Waspada Ma! Kardiovaskuler, Penyakit Tidak Menular Namun Mematikan

Mama perlu tahu lebih lanjut mengenai penyebab dan pencegahannya

21 Februari 2018

Waspada Ma Kardiovaskuler, Penyakit Tidak Menular Namun Mematikan
peoriapublicradio.org

Biasanya kita takut dengan adanya penyakit menular, terutama jika ada seorang di lingkungan kita yang sudah terkena penyakit tersebut. Sementara, ada juga penyakit tidak menular, namun berbahaya bagi kesehatan bahkan bisa mematikan.

Salah satu jenis penyakit mematikan yang Mama perlu tahu adalah kardiovaskuler. Kamu harus mengetahui beberapa hal penting terkait penyakit ini.

1. Apa itu Kardiovaskuler?

1. Apa itu Kardiovaskuler
Freepik/prostooleh

Kardiovaskuler adalah kondisi bermasalah pada kesehatan jantung seseorang di mana terjadi penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah kemudian bisa menyebabkan stroke, serangan jantung atau nyeri pada bagian dada.

Banyak dampak yang bisa terjadi pada tubuh seseorang jika sudah mengalami gangguan jantung. Mama dan keluarga tentu perlu menjaga pola hidup agar tubuh tetap sehat.

2. Beberapa penyakit yang dikategorikan sebagai penyakit jantung

2. Beberapa penyakit dikategorikan sebagai penyakit jantung
Freepik/bristekjegor

Kenali jenis-jenis penyakit jantung sebagai berikut:

  • Penyakit pembuluh darah, seperti penyakit arteri koroner
  • Masalah irama jantung, yang disebut aritmia
  • Cacat jantung bawaan
  • Kondisi jantung lainnya, seperti kondisi yang mempengaruhi otot jantung, katup jantung, atau irama jantung.

Itulah 4 jenis penyakit turunan dari penyakit jantung. Kardiovaskuler yang umum terjadi, salah satunya adalah aritmia atau masalah pada irama jantung. Aritmia adalah keadaan di mana detak atau irama jantung lebih cepat dari semestinya atau sebaliknya.

Sementara, untuk memeriksakan gangguan irama jantung, kita bisa menggunakan tekhnologi Elektrofidiologi (EP). Terapi gangguan irama jantung ini bisa dilakukan dengan Elektrofisiologi Study.

Editors' Picks

3. Apa itu Elektrofisiologi?

3. Apa itu Elektrofisiologi
Freepik/javi_indy

Elektrofisiologi adalah tindakan invasif minimal untuk menilai sistem konduksi listrik di jantung, baik aktifitas fisik maupun jalur konduksinya. Apabila gangguan irama disebabkan oleh kelainan jaringan. Elektrofisiologi dapat menghancurkan jaringan tersebut dengan menggunakan gelombang radio (Ablasi Radiofrekuensi) atau menggunakan alat pendingin (Krioablasi).

Salah satu tempat yang melayani EP adalah RS. Awal Bros Tangerang.

Mama tentu ingin kesehatan keluarga selalu terjaga, dan mengecek kondisi jantung secara berkala adalah salah satu langkah yang bisa diambil sebagai langkah preventif. Jika keluarga sehat, sudah tentu bisa membuat Mama bahagia.

4. Kardiovaskuler penyakit mematikan

4. Kardiovaskuler penyakit mematikan
Dok. Popmama.com/RS. Awal Bros

CEO Rumah Sakit Awal Bros dr. Ferdy Tiwow mengatakan bahwa penyakit kardiovaskuler masih menjadi penyakit tidak menular utama penyebab kematian.

Penyakit kardiovaskuler adalah penyakit yang disebabkan gangguan pada jantung dan pembuluh darah, termasuk diantaranya adalah penyakit jantung koroner, gangguan irama jantung (aritmia), gagal jantung, hipertensi dan stroke. Dr. Ferdy dan tim berupaya memberikan sistem pelayanan yang baik sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan berstandar internasional.

5. Cara mencegah kardiovaskuler

5. Cara mencegah kardiovaskuler
sciencenordic.com

Upayakan pencegahan juga bisa dilakukan dari pengaturan pola hidup sehari-hari, berikut tipsnya:

  • Pola makan yang sehat. Mencegah penyakit jantung dengan menghindari makanan yang banyak mengandung lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi.
  • Berhenti Merokok
  • Hindari stres
  • Olahraga secara teratur
  • Konsumsi antioksidan secara teratur.

Itulah 5 hal yang perlu Mama pahami mengenai kardiovaskuler, penyakit yang mematikan. Mama bisa melakukan pencegahan dengan memerhatikan kesehatan keluarga.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.