3 Doa yang Sebaiknya Dibaca saat Banjir Melanda

Diharapkan dengan membacanya, banjir bisa segera surut

20 Februari 2021

3 Doa Sebaik Dibaca saat Banjir Melanda
Pixabay/j_lloa

Hujan deras yang melanda Jakarta dan sekitarnya sejak kemarin membuat sejumlah wilayah kebanjiran. Sebelumnya BPBD memang sudah memprediksi bahwa hujan deras akan melanda wilayah Jabodetabek selama dua hari. Untuk itu masyarakat diminta waspada akan musibah banjir yang mungkin terjadi.

Saat hujan deras terjadi dan menimbulkan musibah banjir ada baiknya kita berdoa agar diberikan kesabaran dan agar banjir segera surut.Berikut Popmama.com merangkum beberapa doa saat banjir melanda:
 

Editors' Picks

1. Doa Nabi Muhammad agar memalingkan hujan

1. Doa Nabi Muhammad agar memalingkan hujan
Pixabay/guvo59

Allahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa. Allahumma ‘alal aakaami wadz dzirabi wa buthuunil awdiyati wa manabitis syajari

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, jangan yang merusak kami. Ya, Allah! turunkanlah hujan di dataran tinggi, di bukit-bukit, di perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

Doa tersebut disebutkan dalam hadits Anas bin Malik, ketika hujan tak kunjung berhenti dalam sepekan, Nabi Muhammad SAW lantas memohon kepada Alloh SWT agar cuaca kembali cerah (HR. Bukhari no.1014 dan Muslin no.897).

Maksud dari doa tersebut adalah untuk memalingkan hujan dari pusat kehidupan. Diharapkan hujan bisa turun di daerah pegunungan dan lembah tempat air bisa dimanfaatkan untuk sumber penghidupan hewan dan tumbuhan. Dengan curah hujan yang segera bergeser, diharapkan banjir bisa segera surut.

2. Doa ketika turun hujan yang tidak membahayakan

2. Doa ketika turun hujan tidak membahayakan
Freepik/Torwaiphoto
Dok. Jovee

Saat dimulai turun hujan, kita sebaiknya bersyukur dan memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Allahumma shoyyiban nafi'an

Artinya: "Ya Allah, turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat."

Dengan doa tersebut diharapkan hujan yang turun bisa memberikan manfaat dan tidak mendatangkan musibah.

3. Doa saat hujan lebat disertai angin kencang

3. Doa saat hujan lebat disertai angin kencang
Pexels/Bibhukalyan Acharya

Hujan lebat yang disertai angin kencang seringkali diakhiri dengan musibah banjir. Untuk itu, kita sebaiknya berdoa.

Alloohumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya: "Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya."

Dalam satu hadits, Imam Muslim meriwayatkan bahwa saat hujan disertai angin kencang, Rasulullah SAW membacakan doa tersebut.

Dengan membacakan tiga doa saat banjir tersebut, diharapkan musibah banjir segera surut dan kita bisa mendapatkan manfaat dari hujan yang turun. Semoga kita semua dijauhkan dari musibah banjir ya, Ma. Untuk Mama yang sedang menghadapi musibah banjir semoga segera surut dan sehat selalu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.