Komunitas Pejuang ASI Indonesia: Support System untuk Ibu Menyusui

Support system menjadi salah satu kunci sukses menyusui

3 Agustus 2020

Komunitas Pejuang ASI Indonesia Support System Ibu Menyusui
Instagram.com/pejuangasiindonesia

ASI memang suatu cairan alami yang akan ke luar segera setelah bayi lahir. Tetapi keberhasilan menyusui tentu saja menjadi sesuatu yang harus diusahakan.

Seringkali  aktivitas menyusui menimbulkan banyak tantangan bagi ibu menyusui. Maka, diperlukan usaha yang keras untuk dapat menyusui si Kecil.

Salah satu faktor kesuksesan menyusui bagi seorang mama adalah adanya support system. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa seorang mama yang mendapatkan dukungan lebih sukses dalam menyusui dibandingkan yang tidak mendapat dukungan.

Salah satu sumber supprot system yang bisa Mama dapatkan ialah bila bergabung dengan komunitas ibu menyusui. Di sana, Mama bisa berbagi dengan para mama yang juga sedang menyusui.

Di antara banyaknya komunitas pendukung ibu menyusui, Mama bisa bergabung dengan Komunitas Pejuang ASI Indonesia.

Apa saja bentuk dukungan yang bisa Mama dapatkan dari Komunitas Pejuang ASI Indonesia? Berikut Popmama.com merangkum informasinya untuk Mama:

1. Didampingi langsung oleh konselor laktasi

1. Didampingi langsung oleh konselor laktasi
Instagram.com/pejuangasiindonesia

Komunitas Pejuang ASI Indonesia berdiri dilatarbelakangi semangat solidaritas para ibu menyusui yang kerap menemukan tantangan dalam proses menyusui, baik menyusui eksklusif selama 6 bulan hingga menyusui penuh selama 2 tahun. 

Berawal dari semangat solidaritas dan membentuk support system inilah Komunitas Pejuang ASI Indonesia didirikan pada Mei 2016. Harapannya, sesama ibu menyusui dapat saling memberi informasi dan dukungan seputar proses menyusui hingga tumbuh kembang anak. 

Istimewanya lagi, bila Mama bergabung di komunitas ini, perjalanan menyusui mama akan didampingi langsung oleh dr. Ameetha Drupadi, selaku founder sekaligus konselor laktasi.

Editors' Picks

2. Pendampingan 24 jam dengan sesama anggota komunitas

2. Pendampingan 24 jam sesama anggota komunitas
Instagram.com/pejuangasiindonesia

Kita tidak pernah tahu kapan masalah menyusui itu datang. Seolah menyadari hal tersebut, maka para anggota komunitas pejuang ASI Indonesia siap mendengarkan curahan hati para mama kapan pun dibutuhkan melalui grup whatsapp.

Saat ini sudah ada 2500 mama yang bergabung dengan grup whatsapp Pejuang ASI Indonesia. Mama juga bisa menambah wawasan seputar menyusui melalui akun Instagram @pejuangasiindonesia.

3. Banyak kelas yang dapat menyukseskan menyusui

3. Banyak kelas dapat menyukseskan menyusui
Instagram.com/pejuangasiindonesia

Bukan hanya bisa berbagi lewat grup whatsapp, Mama juga bisa mengikuti berbagai kelas yang sering diadakan oleh Pejuang ASI Indonesia, agar dapat sukses menyusui. Beberapa kelas yang sering diadakan di antaranya kelas teknik memerah ASI untuk ibu bekerja, kelas MPASI, hingga pijat bayi.

Wah, pasti sangat berguna ya Ma semua kelas-kelas tersebut!

4. Meningkatnya kesadaran menyusui di Indonesia

4. Meningkat kesadaran menyusui Indonesia
Instagram.com/pejuangasiindonesia

Menurut dr. Ameetha, dengan keterbukaan informasi saat ini, kesadaran untuk menyusui para mama di Indonesia sudah semakin besar.

“Hanya saja, terkadang mereka masih membutuhkan support system yang berfungsi sebagai penyemangat di luar dukungan suami dan keluarga. Karena itulah kami hadir untuk memberikan semangat kepada seluruh ibu menyusui di Indonesia,” ucap dr. Ameetha secara khusus kepada Popmama.com.

5. Ini masalah klasik dalam menyusui

5. Ini masalah klasik dalam menyusui
Freepik

Selain kurangnya dukungan atau support system pada ibu menyusui, beberapa masalah yang kerap terjadi dalam menyusui di antaranya bingung puting, perlekatan yang kurang tepat, atau posisi menyusui yang kurang maksimal hingga bayi tidak mendapatkan asupan ASI yang cukup.

Selain itu, juga masalah tongue tie atau lip tie yang kerap menjadi masalah klasik dalam menyusui dan sering tidak disadari.

Untuk meminimalkan terjadinya masalah menyusui di atas, penting untuk para calon mama membekali diri dengan informasi seputar teknik menyusui sejak masa kehamilan.

Saat ini banyak sumber informasi yang bisa Mama peroleh di internet dan media sosial, di antaranya melalui website dan media sosial Popmama.com, yang bisa Mama dapatkan secara gratis.

Yuk, berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mengASIhi si Kecil.

Itulah informasi seputar support system menyusui yang bisa Mama dapatkan dari Komunitas Pejuang ASI Indonesia. Happy breastfeeding week, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.