Supermom Sharing, Wadah Para Mama untuk Curhat seputar Parenting

Dukungan komunitas penting untuk mama baru

3 Maret 2021

Supermom Sharing, Wadah Para Mama Curhat seputar Parenting
Dok. Supermom Sharing

Menjadi seorang mama kerap membawa perubahan besar bagi perempuan. Kebiasaan yang berubah dan tanggung jawab yang bertambah sering membuat banyak mama merasa kewalahan. Meski hal tersebut tidak mengurangi kasih sayang untuk si Kecil.

Namun, menjalani peran sebagai mama tidak bisa sendirian. Diperlukan dukungan pasangan, keluarga, dan lingkungan sekitar. Apalagi bagi Mama yang baru pertama kali memiliki anak. Salah satu dukungan yang bisa Mama dapatkan adalah dengan bergabung bersama komunitas sesama mama.

Berikut Popmama.com akan mengupas pentingnya komunitas untuk mama baru dan satu komunitas yang menjadi tempat curhat para mama seputar parenting. Yuk simak bersama!

1. Supermom Sharing ingin menjadi tempat berbagi para Mama

1. Supermom Sharing ingin menjadi tempat berbagi para Mama
Dok. Supermom Sharing

Terbentuknya komunitas Supermom Sharing berawal dari banyaknya respon banyak mama di Indonesia yang membutuhkan akses informasi terkait parenting serta membutuhkan tempat untuk berbagi.

Namun keterbatasan waktu dan kesempatan membuat kehidupan mama-mama tersebut seakan tertutup. Bahkan tak jarang yang merasa jenuh dengan aktivitas kesehariannya.

Lalu muncul gagasan untuk membentuk komunitas berbasis online yang menyediakan wadah berbagi serta memfasilitasi akses informasi dan ilmu pengetahuan untuk para mama di Indonesia melalui media sosial. Dengan begitu, Mama tidak harus ke luar dari rutinitas untuk bisa mendapatkan ilmu dan berinteraksi dengan banyak mama lainnya.

Editors' Picks

2. Rutin menggelar diskusi via Whatsapp

2. Rutin menggelar diskusi via Whatsapp
Pexels/Anton

Kehadiran member yang berasal dari seluruh Indonesia membuat komunitas Supermom Sharing menjadi lebih semarak. Mereka pun ingin menjadikan member selayaknya teman yang bisa berbagi informasi dan pengalaman kepada member lainnya.

Saat ini mereka rutin menggelar diskusi via Whatsapp dengan tema berbeda setiap harinya. Tema makeup dan skincare di hari Senin, kitchen dan culinary di hari Selasa, seputar ibu di hari Rabu, seluk beluk mengenai anak di hari Kamis, dan market day serta nostalgia di hari Jumat. Ada juga waktu-waktu di mana member bebas untuk menceritakan apa saja.

"Kami memfasilitasi para member untuk bisa sharing mengenai apa saja di grup WhatsApp, karena salah satu harapan kami adalah menjadikan grup ini sebagai tempat yang aman dan suportif tanpa judgement bagi para ibu untuk bisa bercerita," ucap Irma Sari Fitriana - founder Supermom Sharing, kepada Popmama.com.

3. Mengadakan edukasi online selama pandemi

3. Mengadakan edukasi online selama pandemi
Dok. Supermom Sharing

Pandemi virus corona tidak menghalangi komunitas ini untuk memberikan edukasi kepada seluruh mama di Indonesia. Selain mengadakan diskusi terbatas di Whatsapp grup, mereka juga rutin mengadakan Whatsapp seminar, Instagram live, dan Forum Group Discussion (FGD) dengan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya.

"Selain seminar online, kami juga pernah mengadakan workshop dan kelas offline, baik yang kami selenggarakan sendiri atau bekerja sama dengan pihak lain," ucap Irma.

4. Berharap para member bisa mengedukasi diri sendiri dan lingkungan

4. Berharap para member bisa mengedukasi diri sendiri lingkungan
Dok. Supermom Sharing

Dengan dihadirkannya sesi berbagi di Whatsapp Grup dan juga berbagai kelas baik online maupun offline, Supermom Sharing berharap para member bisa mengedukasi diri sendiri. Lalu kemudian meneruskan informasi yang didapatkan ke lingkungan terdekat hingga nanti bisa mencapai masyarakat yang lebih luas.

"Untuk mencapai hal tersebut kami berusaha menjadikan grup WhatsApp kami sebagai tempat yang nyaman untuk belajar, terutama belajar dari pengalaman sesama ibu yang bisa memperkaya pengetahuan member," tambah Irma.

Mama bisa bergabung menjadi anggota komunitas ini dengan cara mengisi formulir yang dibagikan di Instagram Supermom Sharing saat program open recruitment berlangsung. Lalu bagi member yang terpilih akan langsung diundang bergabung di grup WhatsApp Supermom Sharing. Bagi yang tidak terpilih bergabung di grup WhatsApp, tetap dapat menjadi bagian dari komunitas Supermom Sharing, dengan mengikuti media sosial dan mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan.

5. Pentingnya kelompok pendukung sesama mama untuk mama baru

5. Penting kelompok pendukung sesama mama mama baru
Pexels/RF Studio

Sebuah penelitian terhadap ibu baru yang dilakukan oleh University of Washington menemukan bahwa mama yang mendapatkan dukungan kuat dari komunitasnya, memiliki tingkat stres yang lebih rendah dan lebih optimis dalam mengasuh anak.

Hal tersebut kemudian akan membentuk anak yang sehat, percaya diri, dan memiliki ikatan emosional yang baik dengan orangtua.

Merujuk dari hasil penelitian tersebut, maka penting untuk para mama bisa saling mendukung satu sama lain. Bagaimanapun pola asuh yang dilakukan seorang mama, kita tidak berhak untuk menghakiminya. Berikan dukungan dan menyebarkan informasi valid dari ahli cukup membantu seorang mama untuk menjalani peran barunya.

Itulah informasi seputar pentingnya komunitas untuk Mama baru. Komunitas apa saja nih yang sudah Mama ikuti?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.