Sudah Negatif, Ashanty Hampir Menyerah untuk Sembuh dari Covid-19

Ashanty sempat putus asa dan menitipkan anak-anak kepada Anang Hermansyah

7 Maret 2021

Sudah Negatif, Ashanty Hampir Menyerah Sembuh dari Covid-19
Youtube.com/The Hermansyah A6

Masyarakat sempat dihebohkan dengan kabar keluarga Anang dan Ashanty yang terkena Covid-19. Salah satu yang menyita perhatian adalah kabar Ashanty yang harus dirujuk ke rumah sakit karena punya penyakit autoimun. 

Tak hanya itu, saking minimnya kabar dari Ashanty sempat beredar kabar jika penyanyi itu sudah meninggal dunia. Anang pun sempat menepis kabar itu yang menyebut bahwa itu hanya mengada-ngada. 

Hampir sebulan, keluarga Anang dan Ashanty berjuang agar bisa sembuh. Lewat video terbaru yang dibagikan di The Hermansyah A6, penyanyi Ashanty mengumumkan dirinya sudah negatif Covid-19 dan bisa kembali pulang serta berkumpul dengan keluarganya.

Popmama.com rangkum informasi selengkapnya soal cerita Ashanty yang berjuang melawan Covid-19!

1. Ashanty sudah dinyatakan negatif Covid-19

1. Ashanty sudah dinyatakan negatif Covid-19
Instagram.com/ashanty_ash

Setelah kembali melakukan swab dan cek di luar, alhamdulillah Bunda sudah dinyatakan negatif. Setelah isolasi mandiri 14 hari.

Itulah narasi pembuka dari video yang dibagikan oleh Ashanty dalam channel keluarganya itu. Sebelum kembali bertemu keluarga terutama sang Suami, Anang Hermansyah ia sempat prank keluarganya.

Malam itu pun Ashanty pulang ke kediamannya setelah dinyatakan negatif Covid-19. Pertama hal yang dilakukannya yakni memeluk seluruh anggota keluarganya. Anang yang sempat percaya Ashanty belum negatif Covid-19 sempat tidak percaya dengan kehadiran isrtinya itu. 

Editors' Picks

2. Ashanty menceritakan awal dirinya terkena Covid-19

2. Ashanty menceritakan awal diri terkena Covid-19
Youtube.com/The Hermansyah A6

Sebelum simpang siur beredar kabar dirinya saat positif Covid-19, orang pertama yang diduga Ashanty terkena virus ini adalah Aurel. Ia merasakan firasat saat Aurel panas demam ketika dirawat dirinya. Setelah Aurel cukup sehat, jutsru Ashanty yang akhirnya terkena demam.

Karena firasat ini, seluruh keluarganya pun langsung di tes swab. Betapa terkejutnya ketika ternyata Ashanty, Aurel, Azriel dan Arsy positif Covid-19.

"Disitu aku sudah nggak bisa mikirin diri aku. Saat itu aku cuman menggigil dan panas tinggi. Saat itu aku belum merasakan sesak dan lain-lain. Cuman badan sakit dan meriang dan menggigil, anak-anak nggak ada gejala apa-apa," jelasnya dalam channel Youtube. 

3. Sempat ingin menyerah, Ashanty terus berusaha sembuh untuk keluarganya

3. Sempat ingin menyerah, Ashanty terus berusaha sembuh keluarganya
Instagram.com/ashanty_ash

Setelah dinyatakan positif diakui oleh Ashanty mentalnya sangat turun saat itu. Sebab, ia tengah disibukkan dengan persiapan pernikahan Aurel. 

"Mental, imun dan lain-lain itu benar-benar drop apalagi aku. Belum lagi aku ada penyakit bawaan, jadi selamat nggak ya. Tapi aku masih kuat dan bisa berpikir positif. Hari ketiga akhirnya aku nggak kuat dan sesak napas," jelas Ashanty.

Dalam kondisi itu, Ashanty sempat menitipkan anak-anaknya kepada Anang. Sembari meneteskan air mata ia berpesan untuk bisa menjaga anak-anak tanpa dirinya.

"Aku tuh ngerasa lemas banget waktu itu dan aku sampai bilang sama Mas Anang, 'sayang aku nggak kuat, tolong jaga anak-anak ya'. Pada saat itu aku nangis, tapi ya nggak mau di depan anak-anak," beber Ashanty.

Istri Anang itu pun dilarikan ke rumah sakit. Setelah dicek secara keseluruhan hasil Pneumonia Ashanty ada di tahap sedang. Namun, ia belum mau di rawat di rumah sakit saat itu karena kamar isolasi penuh dan banyak orang yang lebih membutuhkan karena memiliki gejala yang lebih parah dari dirinya. Dokter pun mengiyakan keinginan Ashanty.

Sampai suatu hari, Ashanty kejang-kejang di rumah dan panas tinggi. Keesokan harinya ia sesak napas sampai berbunyi. Karena tidak tahu harus minum obat seperti apa, ia pun langsung dibawa ke rumah sakit.

"Disitu aku sudah menyerah banget, sakit banget. Badanku linu semua, dipegang sedikit sakit, napasku udah bunyi kalau kata orang kayak sakaratul maut. Sudah semua doa aku baca, sampai rumah sakit dicek lagi semuanya. Ternyata semuanya kena, fungsi hatiku nggak bagus dan diputuskan buat dirawat di rumah sakit," jelas Ashanty.

4. Berjuang sembuh dan pasrah dengan takdir Tuhan

4. Berjuang sembuh pasrah takdir Tuhan
Instagram.com/ashanty.ash

Bebera waktu dirawat kondisi Ashanty semakin membaik. Ia pun mendapatkan izin untuk melanjutkan perawatan di rumah dengan selang oksigen tetap terpasang di hidungnya.

"Sampai keadaan semakin baik. Makanku sudah enak, napas sudah nggak sesak. Di sana aku bersyukur masih diberi kesempatan kedua untuk hidup," jelas Ashanty.

Dalam video berdurasi 37 menit 11 detik itu, Ashany tak henti mengingatkan kepada seluruh pengikutnya agar selalu menjaga kesehatan. Ia juga ingin agar masyarakat bisa menjaga protokol kesehatan untuk melindungi keluarga di rumah.

"Dengan kejadian ini aku ngingetin, buat orangtua kalian buat orang seperti aku yang punya penyakit bawaan ini bukan penyakit biasa. Aku merasakan beberapa kali kehilangan orang karena penyakit ini," ungkapnya.

Itulah tadi cerita Ashanty soal perjuangan dirinya melawan Covid-19. Memiliki penyakit bawaan berupa autoimun, risiko gejala yang dihadapi Ashanty memang lebih besar. Untungnya ia berhasil sembuh dan melewati cobaan ini.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.