Ma, Ini Cara Mengatasi Ngantuk Saat Nyetir

Agar tak membahayakan kesehatan, ketahui cara mengatasi ngantuk saat nyetir yuk!

3 Desember 2018

Ma, Ini Cara Mengatasi Ngantuk Saat Nyetir
Freepik

Tak bisa ditampik, salah satu penyebab terjadinya kecelakan di jalan adalah karena kecerobohan manusia dalam berkendara, seperti ngantuk saat nyetir.

Mama yang kerap membawa kendaraan sendiri mungkin pernah mengalami ngantuk saat nyetir terutama saat kondisi tubuh sedang lelah-lelahnya.

Menyetir dalam keadaan mengantuk merupakan hal yang berbahaya Ma.

Mama bisa sulit untuk berkonsentrasi sehingga kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi, termasuk kecelakaan.

Agar kecelakaan akibat ngantuk saat nyetir dapat dihindari, berikut beberapa cara untuk mengatasinya:

1. Mendengarkan musik bertempo cepat

1. Mendengarkan musik bertempo cepat
Freepik

Untuk mengatasi rasa kantuk saat menyetir, Mama dapat menyetel musi dengan tempo cepat dan berirama riang agar rasa kantuk dapat terusir. Atau bisa pula mendengarkan celoteh penyiar radio favorit Mama agar mood menjadi lebih baik dan rasa kantuk menjadi hilang.

2. Minum kopi

2. Minum kopi
Freepik

Cara mengatasi ngantuk saat nyetir berikutnya adalah dengan mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi. Kopi dapat membuat rasa kantuk hilang namun efek dari kopi baru akan muncul setelah setengah jam konsumsi.

3. Tidur sejenak

3. Tidur sejenak
Freepik

Untuk Mama yang membawa kendaraan beroda 4 atau mobil, disarankan untuk segera menepi jika rasa kantuk menyerang. Istirahatkan tubuh sejenak dengan tidur selama 15- 20 menit agar rasa kantuk hilang. Tidur sejenak dapat membuat tubuh Mama terasa lebih bugar.

Editors' Picks

4. Lakukan peregangan

4. Lakukan peregangan
Unsplash/Guilherme Veloso

Jika Mama membawa kendaraan bermotor, menepi sejenak juga disarankan. Mama dapat melakukan peregangan sejenak atau berjalan-jalan sekitar 10 menit untuk mengusir rasa kantuk yang dirasakan. Bergerak aktif dapat membantu pikiran tetap terjaga sehingga dapat kembali fokus dalam berkendara.

5. Berisitrahat setiap dua jam sekali

5. Berisitrahat setiap dua jam sekali
Unsplash/Anja.

Apabila Mama melakukan perjalanan panjang, disarankan untuk meluangkan waktu untuk beristirahat setiap dua jam sekali. Saat beristirahat, luangkan waktu untuk melakukan peregangan atau tidur untuk sejenak. Cara ini dapat mengurangi dan mencegah ngantuk saat berkendara. Sebab menyetir secara terus menerus dapat mebuat tubuh cepat lelah sehingga rasa kantuk bisa saja datang saat berkendara.

6. Minta ditemani

6. Minta ditemani
Freepik/Yanalya

Jika Mama sering ngatuk saat nyetir, disarankan untuk tidak menyetir sendirian. Mama bisa mengajak kerabat atau teman yang memiliki tujuan searah agar ada teman ngobrol selama perjalanan. Mengobrol bisa menghidari rasa kantuk saat berkendara.

Itulah cara mengatasi ngantuk saat nyetir yang bisa Mama lakukan. Jika Mama merasa benar-benar ngantuk, jangan paksakan untuk menyetir ya Ma!