7 Tips Liburan ala Keluarga Ringgo dan Sabai

Kalau Mama follow IG orangtuanya Bjorka, pasti ingin liburan kayak mereka. Seru!

6 April 2018

7 Tips Liburan ala Keluarga Ringgo Sabai
Instagram.com/ringgoagus

Pasangan Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck sering banget mengajak anak semata wayang mereka, Bjorka, berjalan-jalan. Mereka sudah bisa deh jadi panutan untuk inspirasi liburan keluarga.

Nah, mumpung sebentar lagi banyak libur panjang dan ada travel-travel fair bertebaran, Popmama.com mengundang Ringgo untuk memberikan tips liburan keluarga.

Yuk, simak tips dari mereka!

1. Cari liburan yang murah

1. Cari liburan murah
Instagram.com/ringgoagus

Kata Ringgo, liburan bisa lebih murah daripada diam di rumah, lho.Nah, tapi Mama mesti pintar mencari cara agar liburan benar-benar ramah di dompet. Ini caranya:

  • Cari tiket transportasi di travel fair. “Biasanya nih, travel agent dan airlines banting harga, jadi tiket transportasi, apalagi kalau pakai pesawat, menjadi yang paling mahal, kan,” kata Ringgo.
  • Cari tempat menginap melalui aplikasi. “Pergi bersama Bjorka berarti perlu tempat yang nyaman. Biasanya, kami cari rumah yang disewakan secara online. Nah, kalau rumahnya punya dua atau tiga kamar, bisa sharing kan sama teman lain,” kata laki-laki yang terkenal sebagai komedian.
  • Untuk makan, biasanya Sabai dan Ringgo memilih memasak sendiri. Itu keuntungan lebih jika memilih menyewa rumah daripada hotel. Di Rumah yang tersedia dapur, memasak bisa saja dilakukan. Rumah yang dilengkapi mesin cuci malah lebih oke lagi. “Sebab, saya pernah nih menghitung, selain tiket pesawat, biaya makan adalah pengeluaran yang cukup besar, bisa masak sendiri atau beli masakan beku dan tinggal dihangatkan bakal lebih hemat. Nah, mesin cuci, bikin hemat urusan laundry dan gak repot-repot isi koper baju kotor semua,” jelas Ringgo.

2. Percayakan urusan persiapan libur pada “ahlinya”

2. Percayakan urusan persiapan libur “ahlinya”
Instagram.com/ringgoagus

Siapa di antara Mama dan Papa yang lebih ahli untuk packing perlengkapan liburan, paling betah mengantri di travel fair, atau membaca satu per satu rekomendasi tempat wisata?

Sebenarnya Mama dan Papa bisa saling berbagi tugas. Misalnya, jika bepergian dengan mobil sendiri, Papa bagian mengecek kesiapan kendaraan dan Mama yang mempersiapkan isi koper. Mama yang mencari penginapan secara online dan Papa yang mengantri di travel fair.

Cukup adil, kan?

“Tips penting adalah Papa harus pasrah sama ahlinya. Sabai ahli banget tuh packing barang-barang. Kalau saya, bahkan semua barang yang harus dibawa aja gak bisa masuk koper, lho. Sampai pernah ke luar negeri, gak bawa celana dalam. Jadi, urusan packing, saya serahkan ke istri saja,” cerita Ringgo.

Baca Juga: 10 Tips Packing Koper Liburan Si Bayi

 

3. Siapkan itinerary

3. Siapkan itinerary
Instagram.com/ringgoagus

Mau kemana di tempat libur?

Diskusikan perjalanan keluarga dengan semua yang akan ikut pergi. Pastikan juga jadwal sesuai dengan waktu aktif dan istirahat anak-anak supaya mereka bisa menikmati liburan.

“Paling gampang kalau menetapkan mau pergi kemana adalah dengan terlebih dahulu menetapkan tujuan berlibur. Biasanya, Sabai yang menentukan bakal jalan kemana saja, lalu Bjorka yang menentukan ‘waktu’ perjalanan. Artinya segala aktivitas harus sesuai dengan jam biologis anak. Jangan sampai dipaksa, nanti anaknya gak happy, mamanya juga cranky, Papa pasti pusing deh,” Ringgo memperingatkan Popmama.com.

Editors' Picks

4. Cek dan ricek rekomendasi dari traveler lain

4. Cek ricek rekomendasi dari traveler lain
Instagram.com/ringgoagus

Jika memilih tempat wisata, penginapan, dan tempat makan secara online, perhatikan benar-benar rekomendasi dari orang lain. Testimoni orang yang sudah pernah datang atau menginap di suatu tempat bisa menjadi pertimbangan Mama.

“Ingat! Jangan tergoda sama foto-fotonya saja. Perhatikan bagaimana tamu sebelumnya merekomendasi atau mengomentari tempat-tempat itu ya!” kata Ringgo.

Mama juga harus memerhatikan peta lokasi, tetapkan tujuan wisata dan pastikan untuk mencapainya tidak terlalu merepotkan.

“Biar hemat, jangan kemana-mana naik taksi karena jarak yang terlalu jauh. Sabai tuh rajin banget dan teliti mencari tempat nginap yang kemana-mana bisa ditempuh jalan kaki atau naik kendaraan umum. Ini superhematnya, lho,” ungkap pemain film Get Married ini.

5. Ingat bawa kamera

5. Ingat bawa kamera
Instagram.com/ringgoagus

Ini benda paling berharga yang harus dibawa keluarga Sabai-Ringgo: KAMERA.

Sabai dan Ringgo punya kamera masing-masing dan mereka seringkali bergantian menjadi fotografer. Keuntungan pakai kamera masing-masing, kata Ringgo, adalah Mama bakal mendapat banyak pose natural dari anak-anak dan Papa.

“Kalau kameranya satu dan rebutan, keburu pose orang yang diajak foto,” kata Ringgo sambil terbahak.

Satu hal lagi, yang membuat kamera menjadi barang penting adalah, sibuk bikin foto keren buat di-upload di media sosial bakal menekan nafsu belanja.

“Karena sibuk berpikir dimana ada tempat keren buat foto, jadi lupa belanja deh. Coba perhatikan, tempat belanja biasanya juga kurang keren buat dijadikan tempat foto kan?” kata Ringgo.

6. Cari tempat main murah

6. Cari tempat main murah
Instagram.com/ringgoagus

Kalau bawa anak-anak, mereka tidak perlu kok liburan di tempat supermewah. Sabai mengingatkan kalau kebutuhan anak-anak sebenarnya hanya diberi kesempatan untuk bergerak.

Jadi, pesan dari pasangan yang hobi jalan-jalan ini adalah, “Cari tempat yang luas, biar anak-anak bisa lari-lari. Lebih enak lagi, kalau mencari kota-kota yang punya tempat bermain. Di playground sudah pasti anak-anak bisa senang beraktivitas dan bermain dengan anak-anak lain.”

7. Cek balance kartu kredit

7. Cek balance kartu kredit
Instagram.com/ringgoagus

Ini yang paling sulit menurut Ringgo dan Sabai: Menjaga rekening tagihan kartu kredit tetap terkendali.

“Sedekat-dekatnya liburan, sehemat-hematnya perjalanan, pasti ada pengeluaran. Hati-hati mengendalikan diri untuk pakai kartu kredit. Jangan sampai pulang liburan sibuk bayar hutang. Haha,” jawab mereka.

Baca Juga: Liburan Selesai, 6 Cara Ini Bantu Mama Memulihkan Kondisi Keuangan

 

8. Prioritas kebahagiaan

8. Prioritas kebahagiaan
Instagram.com/ringgoagus

Sabai dan Ringgo mengingatkan tujuan liburan: refreshing dari rutinitas agar keluarga tetap rukun dan bahagia. Jadi, memprioritaskan kebahagiaan pasangan dan anak adalah hal utama.

“Prioritas saya, habis liburan Sabai bahagia, lalu anak bahagia juga. Nah, buat Sabai, mungkin prioritasnya kebahagiaan saya. Mungkin. Mungkin, ya...” canda Ringgo.

Bagaimana liburan Mama?
Yuk, siap-siap!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.