hanco

6 Alasan untuk Pakai Tumbler, Bukan Sekadar Penghematan, Lho!

Pakai tumbler sendiri saat membeli minuman bukan sekadar tren, tapi juga penghematan dan lebih sehat

16 November 2019

6 Alasan Pakai Tumbler, Bukan Sekadar Penghematan,
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

Gaya hidup kota besar saat ini adalah mengonsumsi minuman panas atau dingin dengan segala variasi rasa. Efek dari gaya hidup baru ini, sampah plastik menggunung. Ya, bayangkan saja gelas, penutup gelas, dan sedotan yang semuanya pakai plastik. Salah satu efek negatif lainnya adalah pengaruh buruk ke kesehatan karena terlalu banyak minum minuman manis. 

Namun, gaya hidup baru ini tidak selalu buruk. Minum minuman yang disuka, sesuai selera, bisa mengurangi stres. Jika jiwa sehat maka produktivitas juga bisa meningkat. 

Jika Mama senang belanja minuman kekinian atau menikmati bekal minuman buatan sendiri dan ingin cita rasanya awet, Mama harus memikirkan untuk punya wadah minuman atau tumbler.

Tumbler ada berbagai bentuk dan jenis. Bisa terbuat dari kaca, stainless steel, atau plastik yang bisa dipakai berulang kali. 

Popmama.com mengumpulkan 6 alasan kuat agar Mama menyediakan tumbler sebelum menikmati minuman kesukaan.

1. Pakai tumbler lebih hemat

1. Pakai tumbler lebih hemat
Unsplash/bady qb

Tentu saja, menyediakan tumbler mirip investasi. Tumbler yang berkualitas bagus tentu harganya juga bisa mahal. Namun, sekarang hitung berapa penghematan yang Mama dapat. 

  • Pakai tumbler sendiri membuat Mama tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli gelas plastik. 
  • Beberapa tempat penjualan minuman memberikan diskon dan promosi pembelian khusus untuk pelanggannya yang membawa tumbler. 
  • Punya tumbler sendiri memungkinkan Mama membawa minuman racikan sendiri. Tidak perlu membeli kan?

2. Berpartisipasi menjaga lingkungan hidup

2. Berpartisipasi menjaga lingkungan hidup
flickr.com/ Oliver Hallmann

Memakai tumbler sendiri artinya Mama tidak ikut berkontribusi dalam membuat sampah plastik, kertas, karton, dan lainnya yang menjadi bagian dari gelas yang dipakai saat membeli minuman kekinian.

Mama tentu sudah tahu bahwa sampah plastik tidak mudah diuraikan oleh alam. Belum lagi, sampah plastik berukuran mikro membuat mahluk hidup terancam bahaya.

Plastik yang termakan oleh hewan, misalnya bisa membuat mereka mati. 

3. Menjaga keberlangsungan sumber daya alam

3. Menjaga keberlangsungan sumber daya alam
pixnio/Public Domain

Jika plastik sekali pakai bisa merusak alam, wadah minuman dari karton juga tidak terlalu ramah lingkungan. Karton pembuat gelas diambil dari serat kayu yang berasal dari pohon-pohon di hutan.

Artinya, semakin banyak gelas karton terpakai, maka semakin banyak pohon perlu ditebang, kan? Nah, jika hutan gundul, bumi seperti apa yang akan diwariskan ke anak cucu mama?

Editors' Picks

4. Lebih terjamin kesehatan dan kebersihannya

4. Lebih terjamin kesehatan kebersihannya
pixabay.com/JuliaMosiychuk

Satu keuntungan lain dari penggunaan tumbler sendiri adalah keberishan dan kesehatan yang lebih terjamin. Mama hanya perlu membersihkan tumbler dengan sikat botol, memasukan air dan sabun cuci untuk membersihkan bagian dalamnya.

Jika setelah digunakan untuk membawa minuman, dan tumbler agak berbau, tuang perasan air jeruk nipis dan air hangat untuk menghilangkan baunya. Mudah kan? 

5. Aroma minuman lebih terasa

5. Aroma minuman lebih terasa
Pxhere/CC0 Public Domain

Tumbler berkualitas akan mempertahankan aroma minuman. Misalnya, Mama suka membawa kopi, maka tumbler yang baik tidak akan membuat aroma minuman jadi cepat hilang.  

“Kualitas tumbler yang baik, bisa menjaga kualitas kopi kami. Cita rasa khas kopi bisa bertahan di suhu panas atau dingin jika memakai tumbler yang tepat,” kata Billy Kurniawan, Business Owner Kopi Janji Jiwa di acara peluncuran tumbler kolaborasi LOCK&LOCK, Kopi Janji Jiwa, dan seniman mural Darbotz, pekan lalu.

6. Kualitas minuman lebih terjaga

6. Kualitas minuman lebih terjaga
Pxhere/CC0 Public Domain

Tumbler yang bagus bisa membuat minuman kesukaan mama yang panas atau dingin bertahan di suhu itu dengan lebih lama. Hal ini tidak akan terjadi jika Mama memakai gelas plastik atau gelas karton, sebab suhu tidak bisa terjaga. 

“Tumbler yang baik memiliki desain yang memakai teknologi untuk mempertahankan suhu panas atau dingin. Bahkan, sekarang 1 tumbler bisa dipakai untuk membawa minuman panas dan dingin bergantian tanpa merusak si tumbler,” kata Artini Asputri, Public Relation LOCK&LOCK.

Jadi pilih mana, tumbler atau gelas plastik? Pilihan di tangan Mama nih.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!