Alasan Mama Harus Ajak si Kecil Nikmati Instalasi Seni ke Lucid Dream

Mengikuti tren pameran seni instalasi, Lucid Dream berusaha memberikan seni yang berbeda

24 Juni 2019

Alasan Mama Harus Ajak si Kecil Nikmati Instalasi Seni ke Lucid Dream
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

Masyarakat Indonesia konon sedang melek seni. Berbagai pameran seni sedang marak digelar. Sebagian besar memadukan seni rupa dengan kebutuhan masyarakat saat ini yaitu update status di media sosial. Jadi, hukum wajib pameran seni adalah memberikan tempat untuk masyarakat membuat foto bagus berlatar seni instalasi.

Salah satu pameran seni yang memadukan semua hal itu adalah Lucid Dream. Pameran seni yang digagas oleh promotor acara Outside The Box Indonesia ini diadakan di Pakuwon Mall Surabaya.

Berikut fakta menarik tentang Lucid Dream yang bisa menjadi pertimbangan untuk Mama mengajak keluarga ke pameran tersebut.  

1. Pameran seni instalasi pertama di Surabaya

1. Pameran seni instalasi pertama Surabaya
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

Lucid Dream adalah pameran instalasi seni pertama yang diadakan di Surabaya.  Lucid Dream adalah pameran seni yang punya cerita, yaitu perjalanan impian Luna, seorang gadis kecil. 

Tamara dari Outside The Box Indonesia yang ditemui Popmama.com di Pakuwon Mall mengatakan pameran ini dibuat karena mereka melihat pameran serupa telah banyak digelar di Jakarta dan Yogyakarta. Mereka, kemudian berinisiatif mengumpulkan seniman-seniman lokal Surabaya untuk mengadakan pameran seni serupa. 

Tema mimpi dipilih karena dunia mimpi itu sureal dan penuh imajinasi. Maka eksplorasi seni yang bisa dibuat lebih tanpa batas.  

2. Semua karya dilukis di atas material bukan ditempel

2. Semua karya dilukis atas material bukan ditempel
Dok. IDN Times

Ini yang paling keren dari pameran seni Lucid Dream, semua instalasi dilukis di tempat. Mereka tidak memakai materi print dan stiker sehingga hasil instalasi seni, jika difoto lebih bersih dan tampak lebih nyata. Keahlian para seniman membuat dimensi dan memadukan warna sangat patut diacungi jempol. Tidak akan bosan membuat foto-foto cantik di setiap sudutnya. 

Jika ada instalasi berupa patung-patung, itu pun dibuat dari akrilik atau bahan styrofoam yang diperkuat dengan akrilik sehingga dijamin, sampai hari terakhir pameran, yaitu di bulan Juli nanti, semua instalasi masih akan dalam kondisi sempurna. 

Editors' Picks

3. Memadukan seni dan teknologi

3. Memadukan seni teknologi
Dok. IDN Times

Ini adalah bagian paling keren dan harus menjadi alasan utama untuk Mama mengajak keluarga ke Lucid Dream. Seniman-seniman yang tergabung di pameran ini memadukan seni dan teknologi. Setiap ruang dibangun dengan nuansa yang beragam dan berbeda.

Teknologi cahaya dipakai di ruang yang menggambarkan mimpi tentang angkasa luar dan hutan kunang-kunang. Di hutan kunang-kunang, jika cahaya yang ditembak ke dinding disentuh, maka gambar daun dna pohon bisa berubah menjadi jutaan kunang-kunang warna-warni. 

4. Ragam materi yang kaya dan penuh imajinasi

4. Ragam materi kaya penuh imajinasi
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

Di instalasi Lucid Dream, Mama bisa membuka mata anak-anak tentang betapa kreativitas bisa sangat luas dan beragam bentuknya. Materi untuk membuatnya pun sangat bermacam-macam. Di Lucid Dream, instalasi seni dibuat dari materi kayu, triplek, styrofoam, kardus, benang, plastik, kertas, akrilik, dan materi-materi lain yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. 

“Di instalasi pisang, kami memadukan wewangian pisang dengan materi bentuk pisang yang dibuat dari bahan spons mirip squishy,” kata Tamara. 

Instalasi di Lucid Dream, bukan sekadar benda sebab semua memiliki cerita dan jangan khawatir kebingungan sebab akan ada pemandu yang menjelaskan makna setiap karya. Yang juga penting, si Pemandu bisa memandu Mama mengambil foto keren.

5. Harga tiket murah untuk seni berkualitas 

5. Harga tiket murah seni berkualitas 
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

Harga tentu menjadi relatif jika dibandingkan dengan kualitas dan pengalaman yang didapatkan. Di hari biasa, harga tiket pameran Rp 55.000 dan weekend Rp 88.000. Ini terbilang murah jika Mama bisa membuka wawasan anak mama tentang betapa luasnya dunia seni dan betapa tak terbatasnya imajinasi serta kreativitas.

Sudah siap bertualang? Yuk ke pameran ini!

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!