Jenis Masker yang Ampuh Cegah Penularan Omicron menurut CDC

Apapun jenis maskernya, tentu lebih baik daripada tidak menggunakan masker sama sekali!

17 Januari 2022

Jenis Masker Ampuh Cegah Penularan Omicron menurut CDC
Pixabay/viarami

Di Indonesia, menurut Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tirmizi, hingga Sabtu (15/1) telah ada lebih dari 700 kasus terkonfirmasi positif Omicron. Kabar ini tentunya membuat kita harus lebih waspada dalam menghadapinya ya Ma.

Untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 Omicron, pemerintah telah mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk patuh menjalani protokol kesehatan 5M. Diantaranya, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, serta wajib memakai masker.

Menggunakan masker jadi syarat wajib bagi siapapun yang ingin beraktivitas ke luar rumah. Hal ini bertujuan untuk menjaga diri sendiri dan juga orang lain dari bahaya virus Covid-19 termasuk varian barunya yakni Omicron.

Belum lama ini, pada Rabu 12 Januari 2022 dalam konferensi pers yang diadakan di Gedung Putih, Amerika Serikat, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan penggunaan masker N95 dan KN95 untuk menekan penyebaran virus Covid-19 Omicron.

Dilansir dari Webmd, berikut Popmama.com berikan informasi selengkapnya mengenai jenis masker yang ampuh cegah penularan Omicron menurut CDC. Simak ya Ma!

Editors' Picks

1. Salah satu protokol kesehatan yang wajib ditaati yaitu menggunakan masker

1. Salah satu protokol kesehatan wajib ditaati yaitu menggunakan masker
Pixabay/greenvalleypictures

Sejak pandemi Covid-19, menggunakan masker jadi salah satu syarat wajib bagi siapapun yang akan melakukan aktivitas di luar rumah. Penggunaan masker bertujuan untuk menyelamatkan diri sendiri dan juga orang lain, dari penyebaran virus Covid-19 termasuk varian barunya yakni Omicron.

Kewajiban menjalani protokol kesehatan tentunya membuat penggunaan masker sehari-hari jadi satu hal yang normal dilakukan ya Ma. Dimana mulai dari penggunaan, penyimpanan, pembersihan hingga pembuangan masker bekas pakai, juga sangat perlu untuk diperhatikan guna menghindari kemungkinan tertularnya Omicron.

Namun satu hal yang nggak kalah penting yaitu mengetahui jenis masker apa sih yang ampuh untuk mencegah penularan Omicron. Apalagi virus Covid-19 Omicron diyakini jauh lebih cepat menular dibandingkan dengan varian lainnya.

2. Jenis masker yang ampuh cegah penularan Omicron menurut CDC

2. Jenis masker ampuh cegah penularan Omicron menurut CDC
Thecity.nyc

Menanggapi semakin banyaknya kasus positif Covid-19 Omicron, pada Rabu (12/1) CDC diketahui memberikan pernyataan mengenai rekomendasi masker untuk menekan penyebaran virus Covid-19 Omicron. Masker yang ampuh melawan Omicron tersebut ialah masker jenis N95 dan KN95.

Dilansir dari Webmd, Direktur CDC yakni Rochelle Walensky, mengatakan bahwa saat ini sedang dipersiapkan pembaruan informasi khususnya bagi orang-orang Amerika mengenai berbagai tingkat perlindungan yang diberikan dari masing-masing jenis masker. Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa memilih jenis masker mana yang sesuai untuk mereka.

Menurut Walensky, masker dengan kualitas terbaik dan memberikan perlindungan yang lebih baik, mungkin saja terasa tidak nyaman saat dipakai, harganya terlalu mahal, atau sulit ditemukan. Oleh karenanya, penggunaan jenis masker apapun dirasa lebih baik daripada tidak menggunakan sama sekali Ma.

Namun hal ini tidak mengubah rekomendasi CDC mengenai penggunaan masker N95 dan KN95, yang dinilai lebih efektif cegah Omicron.

3. Cara menggunakan masker yang baik dan benar

3. Cara menggunakan masker baik benar
Pixabay/abrahamsuna
Pria mengenakan masker

Efektifitas penggunan makser tentunya tidak terlepas dari bagaimana cara Mama menggunakannya. Untuk itu selain menggunakan masker sesuai dengan yang direkomendasikan, Mama dan keluarga juga harus memastikan masker digunakan dengan baik dan benar ya.

Berikut ini cara menggunakan masker yang baik dan benar menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO):

  • Pastikan Mama membersihkan tangan sebelum menggunakan masker, sesudah melepaskannya, dan setelah menyentuhnya setiap saat.
  • Pastikan masker menutupi hidung, mulut dan dagu.
  • Setelah menggunakan masker medis, lepaskan dan simpan masker bekas ke dalam kantong plastik bersih kemudian buang ke tempat sampah.
  • Setelah menggunakan masker kain, pastikan masker dicuci setiap hari.
  • Hindari penggunaan masker dengan katup.

Nah, demikianlah informasi mengenai jenis masker yang ampuh cegah penularan Omicron menurut CDC. Pada kenyataanya, penggunaan masker saja memang tidak cukup untuk memberikan perlindungan yang memadai terhadap penyebaran virus Covid-19 Omicron.

Untuk itu Mama dan keluarga juga dihimbau mentaati protokol kesehatan seperti menjaga jarak fisik dengan orang lain, rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas. Selain itu gunakan tisu atau sikut yang tertekuk, setiap kali batuk maupun bersin ya.

Tentunya ini semua dilakukan demi kesehatan dan keselamatan kita bersama Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk