Baik Bagi Kesehatan, Ini Beberapa Biji yang Bisa Dijadikan Kuaci

Camilan santai yang enak dan sehat

19 September 2020

Baik Bagi Kesehatan, Ini Beberapa Biji Bisa Dijadikan Kuaci
Pixabay/PublicDomainPictures

Tidak hanya rasanya yang enak, mengonsumsi biji-bijian memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Biji-bijian memiliki serat, protein, vitamin B, vitamin E, fosfor, magnesium, kromium, dan selenium yang tinggi.

Kandungan pada biji-bijian sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, menjaga tulang, dan dapat membantu pembentukan otot. Selain itu, biji-bijian juga membantu menjaga kesehatan pencernaan dan menurunkan berat badan.

Biji-bijian sendiri ada yang dikonsumsi secara utuh ada juga yang harus diambil bagian dalamnya. Contoh biji-bijian yang dapat dimakan utuh antara lain adalah chia seed, sedangkan yang harus dipisahkan dengan kulitnya antara lain biji bunga matahari.

Biji bunga matahari sering kita sebut dengan kuaci. Tapi ternyata kuaci ada beberapa jenis loh, Ma.

Lihat informasi dari Popmama.com ini yuk! Ternyata beberapa biji yang bisa dijadikan kuaci!

1. Biji semangka bagus untuk daya ingat

1. Biji semangka bagus daya ingat
Freepik/rawpixel

Biji yang bisa dijadikan kuaci antara lain adalah biji semangka. Walaupun masih terdengar asing, nyatanya biji semangka juga dijadikan kuaci di beberapa negara.

Manfaat biji semangka sangat banyak. Kandungan asam amino pada biji semangka dapat membantu daya ingat. Mengonsumsi kuaci biji semangka sangat bagus bagi lansia atau seseorang yang memiliki masalah daya ingat.

Selain itu, kuaci biji semangka juga mampu menjaga kesehatan jantung dan melancarkan sistem pencernaan.

Editors' Picks

2. Biji labu bagus untuk regenerasi sel

2. Biji labu bagus regenerasi sel
pixabay.com/siobandholezal

Biji labu merupakan salah satu biji yang bisa dijadikan kuaci. Kuaci dari biji labu sudah cukup umum di masyarakat Indonesia. Tidak hanya bisa dikonsumsi langsung, biasanya biji labu juga dijadikan hiasan pada makanan.

Kandungan biji labu juga tidak kalah banyaknya, antara lain vitamin E serta betakaroten. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menjaga fungsi sel-sel di dalam tubuh.

3. Biji melon dapat membantu meningkatkan nafsu makan

3. Biji melon dapat membantu meningkatkan nafsu makan
Pixabay/pasja1000

Biji yang bisa dijadikan kuaci ini masih asing di masyarakat umum. Menemukannya pun sangat sulit di Indonesia. Biji ini adalah biji melon.

Biji melon yang biasanya kita buang, ternyata memiliki nutrisi yang sangat bagus setelah dijadikan kuaci.

Kuaci dari biji melon sangat bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat meningkatkan nafsu makan. Hal tersebut karena adanya vitamin B1 dan B2 yang terkandung di dalamnya.

4. Biji bunga matahari dapat mencegah inflamasi

4. Biji bunga matahari dapat mencegah inflamasi
Freepik/welcomia

Biji bunga matahari adalah biji yang bisa dijadikan kuaci. Biasanya, kuaci yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah kuaci dari biji matahari.

Banyak kuaci dari biji matahari yang dijual di pasar-pasar modern maupun tradisional.

Manfaat biji bunga matahari tak kalah banyaknya dari biji-bijian yang lainnya. Ternyata, biji bunga matahari memiliki sumber asam lemak omega-3.

Sehingga biji bunga matahari sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, biji bunga matahari juga mengandung vitamin E dan flavonoid yang dapat mencegah peradangan atau inflamasi.

Banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk memperbanyak konsumsi jenis kacang-kacangan dan biji-bijian. Beberapa biji yang bisa dijadikan kuaci membuat kita mudah dan nikmat mengonsumsi biji-bijian. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak konsumsi jenis biji-bijian.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.