Penipuan via WhatsApp Atas Nama Artika Sari Devi, Hati-Hati!

Ada tips agar terhindar dari penipuan via WhatsApp atas nama teman atau kerabat

6 Desember 2021

Penipuan via WhatsApp Atas Nama Artika Sari Devi, Hati-Hati
Instagram.com/artikasaridevi

Kabar mengejutkan datang dari artis Artika Sari Devi. Di Instagramnya, ia mengabarkan ada oknum yang memanfaatkan nama dan fotonya untuk melakukan penipuan via WhatsApp.

Akibat oknum tersebut, Artika pun langsung mengonfirmasi bahwa nomor yang tersebar itu bukanlah dirinya. 

Berikut Popmama.com rangkum informasi dan berita penipuan via WhatsApp atas nama Artika Sari Devi.

Editors' Picks

1. Modus penipuan dengan meminjam uang

1. Modus penipuan meminjam uang
Instagram.com/artikasaridevi

Artika Sari Devi sendiri menginfokan kalau foto pribadinya digunakan pelaku untuk menipu korban-korbannya. Modus yang dilakukan pelaku adalah meminjam uang.

"Dear teman-teman saya mohon berhati-hati. Nama dan foto saya sedang digunakan oleh penipu bermodus pinjam uang via WhatsApp," tutur Artika, Senin (6/12/2021).

2. Banyak teman yang melaporkan hal ini kepada Artika Sari Devi

2. Banyak teman melaporkan hal ini kepada Artika Sari Devi
Instagram.com/artikasaridevi

Akibat hal itu, Artika pun mendapat banyak laporan sejak Minggu (5/12/2021) dari teman-temannya yang hampir menjadi korban penipuan. Teman dari Mama dua orang anak ini sudah mendapat pesan dari pelaku dan meminta pinjam sejumlah uang. 

"Dari sejak kemarin saya mendapat laporan dari teman-teman yang sudah di WhatsApp oleh pelaku," tutur Artika.

Artika menegaskan bahwa nomor yg tertera di foto bukan nomor WhatsApp pribadinya. Adapun nomor yang digunakan oleh pelaku penipuan yang mengatas namakan Artika yakni 0813 2199 5384.

"Terimakasih untuk teman-teman yang sudah melapor dan konfirmasi ke saya," pungkasnya.

3. Tips terhindar dari penipuan via WhatsApp

3. Tips terhindar dari penipuan via WhatsApp
Pexels/Anton

Aksi penipuan yang dilakukan sejumlah oknum semakin berkembang. Hal ini sebanding dengan berkembangnya teknologi komunikasi yang ada.

Dulu banyak orang melakukan aksi penipuan melalui SMS dan telepon seluler. Belakangan, aksi jahat ini berpindah melalui aplikasi Whatsapp.

Modus penipuan melalui Whatsapp biasanya berupa phising. Atau modus kenalan dan meminjam uang seperti yang dialami oleh teman-teman dari Artika Sari Devi di atas. 

Agar lebih berhati-hati dan waspada, kita bisa menerapkan tips berikut ini. Tentunya ini berguna agar kita terhindar dari penipuan via WhatsApp yang marak terjadi.

  • Pahami gaya bahasa pesan. Biasanya modus ini digunakan untuk menipu korban dan mengaku sebagai kenalan atua kerabat dekat. Agar terhindar, pahami gaya bahasa dari nomor mencurigakan tersebut. Selain itu perhatikan gaya penulisan orang tersebut.
  • Blokir dan laporkan nomor tidak dikenal. Mengabaikan pesan dari nomor tidak dikenal bisa jadi cara menghindari penipuan. Tindakan yang bisa dilakukan juga adalah melaporkan dan memblokir nomor mencurigakan itu.
  • Batasi orang yang bisa melihat profil. Fitur ini sudah disediakan oleh Whatsapp agar membatasi profil yang kita pakai di aplikasi ini. 

Itulah tadi berita mengenai penipuan via WhatsApp atas nama Artika Sari Devi. Semoga hal ini tidak terjadi di lingkungan Mama dan Papa ya, Ma. Tetap waspada!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk