Anti Ribet! Begini Cara Booking Hotel Online dengan 6 Langkah Mudah

Lebih simpel dan mudah!

28 Januari 2020

Anti Ribet Begini Cara Booking Hotel Online 6 Langkah Mudah
Freepik/Katemangostar

Saat ini proses booking hotel semakin mudah dengan adanya penyedia situs booking hotel online. Kamu yang ingin bepergian pun tidak perlu lagi repot-repot berkeliling dan bertanya harga serta fasilitas yang disediakan hotel.

Pasalnya, situs booking online pasti akan memberikan informasi yang kamu butuhkan secara lengkap di aplikasinya.

Namun, bagi kamu yang belum bisa memesan hotel secara online, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa langkah mudah yang dapat kamu lakukan.

1. Cari hotel yang kamu inginkan

1. Cari hotel kamu inginkan
Unsplash.com/Christin Hume

Cara booking hotel online harus diawali dengan langkah yang berikut ini. Di dalam aplikasi maupun situs hotel online, terdapat fitur search yang bisa kamu pilih berdasarkan nama hotelnya atau daerah yang sedang kamu kunjungi.

Kamu juga bisa mencari hotel yang berada di sekitar landmark yang sedang kamu kunjungi. Tentu ini akan semakin mudah menjangkau hotel saat berada di sekitar landmark.

2. Pilih hotel yang sesuai dengan keinginanmu

2. Pilih hotel sesuai keinginanmu
Pexels/Bruce Mars

Selanjutnya adalah memilih beberapa pilihan hotel yang tersedia di sekitar daerah atau landmark yang kamu tuju.

Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan budget. Sebisa mugkin pilihlah fasilitas hotel yang baik dengan harga yang terjangkau.

Untuk harga dan fasilitas, biasanya sudah ditampilkan secara jelas di website atau aplikasinya, bahkan kamu bisa memiliki peluang untuk mendapatkan diskon pada momen-momen tertentu.

3. Booking hotel yang telah dipilih

3. Booking hotel telah dipilih
Freepik/Jcomp

Setelah melihat beberapa pilihan penginapan di situs atau aplikasi booking hotel online, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melakukan booking hotel.

Pilihlah tipe kamar dan tentukan apakah harga kamar tersebut sudah termasuk fasilitas sarapan atau belum berdasarkan keterangan yang ingin kamu booking di halaman detail hotel.

Informasi hotel yang ditampilkan biasanya cukup lengkap, mulai dari tipe kamar, fasilitas yang dimiliki, dan juga desinasi wisata disekitar hotel.

Editors' Picks

4. Isi data diri secara lengkap

4. Isi data diri secara lengkap
Freepik/tirachardz

Setelah melakukan pemesanan kamar hotel, langkah selanjutnya adalah mengisi informasi data diri yang dibutuhkan untuk proses booking hotel online.

Pastikan mengisi data diri dan tamu secara benar untuk menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya.

5. Bayar hotel yang sudah kamu pesan

5. Bayar hotel sudah kamu pesan
Pexels/EVG Photos

Setelah menemukan hotel yang cocok untuk berlibur, selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Biasanya situs atau aplikasi booking online dilengkapi dengan pilihan pembayaran yang beragam.

Tidak hanya dengan kartu kredit, pembayaran juga bisa dilakukan melalui bank transfer, setor di Alfamart, Indomaret, Alfamidi, atau mobile banking.

Pilihlah metode pembayaran yang sesuai dengan keinginanmu dan lakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang tertera di invoice.

Pastikan tidak melewati batas waktu pembayaran, karena jika terlewat, secara otomatis pemesannya akan dibatalkan.

6. Simpan kode booking hotel yang dikirim melalui email

6. Simpan kode booking hotel dikirim melalui email
Freepik/Yanalya

Setelah pembayaran, kurang lebih 60 menit setelah terkonfirmasi, kode booking hotel akan dikirimkan melalui e-mail.

Kode booking hotel tersebut dapat kamu tunjukan kepada pihak hotel sebagai bukti bahwa kamu sudah melalukan booking hotel secara online melalui situs resmi atau aplikasi.

Jika selama proses chek in ternyata terjadi masalah, kamu bisa langsung meminta bantuan dari pihak situs atau aplikasi booking online untuk dicarikan solusinya.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat booking hotel secara online.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.