Resep Jus Kurma Susu Enak dan Penuh Nutrisi

Pemilihan kurma yang empuk menjadi dasar resep jus kurma susu sempurna

3 Mei 2020

Resep Jus Kurma Susu Enak Penuh Nutrisi
goop.com

Kurma adalah buah dari pohon kurma yang tumbuh di banyak daerah tropis di dunia.

Saat memasuki bulan suci Ramadan, kurma menjadi salah satu buah yang populer dan banyak dicari karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh. 

Kurma memiliki banyak variasi, kurma segar berukuran cukup kecil dan warnanya bervariasi dari merah terang hingga kuning cerah.

Saat ini banyak cara untuk menikmati kurma, salah satunya adalah dengan dijadikan jus kurma susu yang sangat enak dihidangkan saat buka puasa. 

Seperti apa cara membuat jus susu kurma? Simak resepnya di Popmama.com berikut ini:

Resep Jus Kurma Susu yang Enak

Resep Jus Kurma Susu Enak
Freepik/whatwolf

Bahan:

  • 8 Buah kurma 
  • 2 sdm gula atau bisa diganti dengan madu
  • 1 1/2 gelas susu UHT Fullcream 
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat:
- Cuci kurma dan buang bijinya, cincang. 
- Masukkan 1/2 gelas susu, masukkan kurma, gula atau madu pada blender. Blender campuran ini dengan baik selama beberapa menit.
- Sekarang tambahkan sisa susu, es batu dan campur semua bahan selama 3-4 menit.
- Jika diinginkan, saring susu kurma dan tuangkan ke dalam gelas. Sajikan dingin. Agar lebih nikmat, Mama bisa menambahkan remahan biskuit regal di atasnya. 

Editors' Picks

Tips Membuat Jus Kurma Susu yang Sempurna

Tips Membuat Jus Kurma Susu Sempurna
Unsplash/Tim Chow

Nah Ma, kadang salah satu yang membuat kurma susu terasa kurang nikmat adalah kurma yang tidak hancur dengan sempurna. Chef Yummy, Gilang Ramadhan punya tipsnya agar jus susu kurma Mama lebih enak dan semua bahannya menyatu dengan baik. 

Tips pertama: 
1. Potong atau cincang kurma sebelum diblender.
2. Pilih kurma yang tingkat empuknya tinggi atau lunak.
3. Rendam kurma dalam larutan yang akan dicampurkan (air atau susu) selama 10 /15 menit 

Tips kedua: 
1. Potong atau cincang kurma sebelum diblender.
2. Pilih kurma yang tingkat empuknya tinggi atau lunak.
3. Sebelum diblender atau dijus, rebus kurma yang telah di potong dadu dengan air atau susu hingga lembut kurang lebih 10/15 menit.

Jika Mama ingin disajikan hangat, pastikan susu direbus sampai mendidih dan jangan terlalu lama agar susunya nggak rusak ya. 

Semoga tips yang diberikan dapat bermanfaat ya, Ma. 

Kandungan Nutrisi pada Kurma

Kandungan Nutrisi Kurma
insightprofessional.it

Kurma memiliki nutrisi yang sangat baik. Meskipun kering, kandungan kalori kurma lebih tinggi daripada kebanyakan buah segar. Kandungan kalori kurma mirip dengan buah-buahan kering lainnya, seperti kismis dan buah ara.

Dilansir dari Healthline, sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat. Sisanya berasal dari jumlah protein yang sangat kecil.

Meskipun mengandung kalori, kurma mengandung beberapa vitamin dan mineral penting selain sejumlah besar serat. Satu porsi 3,5 ons (100 gram) memberikan nutrisi berikut:

Kalori: 277
Karbohidrat: 75 gram
Serat: 7 gram
Protein: 2 gram
Kalium: 20% dari RDI
Magnesium: 14% dari RDI
Tembaga: 18% dari RDI
Mangan: 15% dari RDI
Besi: 5% dari RDI
Vitamin B6: 12% dari RDI

Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Manfaat Kurma Kesehatan
seedbodycare.com

Selain enak, kurma juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Ini dia manfaatnya:

1. Menurunkan kolesterol

Tahukah Mama bahwa kurma bebas dari kolesterol, dan mengandung sedikit lemak? Memasukkannya dalam jumlah yang lebih kecil dalam diet harian dapat membantu Mama menurunkan kadar kolesterol, dan bahkan membantu penurunan berat badan. Jangan lupa, untuk selalu mengonsumsi kurma saat buka puasa ya.

2. Kaya protein

Kurma memiliki kandungan protein yang tinggi. Kurma adalah sumber protein yang kuat yang membantu kita tetap bugar, dan bahkan menjaga otot kita tetap kuat. 

3. Kaya vitamin

Kurma mengandung vitamin seperti B1, B2, B3 dan B5, serta A1 dan C. Jika Mama mengonsumsi kurma setiap hari, Mama tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin.

Tidak hanya itu, kurma mampu meningkatkan energi juga karena kurma mengandung gula alami seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa juga. Jadi itu berfungsi dengan sangat baik sebagai camilan saat sahur. 

Itulah informasi seputar cara membuat jus susu kurma dan manfaat kurma bagi kesehatan. Yuk Ma, konsumsi kurma dengan baik untuk memberikan manfaat bagi tubuh. 

Jika Mama ingin mencoba berbagai masakan lain selama #MasakDiRumahAja, sebaiknya bisa download aplikasi memasak dari Yummy untuk mencoba berbagai resep lain. 

Aplikasi Yummy dapat mempermudah setiap orang yang masih belajar memasak, sehingga mampu menciptakan cita rasa yang lezat. Apalagi banyak video tutorial resep yang mudah diterapkan sendiri di rumah. 

Unduh saja aplikasi Yummy di iOS App Store atau Google PlayStore sekarang juga. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.