penggunaan produk apa pun yang dibuat oleh kulit binatang atau bagiannya.
  2. Vegan Berbasis Tumbuhan: Mereka melanjutkan hidup dengan makanan nabati, yang tumbuh dari tanah saja.
  3. Vegan Mentah: Mereka tidak memakan produk hasil hewan apa pun dan apa pun yang dimasak di atas suhu 115 derajat Fahrenheit karena mereka percaya bahwa makanan tersebut akan kehilangan nutrisi dan enzim sepenuhnya.

Maka dari itu, seorang vegan tidak hanya menghindari daging saja, tetapi juga susu, telur, dan bahan-bahan yang serba hewani. Termasuk gelatin, madu, carmine, pepsin, lak, albumin, whey, kasein dan sebagian bentuk dari vitamin D3.

4. Manakah yang sehat antara vegan dan vegetarian?

4. Manakah sehat antara vegan vegetarian
Freepik/Senivpetro

Vegan dan vegetarian tentu akan bermanfaat bagi kesehatan karena gaya hidup dari keduanya mengharuskan Mama untuk lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah. Gaya hidup vegan atau vegetarian dianggap cocok di semua tahapan kehidupan, selama pola makan terencana dengan baik.

Sulit untuk mengatakan mana di antara keduanya yang lebih menyehatkan karena keduanya memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing. Asupan nutrisi yang tidak mencukupi seperti asam lemak omega-3, kalsium, dan vitamin D dan B12 dapat berdampak negatif pada berbagai aspek kesehatan, termasuk kesehatan mental dan fisik.

Baik vegetarian dan vegan mungkin memiliki asupan nutrisi yang lebih rendah. Namun, penelitian menunjukkan bahwa vegetarian cenderung mengonsumsi sedikit lebih banyak kalsium dan vitamin B12 daripada vegan. Meskipun demikian, baik vegetarian maupun vegan harus memberikan perhatian khusus pada strategi nutrisi yang dimaksudkan untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan nabati.

Mungkin juga diperlukan untuk mengonsumsi makanan dan suplemen yang difortifikasi, terutama untuk nutrisi seperti zat besi, kalsium, omega-3 dan vitamin D dan B12.

Meskipun demikian, kebanyakan penelitian sejauh ini bersifat observasional. Ini menunjukkan bahwa sulit untuk memutuskan dengan pasti aspek mana dari gaya hidup vegan yang menghasilkan keuntungan ini atau mengkonfirmasi bahwa veganlah yang menjadi faktor penentu.

Itu dia Mama perbedaan vegan dan vegetarian ya, Mama! Jadi, kira-kira Mama kapan memulai jadi vegan atau vegetarian?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.