Jangan Lengah! Ini 6 Bahaya Keselamatan saat Banjir yang Bisa Terjadi

Tetap jaga keluarga dan barang-barang berharga agak tidak terkena bahaya ini!

21 Februari 2021

Jangan Lengah Ini 6 Bahaya Keselamatan saat Banjir Bisa Terjadi
Unsplash/milind_ruparel

Musibah tidak ingin dialami oleh siapapun. Namun, jika sudah datang kita harus sigap untuk menyelamatkan diri dan keluarga. Salah satunya adalah bencana banjir yang kerap datang saat musim penghujan di Indonesia.

Genangan air dari rendah hingga tinggi atau banjir ini kerap menghampiri beberapa wilayah di Indonesia. Bajir ini kerap terjadi di wilayah Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya serta beberapa wilayah lain di Indonesia.

Selain genangan air, banjir juga bisa mengakibatkan berbagai bahaya yang bisa dialami Mama dan keluarga. Bahaya keselamatan banjir ini bisa sangat berbahaya lho.

Berikut Popmama.com rangkum informasi mengenai bahaya keselamatan banjir yang mungkin bisa terjadi. 

1. Bahaya tersengat listrik

1. Bahaya tersengat listrik
Unsplash/kellysikkema

Sengatan listri jadi salah satu bahaya keselamatan banjir yang sangat mungkin terjadi. Di beberapa daerah kadang PLN wilayah sudah melakukan pemadaman agar selamat dari bahaya keselamatan banjir ini. Namun, jika di daerah Mama sudah terkena banjir dan listrik belum juga dipadamkan, maka bisa lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Langsung matikan saklar listrik utama di rumah.
  • Jauhkan anak-anak dari sumber listrik terdekat.
  • Cabut alat-alat elektronik dari stopkontak.
  • Jangan sentuh alat elektronik yang terendam banjir sampai benar-benar kering.

2. Terperosok ke lubang besar

2. Terperosok ke lubang besar
Unsplash/piyushpriyanka

Saat banjir dengan genangan yang tinggi, jalanan rasanya seperti sama saja. Kita tidak tahu mana jalanan yang bagus, lubang selokan hingga lubang besar yang ada di tengah jalan. Oleh karenanya, ini jadi salah satu bahaya keselatan banjir yang bisa dialami.

Bahaya ini sudah memakan banyak korban. Terutama bagi pengungsi banjir yang sedang menyelamatkan diri. Mulai dari pejalan kaki, menggunakan sepeda, hingga kendaraan bermotor bisa mengalami risiko terperosok ke lubang besar di jalan. 

Salah satu cara untuk menghindari bahaya ini dengan berhati-hati selama berkendaraan atau berjalan kaki. Fokuslah pada jalan yang akan dilalui. 

Editors' Picks

3. Bahaya water hammer

3. Bahaya water hammer
Unsplash/chriswebdog

Bagi yang memiliki kendaraan bermotor, baya keselamatan banjir satu ini butuh perhatian lebih. Bahaya yang dimaksud adalah water hammer.

Water hammer sendiri merupakan keadaan di mana kendaraan mati mendadak akibat air yang masuk ke dalam ruang bakar melalui air intake. Efek dari water hammer ini tergolong mengerikan tergantung kondisi mesin mobil saat masuknya air ke ruang bakar.

Jika air masuk saat idle, maka kemungkinan mesin mobil akan mati dan tidak bisa dihidupkan hanya dengan starter. Namun, saat air masuk ketika mesin menyala dan memaksa untuk melewati genangan air maka piston, connecting rods, kepala silinder, dan crankcase memiliki kemungkinan besar untuk rusak.

4. Terbawa arus besar

4. Terbawa arus besar
Unsplash/chriswebdog

Beberapa wilayah di Indonesia yang terkena banjir memiliki arus yang besar. Apalagi jika rumahnya dekat dengan sungai besar. Bahaya keselamatan banjir terbawa arus jadi momok yang menakutkan. Oleh karena itu, hindari untuk ke arah sungai besar jika banjir terjadi. 

Arus besar juga tak hanya terjadi ketika banjir melanda perumahan yang dekat sungai. Namun, wilayah banjir dengan kontur tanah yang cukup terjal juga bisa memiliki arus besar. Segeralah mengungsi jika banjir bandang datang. Jangan lupa untuk tetap menjaga anak-anak dalam pengawasan ya, Ma.

5. Terpeleset karena lumpur

5. Terpeleset karena lumpur
Dok. IDN Times

Banjir datang membawa lumpur dan batuan kerikil yang bisa membuat orang tergelincir. Hal ini jadi salah satu bahaya keselamatan banjir yang perlu diperhatikan. 

Jika ingin berjalan menembus banjir, gunakan sepatu yang kuat untuk terhindar dari tergeleincir ataupun agar tidak terkena luka akibat menginjak pecahan kaca, paku, dan sebagainya. Berhati-hatilah karena lantai dan tangga yang tertutup lumpur bisa jadi sangat licin.

6. Kehilangan barang berharga

6. Kehilangan barang berharga
Freepik/cosmin1189

Meski banjir adalah musibah, tidak sedikit oknum yang memanfaatkan kesempatan. Sering terdengar di berita jika banyak orang yang kehilangan barang berharganya karena ditinggal mengungsi saat banjir.

Ketika harus meninggalkan rumah, kuncilah semua pintu. Tempatkan barang berharga di tempat tinggi dan jauh dari jangkauan.

Sembunyikan barang berharga tersebut di sela-sela yang sangat dijangkau. Agar lebih aman, sebaiknya menyimpan perhiasan atau surat berharga pada brankas bank sebelumnya.

Itulah tadi sederat bahaya keselamatan banjir yang bisa terjadi. Tetaplah berhati-hati dan selalu perhatikan anggota keluarga yang lain agar terhindar dari bahaya ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.