TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Eksklusif: Ungkapan Hati yang Tulus Virgoun dan Budi Doremi di Album 'Dua Warna Cinta'

Album kolaborasi ini berbicara soal arti dan pengertian cinta bagi Virgoun dan Budi Doremi

16 Juni 2022

Eksklusif Ungkapan Hati Tulus Virgoun Budi Doremi Album 'Dua Warna Cinta'
Popmama.com/Ely Ricardo
Millennial Papa of the Month edisi Juni 2022, photoshoot mengikuti protokol kesehatan

Pengertian cinta didefinisikan dan diekspresikan berbeda setiap orang. Untuk musisi, bahasa rasa satu ini biasanya diterjemahkan lewat lagu-lagu andalan mereka.

Dua solois Indonesia, Virgoun dan Budi Doremi menceritakan sisi mereka masing-masing soal bahasa cinta ini. Terangkum dalam 'Dua Warna Cinta', Milennial Papa of the Month edisi Juli Spesial Hari Ayah Sedunia 2022 ini berproses dan menuturkan kisahnya lewat lagu-lagu andalan mereka dalam album kompilasi tersebut.

Secara eksklusif kepada Popmama.com keduanya berbagi soal perjalanan proses produksi dalam menerjemahkan arti cinta dalam album 'Dua Warna Cinta'.

Yuk, cek artikelnya berikut ini!

1. Bahasa cinta menurut pengertian Virgoun dan Budi Doremi

1. Bahasa cinta menurut pengertian Virgoun Budi Doremi
Popmama.com/Ely Ricardo
Virgoun & Budi Doremi, Millennial Papa of the Month Juni 2022. Foto mengikuti protokol kesehatan

Penyanyi solo kelahiran 1986, Virgoun Putra Tambunan menyebut album ini adalah kepanjangan dirinya dalam menerjemahkan arti cinta itu sendiri. Bagi Papa tiga orang anak ini, lagu dalam album terbarunya dengan Budi Doremi tersebut adalah proses kreatif yang sejalan dengan pertambahan umurnya.

"Secara tema lagu berubah karena umur kita bertambah, pendewasaan itu terasa sekali di sini. Jadi memang karyanya itu berbanding lurus dengan umur kami yang semakin tua," pungkas Virgoun.

Senada dengan dengan rekannya, Budi Doremi memandang album ini sebagai proses perjalanan panjangnya sebagai musisi. Pendengar bisa melihat sisi Budi yang sudah matang dalam bermusik dibandingkan lagu-lagunya yang dulu.

"Cinta itu kendaraan untuk mencapai bahagia. Jadi bahasa cinta itu maksudnya dari kita ingin masing-masing punya interpretasi tentang perasaan dan itu dimanifestasikan lewat lagu," tuturnya.

Editors' Picks

2. Lagu dalam album 'Dua Warna Cinta' yang berkesan untuk Virgoun dan Budi Doremi

2. Lagu dalam album 'Dua Warna Cinta' berkesan Virgoun Budi Doremi
Popmama.com/Ely Ricardo
Virgoun, Millennial Papa of the Month Juni 2022. Foto mengikuti protokol kesehatan

Diungkapkan dalam album ini tak hanya tema cinta biasa yang diangkat keduanya. Pasalnya lagu bertema cinta sudah umum dibahas dan diterjemahkan oleh banyak musisi Indonesia.

Album 'Dua Warna Cinta' ini menjadi representasi arti cinta yang mencoba diterjemahkan Virgoun dan Budi Doremi.

Ketika ditanya soal lagu yang paling 'ngena', Virgoun menyebut begitu menyukai lagu rekannya di album ini yang berjudul 'Ingat Dirimu Lagi'.

"Saya suka versi demo 'Ingat Dirimu Lagi' itu instrumentalnya seperti lagu model anak senja sekarang, mirip-mirip Payung Teduh," pungkasnya.

Sementara untuk Budi sendiri ia memilih lagunya yang berjudul 'Maaf Ku Salah'. Menurutnya lagu itu tak bisa ia ceritakan karena rasanya begitu spesial.

"Di album yang menurut saya suka sekali 'Maaf Ku Salah' dan itu representasi saya sekali. Ini tenang selera saja sih, saya bingung menjelaskannya. Pastinya cara saya bermusik sudah jauh berbeda dengan yang dulu," tutur Budi Doremi.

3. Merangkum 10 lagu andalan dalam satu album, Virgoun dan Budi Doremi tak hanya bahas soal pekerjaan

3. Merangkum 10 lagu andalan dalam satu album, Virgoun Budi Doremi tak ha bahas soal pekerjaan
Popmama.com/Ely Ricardo
Budi Doremi, Millennial Papa of the Month Juni 2022. Foto mengikuti protokol kesehatan

Keduanya memang bekerja sama untuk merangkum lagu-lagu mereka dalam satu album. Namun, saat bekerja sama untuk proses produksi ternyata tak hanya membahas masalah produksi lagu karena mereka sebagai musisi.

Sebagai teman, keduanya sering berdiskusi hal-hal pribadi hingga persoalan rumah tangga. Baik Virgoun dan Budi Doremi mengaku jika bertemu kerap membicarakan masalah hidup dengan perspektif komedi.

"Kita lebih ke curhat dan ketawa-ketawa, saya dan Budi datang dari latar belakang yang berbeda. Tapi kita sudah berteman dari dulu sebelum kita satu label. Jadi kalau bertemu kita kayak sama-sama menertawakan masalah," jelas Virgoun.

Senada dengan Virgoun, Budi Doremi yang punya nama asli Syahbudin Syukur ini mengamini perkataan rekannya. Ia mengaku bersama penyanyi lagu 'Surat Cinta Untuk Starla' itu banyak bercerita seputar keluarga.

"Sekarang sudah bisa berkarya sesuai umurnya dan lebih punya pola yang matang untuk itu. Kita (dengan Virgoun) kalau kumpul bahas seputar keluarga sih, kapan bayar kreditan, keinginan istri, banyak deh. Sangat domestik pokoknya," tuturnya.

Untuk proses album ini saat bekerja bersama, keduanya diakui sering berdiskusi dan memberi masukan. Namun, karena sama-sama solois memang masih lebih banyak porsi untuk menciptakan lagu dan berposes kreatif masing-masing terlebih dahulu.

4. Pandangan dua solois ini di album 'Dua Warna Cinta', sebuah karya baru untuk pendengar setia

Banyak pendengar Budi Doremi dan Virgoun yang menantikan karya dan lagu baru keduanya. Di tahun 2022 ini keduanya pun menjawab permintaan pendengar itu lewat album 'Dua Warna Cinta'.

Virgoun menceritakan kalau album ini awalnya tercipta karena ia dan Budi Doremi sama-sama memiliki lagu yang kuat. Awalnya ingin membuat album masing-masing, keduanya pun memutuskan untuk menggabungkannya agar lebih beragam dan berwarna.

"Kita buat banyak demo lagu, tetapi akhirnya untuk album ini bikin sama-sama pilih lima lagu yang kuat," pungkas Virgoun.

Di sisi lain, Budi Doremi memandang album ini adalah proses pendewasaannya. Pendengar bisa melihat dan merasakan proses panjang pertumbuhan musiknya dari dulu.

"Album ini pendengar bisa melihat sosok Budi yang remaja menuju dewasa. Dulu saya membuat lagu semena-mena, sekarang karena ada tanggung jawab moral dan sosial jadi berdasarkan keinginan pendengar dan pasar di Indonesia," pungkasnya.

Album 'Dua Warna Cinta' merupakan album kompilasi kolaborasi Virgoun dan Budi Doremi. Virgoun direpresentasikan dengan warna hitam dan Budi Doremi dengan warna putih.

Album tersebut merupakan kolaborasi kedua mereka setelah tergabung dalam proyek 'Aku dan Mesin Waktu' pada 2021 tahun lalu. Album 'Dua Warna Cinta' dirilis pada 17 Februari 2022.

Adapun daftar lagu dalam album 'Dua Warna Cinta' yakni:

  • Orang Yang Sama - (Virgoun)
  • Mesin Waktu - (Budi Doremi)
  • Selamat (Selamat Tinggal) - (Virgoun & Audy)
  • Bintang Jatuh - (Budi Doremi)
  • Move On - (Virgoun)
  • Ingat Dirimu Lagi - (Budi Doremi)
  • Saat Hatiku Bertanya - (Virgoun)
  • Maaf Ku Salah - (Budi Doremi)
  • Titik Balik di Hidupku - (Virgoun)
  • Tolong (Ku Sudah Bosan Sendirian) - (Budi Doremi feat. Pingkan & Billy)

Millennial Papa of the Month Edisi Juni 2022 Spesial Hari Ayah Sedunia: Virgoun dan Budi Doremi

Editor in Chief - Sandra Ratnasari 
Senior Editor - Novy Agrina 
Editor - Onic Metheany 
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Sania Chandra Nurfitriana 
Social Media - Irma Ediarti 
Design - Aristika Medinasari 
Photographer - Ely Ricardo
Videographer - Iqbal Pratama, Fikri Muhamad, Krisnaji Iswandani
Stylist - Onic Metheany & Putri Syifa Nurfadilah
Makeup Artist & Hair Do - Kay Mori
Budi Doremi's Jacket - Shining Bright
Starla's Wardrobe - Justice
Banu Syukur and Starla's Shoes - Wilio
Faithlee, Terang, Banu, Umar and Mosa's Wardrobe - Mothercare

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Hari Ayah Sedunia 2022
Millennial Mama

Hari Ayah Sedunia 2022

Virgoun dan Budi Doremi

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk