TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bukan Uang, 7 Artis Ini Sumbang Makanan dan APD ke Rumah Sakit Corona

Hebat dan patut diapresiasi!

28 Maret 2020

Bukan Uang, 7 Artis Ini Sumbang Makanan APD ke Rumah Sakit Corona
Instagram.com/maiaestiantyrea,ivan_gunawan

Belakangan ini, dunia bahkan Indonesia dihebohkan dengan wabah virus corona atau COVID-19 yang setiap hari korbannya terus meningkat pesat.

Bahkan per hari ini, Jumat (27/03/2020) pukul 12.00 WIB, jumlah pasien positif corona bertambah 153 orang, sehingga total kini ada 1.046 terjangkit corona.

Pemerintah juga memperbarui data pasien positif corona yang meninggal. Kini jumlah pasien meninggal berjumlah 87 orang dan hanya 46 orang saja yang sembuh.

Keadaan genting yang terjadi di Indonesia ini ternyata mengetuk pintu hati publik figur tanah air untuk membantu masyarakat yang berkaitan langsung dengan pandemi global tersebut.

Beberapa diantara mereka ada yang rela mengeluarkan dana sendiri namun ada pula yang menggalang dana melalui kitabisa.com

Tak melulu uang, beberapa dari mereka juga memberikan APD (alat pelindung diri) untuk petugas medis, makanan, hingga kebutuhan pokok bagi kalangan tidak mampu.

Siapa sajakah ketujuh selebriti dermawan tersebut? Berikut Popmama.com telah merangkum daftar lengkapnya.

1. Ivan Gunawan, membagikan makanan ke rumah sakit rujukan

1. Ivan Gunawan, membagikan makanan ke rumah sakit rujukan
Instagram.com/ivan_gunawan

Perancang busana Ivan Gunawan mulai mendistribusikan makanan ke rumah sakit yang menjadi rujukan pasien COVID-19. Pendistribusian ini dilakukan dari hasil donasi sejumlah kalangan yang membantu.

Terlihat, tim terkait membagikan makanan kepada pegawai Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof Dr Sulianti Saroso di Jakarta Utara.

"Menu makan siang hari ini untuk para tenaga medis dan pegawai rumah sakit RSPI SS adalah nasi rempah kampoeng yang isinya suwiran ayam dengan bumbu rempah ditambah irisan telur dadar dan dilengkapi dengan kerupuk kampung, menu kedua nasi ayam crispy saos mayo dan nasi ayam geprek," tulis Ivan pada akun Instagram pada Jumat (27/3/2020). 

Ivan menambahkan, hasil donasi lainnya akan disalurkannya ke beberapa rumah sakit rujukan pasien COVID-19 lainnya mulai pekan depan.

Tak lupa, Ivan juga menyampaikan rasa terima kasihnya yang mendalam kepada donatur yang telah membantu menyumbangkan dananya guna mendukung para tenaga medis yang sedang bertugas.

"Sekali lagi saya mau ngucapin terima kasih banyak atas kontribusi kalian untuk menguatkan para dokter, suster dan para petugas rumah sakit yang bertugas," tutupnya.

2. Anne Avantie, buatkan APD untuk petugas medis

2. Anne Avantie, buatkan APD petugas medis
Instagram.com/anneavantieheart

Selain Ivan Gunawan, desainer kenamaan lain yang turut memberikan bantuan bagi para petugas medis adalah Anne Avantie.

Desainer kebaya yang satu ini mengubah konveksi miliknya menjadi tempat untuk memproduksi APD (alat pelindung diri) bagi tenaga medis yang membutuhkan saat menangani virus corona.

Lewat hal ini pula, Anne mengajak para penjahit lainnya agar mau dengan sukarela berkontribusi dalam turut serta membuat APD. Hal ini disampaikan Anne Avantie dalam sebuah unggahan video di akun Instagram miliknya, pada Kamis (26/03/2020).

Anne mengunggah sebuah video yang menggambarkan para penjahit di konfeksi miliknya tengah menjahit APD. Anne mengatakan, hal ini ia lakukan demi solidaritas bersama dalam mengatasi wabah virus corona. 

"Kalau saya bisa... Ayo penjahit-penjahit lain pasti bisa... Dan apalagi garmen-garmen anda pasti lebih bisa," tulis Anne Avantie dalam keterangan unggahannya pada Jumat (27/03/2020). 

Dalam unggahannya tersebut, Anne juga meminta semua pihak untuk saling bahu membahu mengatasi wabah virus corona di Indonesia. 

"Mari kita berjuang bersama untuk Bumi Pertiwi yang kita Cintai," ujarnya menambahkan. 

Adapun hasil produksi APD yang telah dibuatnya bukan untuk diperjualbelikan, melainkan didonasikan kepada seluruh rumah sakit yang membutuhkan, terutama yang menjadi rujukan pasien COVID-19.

Editors' Picks

3. Maia Estianty, salurkan APD ke rumah sakit 

3. Maia Estianty, salurkan APD ke rumah sakit 
Instagram.com/maiaeestiantyreal

Produser musik Maia Estianty juga turut menggalang dana untuk memberikan bantuan kepada beberapa rumah sakit berupa APD melalui kitabisa.com.

Dalam unggahan di Instagram, terlihat Maia Estianty memberikan sebuah foto APD yang sudah disalurkan pada beberapa rumah sakit, antara lain RSUD di kabupaten Bekasi hingga RSUD Tarakan Jakarta.

Sumbangan itu bukan hanya dari Maia Estianty, tetapi ia juga mengumpulkannya bersama sejumlah rekan artis lain hingga warga umum. 

“Diserahkan ke RSUD Kota Bekasi. Kami masih membutuhkan banyak biaya lagi dari anda, supaya bisa semakin banyak menyebar alat medis ke RS yang membutuhkan,” tulis Maia Estianty lewat Instagram pribadi @maiaestiantyreal, pada Jumat (19/3/2020).

4. Rachel Vennya, galang dana untuk sediakan APD 

4. Rachel Vennya, galang dana sediakan APD 
Instagram.com/rachelvennya

Tak hanya dari kalangan selebriti, selebgram Rachel Vennya juga mengalang dana melalui kitabisa.com untuk membantu rumah sakit yang kekurangan APD melawan virus corona.

Hingga Rabu (18/3/2020) yang lalu, Rachel Venya berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 2 miliar lebih. Menurut Rachel, APD tersebut disalurkan ke Rumah Sakit Persahabatan, Fatmawati, Pasar Minggu, Sulianti Saroso, Gatot Subroto, Mintoharjo, Bhayangkara, dan RSUD Cengkareng.

Selain itu, Rachel Vennya juga kembali membuka permintaan bantuan dari rumah sakit yang membutuhkan APD melalui direct message.

5. Raffi Ahmad galang dana untuk driver ojol dan pedagang keliling

5. Raffi Ahmad galang dana driver ojol pedagang keliling
Instagram.com/raffinagita1717

Raffi Ahmad bersama Nagita Slavina juga turut membuat penggalangan dana bagi pekerja lapangan melalui kitabisa.com. Menariknya, Raffi menggalang dana khusus untuk masyarakat kecil seperti driver ojol (ojek online) hingga pedagang keliling.

Hasil dari dana yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk membeli sembako, menyediakan masker, dan hand sanitizer. Sejak digalang pada 18 Maret hingga 20 Maret 2020 yang lalu, dana telah terkumpul sebesar Rp 179.906.665 dengan target sebesar Rp 500 juta.

6. Enzy Storia, bantu kebutuhan pokok 10 keluarga pasien corona 

6. Enzy Storia, bantu kebutuhan pokok 10 keluarga pasien corona 
Instagram.com/enzystoria

Pembawa acara dan artis peran, Enzy Storia mengumumkan lewat unggahan di Instagram bahwa ia bersama temannya, Dion Mulya akan membantu keluarga kurang mampu yang tulang punggung keluarganya berstatus PDP (Pasien dengan Pengawasan) maupun positif corona. 

"Saya berpikir berarti mereka (pasien corona) akan diisolasi, di rumah satu kena pasti seluruh keluarga tidak boleh keluar mencari nafkah, bahkan beli makanan di luar saja nggak boleh karena takut menjadi carrier," jelas Enzy. 

Enzy Storia dan Dion masing-masing akan membantu 10 keluarga yang telah melalu validasi data agar sumbangan yang diberikan tepat sasaran.

Kebutuhan yang disalurkan berupa sembako selama sebulan, masker, hand sanitizer, vitamin, token listrik, dan uang saku untuk sebulan.

7. Arief Muhamad, galang dana untuk cek corona bagi masyarakat kecil

7. Arief Muhamad, galang dana cek corona bagi masyarakat kecil
Instagram.com/tiarapangestika

Terakhir adalah YouTuber Arief Muhammad. Calon Papa yang satu ini menunjukkan kepeduliannya dengan menggalang dana yang nantinya disalurkan ke masyarakat kecil.

Menurut Arief, masyarakat berpenghasilan rendah mengalami kesulitan memeriksakan diri ke rumah sakit untuk mengecek dirinya terjangkit virus corona atau tidak.

Selain itu, kata Arief, orang-orang seperti pengemudi ojek online, pedagang keliling, dan pekerja kecil lainnya masih harus berada di jalanan. 

"Mereka masih harus harus melewatin daerah yang rawan banget terinfeksi virus corona, ketika kita sedang santai mengisolasi diri di rumah," tulisnya. 

Belum 24 jam, donasi yang digalang oleh Arief Muhammad sudah mencapai lebih dari Rp 1 miliar.

Itu dia beberapa daftar selebriti yang turut andil memberikan bantuan dan menggalang dana untuk membantu masyarakat yang terkena dampak COVID-19.

Semoga dana dan barang yang diberikan bermanfaat dan wabah corona pun dapat segera teratasi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk