TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Eksklusif: Cerita Unik di Balik Layar Pemain 'Mencuri Raden Saleh'

Rachel Amanda, Ari Irham dan Aghniny Haque cerita pengalaman soal karakter masing-masing

26 Juli 2022

Eksklusif Cerita Unik Balik Layar Pemain 'Mencuri Raden Saleh'
Popmama.com/Putri Syifa N

Setiap pembuatan film tentu punya ceritanya masing-masing. Tiga pemain dalam film Mencuri Raden Saleh yakni Rachel Amanda, Ari Irham, dan Aghniny Haque menceritakan pengalamannya di balik layar dan pendekatan dengan karakter masing-masing.

Rachel Amanda berperan sebagai Fella The Negotiator, Ari Irham sebagai Tuktuk the Driver, Aghniny Haque sebagai Sarah the Brute. Menjalani proses reading dan penyatuan chemistry hingga 6 bulan, empat aktor berbakat ini berbagai cerita seru mereka mengenal karakter masing-masing.

Mereka juga ditantang untuk bisa akur satu sama lain untuk membuat chemistry persahabatan dalam filmnya terasa lebih klop. Salah satunya adalah Ari Irham yang menceritakan pengalamannya agar bisa bonding bak kakak adik bersama Umay Shahab.

Berikut Popmama.com rangkum cerita empat cast Mencuri Raden Saleh ini!

1. Aghniny Haque sebagai Sarah, sama-sama sayang dan pernah hidup dengan neneknya

1. Aghniny Haque sebagai Sarah, sama-sama sayang pernah hidup neneknya
Popmama.com/Putri Syifa N

Karakter Sarah the Brute dalam film Mencuri Raden Saleh menjadi salah satu yang ikonik. Pasalnya, ia berakting adegan aksi dengan menggunakan rok dan high heels. Ini menjadi hal baru yang dialami oleh Aghniny.

Cerita karakter Sarah dalam film menurutnya tak jauh berbeda dengan yang ia alami. Aghniny sendiri pernah hidup dan tinggal dengan sang Nenek di kehidupan nyata. Sarah pun di film demikian, meski kisah hidupnya lebih pahit di sini.

"Persamaan aku dengan Sarah sama-sama sayang nenek pastinya, aku juga pernah hidup sama nenek karena ibuku single parent dan untuk membesarkan dia harus bekerja. jadi ya tinggal dan diajarin semuanya sama nenek," tuturnya saat wawancara khusus dengan Popmama.com.

Karakter Sarah di film Mencuri Raden Saleh memiliki latar belakang meluarga yang cukup berat. Ia hanya memiliki neneknya di dunia, sehingga rela melakukan apapun untuk menolongnya.

"Hidup Sarah dengan neneknya itu pahit kalau menurutku, dan dia butuh survive untuk bisa hidup dengan beliau. Bitter menurutku, Sarah juga perannya dia sebagai tulang punggung keluarga," tuturnya.

Editors' Picks

2. Ari Irham punya cara khusus untuk bisa bonding bak kakak adik dengan Umay Shahab

2. Ari Irham pu cara khusus bisa bonding bak kakak adik Umay Shahab
Popmama.com/Putri Syifa N

Hampir sama dengan Aghniny, Ari Irham sebagai Tuktuk the Driver di film Mencuri Raden Saleh juga punya pendekatan untuk bisa into karakternya. Ia bersaudara dengan Gofar the Handyman yang diperankan oleh Umay Shahab.

Sebagai saudara, Ari dan Umay punya cara tersendiri untuk bisa dekat layaknya saudara nih. Keduanya kerap saling jahil dan menggoda satu sama lain layaknya hubungan kakak adik pada umumnya.

"Kami berenam sebenarnya punya waktu yang cukup lama untuk mengatur chemistry terutama aku sama Gofar. Kita juga sudah ada diskusi dari awal. Kita bakal gimana nih sebagai saudara? Dan ya diskusi mengalir sama Umay. Pertama kita pakemin karakter masing-masing, dari situ baru bisa masuk sebagai kakak adik yang nyata," ucapnya kepada Popmama.com.

Kebiasaan mereka layaknya kakak adik di film justru terbawa ke dunia nyata. Bukan hanya saat syuting, tetapi hingga hari ini. Ari mengaku dirinya memang sering dijahili oleh Umay layaknya perlakukan kakak kepada adiknya, ini membantu Ari mendalami karakter dan hubungan Tuktuk dengan Gofar.

"Walaupun aku istilahnya sering di-bully sama dia, kayak pura-pura bete. Itu kebawa di belakang kamera sampai sekarang. Bahkan ada satu adegan melakukan business act yang sama, kita lagi nyetrir, Umay disebelah aku, pas aku lihat jam dia lihat jam juga. Kayak 'lho kok kita bisa sama?' padahal nggak direncanakan," tuturnya.

3. Rachel Amanda sebagai Fella The Negotiator, aslinya justru tidak jago bernegosiasi dengan orang

3. Rachel Amanda sebagai Fella The Negotiator, asli justru tidak jago bernegosiasi orang
Popmama.com/Putri Syifa N

Selanjutnya ada Rachel Amanda yang berperan sebagai Fella The Negotiator di Mencuri Raden Saleh. Untuk masuk ke karakter Fella yang menjadi korban kesibukan orangtua, ia mengaku tak punya riset khusus.

Namun, Rachel banyak melihat kasus teman-temannya yang dulu seperti itu. Sehingga ia bisa mendapatkan pengalaman hidup yang tidak sengaja dari hal-hal yang ia lihat dan dengar dari sekitarnya.

"Akhirnya aku melihat teman-temanku yang sangat berkecukupan tapi tidak bahagia. Karena sebagai anak, ternyata bukan itu kan yang diminta sama anak, bukan cuman materi saja," ucapnya saat wawancara dengan Popmama.com.

Fella di Mencuri Raden Saleh diceritakan sebagai sosok yang suka mencari adrenalin. Karena merasa tak bisa berekspresi di rumah karena orangtuanya, ia pun akhirnya tertarik bergabung ke kelompok pencurian terbesar ini.

"Setelah dia mengenal Tuktuk, Sarah dan yang lainnya akhirnya menemukan friendship dan bonding tertentu. Kebetulan Fella juga anak tunggal, jadi tidak pernah merasakan relate sama orang lain. Saling kenal satu sama lain dan dari pengalaman bersama itu Fella jadi sadar ternyata ada ya bentuk pertemanan seperti ini," pungkasnya.

Perbedaan mencolok antara karakter Rachel di kehidupan asli dengan Fella adalah ia tak jago bernegosiasi.

"Aku paling nggak jago negosiasi, dari segi berpikir aku juga tidak seberani ambil risiko. Kalau nyari adrenalin itu cukup mirip, tapi nggak seberani dan sebesar Fella juga," ucapnya.

4. Membentuk kelompok pencurian terbesar yang dibumbui action, ingin ambil proyek film serupa?

4. Membentuk kelompok pencurian terbesar dibumbui action, ingin ambil proyek film serupa
Popmama.com/Putri Syifa N

Film Mencuri Raden Saleh menjadi proyek yang menantang bagi ketiga aktor dan aktris ini. Pasalnya, di sini mereka ditantang untuk bisa memerankan berbagai adegan aksi dengan nyata, bahkan kadang tidak menggunakan stunt man atau stunt women.

Aghniny Haque yang sudah berakting di film action mengaku memang merasa nyaman dengan genre film seperti ini. Namun, ia juga tak mau menutup kemungkinan kalau ia ditawari proyek film-film drama romantis.

"Aku sampai saat ini tidak membatasi karena ingin dikenal aktris film laga. Kalau skrip dan karakternya bagus ya kenapa nggak? Memang suka film lagi tapi juga nggak mau membatasi," ucapnya.

Sama halnya dengan Rachel dan Ari Irham yang punya backround banyak film drama romantis. Ketika akhirnya berakting untuk film lagi jadi pengalaman yang menegangkan sekaligus bisa banyak belajar. Keduanya mengaku untuk kedepannya juga tak akan membatasi peran yang mereka terima.

"Kalau aku selama memang bagus ya akan aku terima, terlepas dari genre filmnya apa," pungkas Rachel Amanda.

Itulah tadi cerita unik dibalik layar para pemain Mencuri Raden Saleh. Wah seru banget ya, nggak sabar nih buat nonton filmnya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk