6 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Keluarga

Ada beragam manfaat banyak untuk kesehatan yang tidak bisa Mama sepelekan

14 April 2019

6 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Keluarga
Unsplash/Pille-Riin Priske

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang mengandung vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Dalam bayam, terkandung berbagai macam nutrisi penting muali dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, magnesium, zat besi, folat, kalium, kalsium dan sodium.

Kandungan nutrisi yang beragam ini tentu membawa berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Mama ingin tahu apa saja manfaatnya?

Dilansir dari Boldsky dan Medical Daily, berikut manfaat bayam bagi kesehatan keluarga:

1. Meningkatkan kesehatan mata

1. Meningkatkan kesehatan mata
Freepik

Salah satu manfaat bayam untuk kesehatan adalah meningkatkan kesehatan mata. Hal ini karena dalam bayam terkadung beta karoten, xanthene, dan juga lutein. Ketiga kandungan ini memiliki peran dalam menjaga kesehatan mata.

Dengan memasukkan bayam dan sayuran hijau lainnya ke dalam menu makanan yang Mama konsumsi, risiko untuk mengalami gangguan penglihatan yang berkaitan dengan usia seperti katarak dan degenerasi makula dapat berkurang.

Scripps Research Institute mencatat bahwa ada penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi tiga porsi bayam per minggu dapat menurunkan risiko terkena degenerasi makula sebesar 43 persen.

2. Meningkatkan kesehatan otak

2. Meningkatkan kesehatan otak
Freepik/Katemangostar

Manfaat bayam berikutnya adalah mampu meningkatkan kesehatan otak. Ya, bayam memang dikenal sebagai salah satu sayuran penting yang baik untuk kesehatan otak Ma.

Kandungan mineral yang terkandung pada bayam seperti asam folat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan antioksidan di klaim mampu memmbantu mencegah kerusakan fungsi saraf dan gangguan kognitif otak.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

3. Meningkatkan kesehatan tulang
Freepik

Kandungan vitamin K dan kalsium yang terdapat pada bayam baik untuk kesehatan tulang Ma. Kedua mineral penting bagi tubuh ini mampu meningkatkan kepadatan tulang, mengurangi  risiko patah tulang, dan melawan penyakit osteoporosis dengan baik.

Namun, jangan hanya mengonsumsi bayam saja, Mama juga disarankan untuk mengonsumsi makanan lain seperti kacang kedelai, produk susu, dan makanan bernutrisi lainnya agar mendapatkan gizi yang seimbang.

Editors' Picks

4. Meningkatkan metabolism tubuh

4. Meningkatkan metabolism tubuh
Freepik

Konsumsi bayam juga dapat berefek terhadap metabolisme tubuh. Mama ingin tahu alasannya? Alasannya adalah karena bayam mengandung protein yang cukup tinggi sehingg memiliki dampak yang positif pada sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Bahkan, tingginya kadar protein dalam bayam dapat membuat Mama merasa kenyang lebih lama sehingga rasanya cocok untuk dimasukkan kedalam menu diet.

5. Membuat kulit dan rambut menjadi lebih sehat

5. Membuat kulit rambut menjadi lebih sehat
Freepik

Menurut Megan Ware, ahli gizi di Orlando, Florida, bayam kaya akan vitamin A yang merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan rambut untuk menjaga kelembapannya. Vitamin yang juga dijumpai pada sayur wortel ini juga bermanfaat dalam menunjang pertumbuhan semua jaringan tubuh, tak terkecuali untuk rambut dan kulit.

Selain vitamin A, kandungan vitamin C yang terkandung pada bayam juga memberikan manfaat bagi kesehatan rambut, kuku, dan juga kulit.

6. Mengurangi risiko terserang penyakit kanker

6. Mengurangi risiko terserang penyakit kanker
Unsplash/Marlon Lara

Meski perlu diteliti lebih lanjut, kandungan antioksidan yang terdapat pada bayam diklaim mampu melindungi tubuh dari risiko terkena kanker. 

Tak hanya itu saja, kandungan betakaroten dan vitamin C pada bayam juga dapat menghalangi paparan radikal bebas dan penyebab kanker.

Jadi, tak ada salahnya untuk memasukkan bayam ke dalam menu makanan yang Mama konsumsi meski memang perlu diteliti lebih lanjut terkait khasiatnya dalam memerangi penyakit kanker.

Itulah manfaat bayam bagi kesehatan Ma. Meski bayam membawa manfaat, jangan lupa pula untuk mengonsumsi makanan lain yang mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Sebab dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, tubuh Mama dapat lebih sehat sehingga tidak mudah terserang penyakit. 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!