Angin Segar, Inilah Kabar Baik Tentang Virus Corona di Indonesia

Percayalah, badai akan segera berlalu!

31 Maret 2020

Angin Segar, Inilah Kabar Baik Tentang Virus Corona Indonesia
Freepik/Sewcream

Jumlah pasien positif terinfeksi virus corona atau COVID-19 di Indonesia melonjak signifikan.

Diketahui, total pasien positif corona yang tersebar di sejumlah provinsi di Indonesia menunjukkan kenaikan lebih dari 500 kali lipat dalam kurun waktu sekitar tiga minggu sejak dua pasien positif virus corona diumumkan pemerintah pada Senin 2 Maret 2020 yang lalu.

Hingga hari ini, Selasa (31/03/2020) pukul 15.32 WIB, jumlah pasien positif positif 1.528, sembuh 81, dan meninggal 136 orang. 

Mengetahui adanya berita tersebut, masayarakat pun semakin panik dengan penyebaran virus corona yang kian cepat. Meski begitu, ditengan kepanikan warga, ternyata masih ada angin segar yang bisa kita syukuri bersama.

Apa saja? Berikut Popmama.com telah merangkum kabar baiknya!

1. Pemerintah akan siapkan jutaan masker untuk masyarakat dan tenaga medis

1. Pemerintah akan siapkan jutaan masker masyarakat tenaga medis
cidrap.umn.edu

Kabar baik pertama mengenai pendistribusian masker untuk tenaga kesehatan dan umum. Achmad Yurianto selaku juru bicara Presiden mengenai virus corona atau COVID-19 mengatakan bahwa masker bedah dan masker N95 telah melalui proses pendistribusian sejak hari Minggu (22/3/2020) yang lalu.

"Kemenkes (Kementrian Kesehatan) sudah menyiapkan masker bedah sebanyak 12 juta lebih, kemudian masker N-95 lebih dari 81 ribu," ujarnya.

Sedangkan untuk persiapan masker yang diperuntukkan untuk umum, Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga telah mempersiapkan masker hingga 2 juta lembar dan diharapkan dapat segera dipergunakan untuk masyarakat luas.

Masker ini nantinya akan didistribusikan salah satunya melalui gerai PT. Kimia Farma dan nantinya pembelian masker dibatasi untuk umum guna meminimalisir penimbun masker. 

Baca jugaFakta Masker N95, Seperti Apa Cara Menggunakannya?

2. Pemerintah akan siapkan tes COVID-19 drive thru

2. Pemerintah akan siapkan tes COVID-19 drive thru
Freepik/free photo

Selain melakukan pemeriksaan cepat atau rapid test untuk virus corona atau COVID-19 di wilayah Jakarta Selatan, Pemerintah Indonesia juga menyatakan bahwa telah merencanakan drive-thru tes virus corona seperti yang dilakukan oleh Korea Selatan.

Mengenai alat untuk pengecekan virus corona secara drive-thru, Achmad Yurianto selaku juru bicara Pemerintah mengenai COVID-19 mengatakan bahwa akan mengimpor alat tersebut dari Korea Selatan.

"Kita sudah merencanakan dan membicarakan sekarang, karena kit-nya harus didatangkan dari Korea," ujar Achmad Yurianto, pada hari Rabu (18/3/2020).

3. Pengajian ribuan jama'ah dibatalkan

3. Pengajian ribuan jama'ah dibatalkan
Pixabay/Fuzz

Acara Ijtima Jamaah Tabligh Akbar se-Asia 2020 yang rencananya akan digelar di Pesantren Darul Ulum, Dusun Niarannuang, Desa Pakkatto, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan terpaksa dibatalkan.

Menyusul dengan adanya kabar persebaran virus corona atau COVID-19 yang kian masif dan cepat persebarannya.

Ribuan jamaah yang telah hadir di area acara Ijtima Akbar akhirnya bertahap dikarantina dan dibagi dalam dua tempat berbeda, antara WNA dan WNI.

Berdasarkan informasi resmi dari Humas Pemkab Gowa pada hari Jumat (20/3/2020), pembagian karantina jamaah terbagi antara WNA (Warga Negara Asing) yang ditempatkan di Hotel Grand Sayang Makassar, sedangkan untuk WNI (Warga Negara Indonesia) ditempatkan di Asrama Haji Sudiang Makassar.

4. Gereja melakukan ibadah secara online

4. Gereja melakukan ibadah secara online
Freepik/Lunall

Sejumlah gereja di Indonesia telah menerapkan dan mengubah sistem peribadatan yang sehari-hari dilakukan di dalam Gereja. Namun akibat persebaran virus corona, sistem misa dan peribadatan diubah menjadi streaming online atau daring.

Salah satu Gereja yang menerapkan sistem tersebut adalah Gereja Ketedral Jakarta.

Melalui Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) mulai hari Sabtu (21/3/2020) hingga (3/4/2020) semua peribadatan termasuk misa mingguan dan misa harian akan dilakukan secara daring atau live streaming melalui YouTube Komsos Katedral.

5. Beberapa rumah sakit siap tangani pasien COVID-19

5. Beberapa rumah sakit siap tangani pasien COVID-19
Freepik/tirachard

Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mempersiapkan 20 Rumah Sakit Muhammadiyah yang tersebar di seluruh Indonesia untuk penanganan pasien virus corona atau COVID-19.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Ketua Muhammadiyah COVID-19 Command Center, dr. Corona Rintawan pada awak media.

"Total kita punya itu kan sekitar 471 rumah sakit dan klinik. Cuman saat ini yang kita gunakan masih 20 dulu terus kita lakukan adalah identifikasi, terus nanti akan nambah terus siapa yang siap, karena kita dorong terus," ujar dr. Corona, di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, pada hari Selasa (10/3/2020) yang lalu.

Sedangkan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama juga telah mempersiapkan 23 Rumah Sakit yang tersebar di seluruh Indonesia dan dibagi dua tipe untuk penanganan virus corona.

Hal ini dijelaskan oleh M. Ali Yusuf selaku Ketua LPBI (Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim).

"Rumah Sakit tipe pertama, untuk penanganan berat seperti rumah sakit rujukan yang ada ruang isolasi dan segala macamnya, dan tipe kedua, yaitu Rumah Sakit yang hanya melayani pemeriksaan atau screening awal untuk kemudian dirujuk ke RS rujukan," jelasnya pada hari Senin (23/3/2020) yang lalu.

Editors' Picks

6. Beberapa perusahaan besar sumbang dana untuk menangani corona

6. Beberapa perusahaan besar sumbang dana menangani corona
Freepik/Jcomp

Mengetahui bahwa virus corona atau COVID-19 semakin mewabah dan tersebar cepat, beberapa perusahaan besar di Indonesia pun menyumbangkan miliaran dana untuk membantu mengatasi pandemi asal Wuhan, Tingkok.

 Beberapa diantaranya adalah PT. Paragon Technology, PT. ASTRA, hingga PT. Adaro.

PT Paragon Technology yang menelurkan produk kosmetik Wardah, menyumbang Rp 40 miliar. Uang itu dibelikan peralatan kesehatan mulai dari alat tes corona, ventilator, mobile X-Ray, dan yang lainnya.

Peralatan kesehatan ini diberikan ke sejumlah rumah sakit, antara lain RS Persahabatan, RS Pelni, dan RS Sulianti Saroso.

Tak hanya Paragon, Astra dan perusahaan-perusahaan Grup Astra pada telah menyerahkan berbagai bantuan tahap awal senilai total sekitar Rp63 miliar guna membantu pemerintah dan masyarakat dalam mencegah penyebaran COVID-19.

Penyerahan bantuan tahap awal ini sejalan dengan semangat kontribusi Astra untuk bangsa. Melalui Nurani Astra, wujud bantuan tersebut antara lain berupa berbagai peralatan pencegahan penyebaran COVID-19 seperti alat uji tes, alat pelindung diri, hand sanitizer hingga disinfektan, 100 unit Daihatsu Gran Max Pick Up, dan 10 unit truk (lima unit Toyota Dyna dan lima unit Isuzu Elf NMR71) untuk kendaraan penyemprotan disinfektan kepada Palang Merah Indonesia (PMI).

Terakhir adalah Adaro yang  menyumbangkan bantuan senilai Rp 20 miliar. Adaro juga bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk penyaluran bantuan tersebut. 

Dari Rp 20 miliar tersebut, Rp 15 miliar akan dialokasikan untuk pejuang garda depan seperti dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya. Sementara itu, Rp 5 miliar akan digunakan untuk mobil agar mobilitas penanganan COVID-19 semakin cepat.

7. Yayasan Budha TZU CHI sumbang 500 miliar

7. Yayasan Budha TZU CHI sumbang 500 miliar
Freepik

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia tengah melakukan penggalangan dana hingga mencapai angka Rp 500 Milliar.

Penggalangan dana ini nantinya ditujukan untuk penanganan virus corona atau COVID-19 yang melanda Indonesia. Hong Tjhin selaku Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sekaligus CEO DAAI TV Indonesia menuliskan dalam keterangan tertulisnya. 

"Kami mendapatkan informasi bahwa kecepatan dan ketepatan penanganan menjadi kunci memerangi pandemi COVID-19. Itu yang mendorong sinergi dilakukan melalui penggalangan dana guna memberikan bantuan alat kesehatan," Tulisnya pada hari Kamis (19/3/2020).

Beberapa bantuan berupa APD (Alat Pelindung Diri), Masker, Kacamata google, sarung tangan, ventilator, semua telah di distribusikan ke Rumah Sakit rujukan seperti RSPAD Gatot Subroto, RSUP Persahabatan dan RSPI Sulianti Saroso.

Nantinya pihak Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia juga akan mendistribusikan bantuan secara bertahap, berupa alat rapid test sebanyak 1 juta unit, 20 ribu baju isolasi (overall safety), 4 unit alat bantu pernafasan (ventilator) dan 1 juta masker.

8. Beberapa artis dan publik figur sumbang dana, APD, hingga kebutuhan rumah tangga

8. Beberapa artis publik figur sumbang dana, APD, hingga kebutuhan rumah tangga
Instagram.com/maiaestiantyrea,ivan_gunawan

Selain perusahaan besar, para artis dan publik figur tanah air juga turut menyumbang dan menggalang dana untuk mengatasi pandemi corona.

Beberapa diantaranya adalah Ivan Gunawan, Anne Avantie, Maia Estianty, Rachel Vennya, Raffi Ahmad, Enzy Storia, Arief Muhammad, hingga Sandiaga Uno.

Pemilik jargon OKEOCE tersebut mengaku siap membantu biaya hidup keluarga pasien virus corona atau COVID-19. Sandiaga menyampaikan keinginan pemberian bantuan tersebut melalui sebuah video yang diposting pada akun instagramnya @sandiuno, Minggu (22/43/2020).

Ia menuturkan, bantuan akan diberikan bagi warga yang menjadi tulang punggung keluarganya namun berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau pun positif corona.

9. Beberapa hotel dirombak untuk menjadi rumah sakit

9. Beberapa hotel dirombak menjadi rumah sakit
Freepik/free photo

Selain Wisma Atlet yang dikhususkan sebagai Rumah Sakit pasien virus corona atau COVID-19, Menteri BUMN Erick Thohir juga memerintahkan Hotel Patra Jakarta disulap untuk Rumah Sakit pasien virus corona.

Hotel Patra Comfort sendiri, disampaikan melalui juru bicara Menteri BUMN, Arya Sinulingga, akan digunakan untuk menampung Orang Dalam Pemantauan (ODP). Jumlah tempat tidur yang disiapkan berjumlah 52 unit.

"Di Hotel Patra Comfort ya (yang difungsikan sebagai RS bagi pasien corona)," ujarnya pada Selasa (17/3/2020).

Selain 52 tempat tidur yang telah tersedia, akan ada penambahan tempat tidur untuk menangani Orang Dalam Pemantauan (ODP).

"Dan nanti ada penambahan 90 tempat tidur lagi kita siapkan di situ kita akan bikin seperti ruangan khusus mudah-mudahan selesai dalam tempo 2 minggu. Ini semua akan kita lengkapi. Jadi hotel tadi akan kita jadikan tempat penanganan Corona," tambahnya lagi.

10. Polusi udara di Jakarta berkurang

10. Polusi udara Jakarta berkurang
inspiredmagz.com

Angin segar terakhir yang bisa kita syukuri dari dampak corona ini adalah berkurangnya polusi udara di Indonesia, terutama di Jakarta.

Kualitas indeks udara terutama di DKI Jakarta berangsur membaik sejak diberlakukannya Work from Home (WFH) atau kerja dari rumah selama pandemi COVID-19.

Berdasarkan situs Air Quality Index (AQI), pukul 08.00 WIB kualitas udara menyentuh angka 82. Pada sore hari yakni pukul 15.30 WIB, kualitas udara berada pada angka 62 dengan PM 2.5 sebesar 17,5 mg/m3.Berdasarkan catatan sebelumnya, kualitas udara Jakarta biasanya masuk dalam kategori tidak sehat dengan indeks kualitas udara di atas 155. 

    11. PT Paragon Technology salurkan bantuan senilai Rp 40 Miliar untuk penanggulangan Covid-19

    11. PT Paragon Technology salurkan bantuan senilai Rp 40 Miliar penanggulangan Covid-19
    Dok. PT Paragon Technology

    PT Paragon Technology selaku produsen kosmetik Indonesia untuk produk Wardah, Emina, dan Make Over juga meyalurkan bantuan senilai Rp 40 Miliar untuk penanggulangan Covid-19. 

    Melalui program CSR-nya telah menyalurkan bantuan tersebut dengan memulai mendistribusikan bantuan sejak awal Maret 2020, hingga saat ini bantuan telah kami salurkan ke lebih dari 40 rumah sakit rujukan di beberapa provinsi.

    Menurut Nurhayati Subakat, Presiden Komisaris PT Paragon Technology and Innovation, bantuan yang diberikan dalam bentuk alat kesehatan dan alat pelindung diri (APD). 

    12. BLP menyumbangkan kotak aerosol untuk rumah sakit yang membutuhkan

    12. BLP menyumbangkan kotak aerosol rumah sakit membutuhkan
    Dok. BLP

    Selain PT Paragon Technology, brand kosmetik lokal dari Lizzie Parra, BLP Beauty juga melakukan gerakan kemanusiaan untuk penanggulangan Covid-19 di Indonesia. 

    BLP Beauty akan membuat dan mendonasikan 250 kotak aerosol rancangan dr. Lai Hsien-yung. 250 kotak aerosol ini akan didistribusikan ke rumah sakit yang membutuhkan BLP Beauty menekankan bahwa kotak aerosol tersebut hanya untuk daerah di Jabodetabek, dikirimkan secara gratis dan tidak untuk dijual kembali. 

    13. Bocorocco mengadakan program donasi melalui penjualan BUY 1 GET 1 sepatu olahraga di mapemall.com

    13. Bocorocco mengadakan program donasi melalui penjualan BUY 1 GET 1 sepatu olahraga mapemall.com
    Dok. mapemall.com

    Bukan hanya produk kecantikan, merek fashion pun turut bergerak dalam donasi memerangi virus corona di Indonesia. 

    Gerakannya pun sangat unik yaitu melalui program penjualan BUY 1 GET1 khusus sepatu olahraga di mapemall.com dan seluruh hasil penjualannya akan disumbangkan melalui Kementrian Kesehatan RI untuk pembelian Rapid Test Kit Covid 19 guna membantu pencegahan penyebaran virus Corona.

    Program BUY 1 GET 1 sepatu olahraga ini berlangsung hingga 31 April 2020 melalui online https://www.mapemall.com/brands/bocorocco/donation-program, dan juga bebas dari ongkos kirim.

    Mapemall sendiri menyambut program ini dengan antusias karena turut dapat memberikan bantuan untuk pencegahan penyebaran dan mengajak seluruh Customer Mapemall untuk berdonasi secara mudah, tetap menjaga social distancing dan tetap dirumah sesuai tagar #AtHomeWithUs dari Mapemall saat ini.

    Nah, itulah kabar baik tentang virus corona atau Covid-19 yang perlu kamu ketahui.

    Semoga dapat meringankan sedikit rasa panikmu dan tetap jaga kesehatan, ya!

    Baca juga:

      Tanya Ahli

      Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

      Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.