7 Makanan Penurun Asam Urat yang Ampuh Menyembuhkan

Sudah coba salah satunya?

12 Juli 2019

7 Makanan Penurun Asam Urat Ampuh Menyembuhkan
Pexels/EVG photos

Ada beberapa makanan untuk penderita asam urat yang direkomendasikan karena dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan menghilangkan nyeri yang timbul akibat penyakit ini.

Banyak cara menurunkan asam urat dalam darah, salah satunya adalah dengan mengatur pola makan sehat dan mengonsumsi makanan penurun asam urat.

Ketika menerapkan pola makan yang sehat, maka kadar asam urat dalam darah akan ikut turun. Bukan hanya asam urat, penyakit kronis lainnya pun bisa saja dihindari.

Lantas, kira-kira jenis makanan apa saja yang dipercaya dapat menurunkan asam urat?

Untuk mengetahui jawabannya, berikut Popmama.com telah merangkum daftar 7 makanan penurun asam urat.

1. Ikan salmon mengandung kadar purin yang rendah

1. Ikan salmon mengandung kadar purin rendah
Freepik/Rawpixel.com

Ikan salmon merupakan jenis ikan yang memiliki kadar gizi dan nutrisi yang tinggi dan baik dikonsumsi salah satunya untuk para penderita asam urat.

Ikan salmon ini memilik kadar purin yang cukup rendah sehingga aman dikonsumsi oleh para penderita asam urat. Namun meskipun demikian harus tetap dijaga ya supaya tidak berlebihan.

Di dalam ikan salmon juga memiliki lemak tak jenuh dan omega 3 yang sangat tinggi sehingga baik bagi kamu yang menderita penyakit kolestrol serta komplikasi dari penyakit kolestrol lainnya seperti jantung dan stroke.

2. Beras merah memiliki kadar gula dan kalori yang rendah

2. Beras merah memiliki kadar gula kalori rendah
medikoe.com

Beras merah mengandung karbohidrat tinggi namun memiliki kadar gula serta kalori rendah sehingga mampu sebagai makanan untuk menurunkan asam urat di dalam tubuh.

Beras merah ini juga cocok bagi kamu yang sedang diet. Selain lebih sehat, beras merah ini juga mampu memberikan energi yang tinggi bagi kamu para penderita asam urat.

Jika kamu tidak suka dengan tekstur dari beras merah ini, kamu bisa mencampurkannya dengan beras putih sehingga teksturnya akan menjadi lebih enak dan sehat pastinya.

3. Buah apel mengandung zat malat untuk menetralkan asam urat

3. Buah apel mengandung zat malat menetralkan asam urat
Pexels/Public Domain Pictures

Buah apel juga bisa menjadi salah satu pilihan buah yang baik bagi para penderita penyakit asam urat, lho. Tidak hanya dijadikan sebagai buah untuk asam urat, apel pun dijadikan sebagai buah penurun kolesterol tinggi.

Ya, di dalam buah apel terdapat kandungan yang dinamakan dengan zat asam malat yang bisa membantu menetralkan kandungan asam urat di dalam tubuh.

Selain itu zat asam malat juga membantu membuang asam urat melalui urin di dalam tubuh. Khasiat lain yang ditawarkan oleh buah apel adalah bisa menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh.

Buah apel sangat disarankan untuk para penderita asam urat karena juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bisa membantu menangkal radikal bebas dan mencegah munculnya berbagai jenis penyakit di dalam tubuh.

Baca juga:

Editors' Picks

4. Buah alpukat mengandung gula yang rendah

4. Buah alpukat mengandung gula rendah
Freepik/wasant_foodtography

Buah lain yang sangat bagus untuk kesehatan asam urat adalah buah alpukat.

Diketahui, buah aplukat ini memiliki kandungan gula yang sedikit jadi sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang diet serta di dalam buah alpukat terdapat kandungan yang bisa meningkatkan sifat basa tubuh sehingg secara otomatis akan mengurangi kadar asam urat yang ada di dalam tubuh.

Selain itu alpukat juga memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat baik bagi para penderita kolestrol dan mampu menggantikan kolestrol jahat di dalam tubuh.

Jadi, bagi kamu yang menderita penyakit asam urat jangan sungkan untuk mengonsumsi buah yang satu ini ya karena mengandung banyak gizi dan nutrisi yang sehat.

Untuk mengonsumsinya kamu bisa membuatnya menjadi jus atau salad yang dicampur dengan buah lain atau bisa juga memakannya langsung saat masih segar.

5. Buah pisang mengandung kalium tinggi, gula rendah, dan kadar alkali tinggi

5. Buah pisang mengandung kalium tinggi, gula rendah, kadar alkali tinggi
Pexels.com/Dom J

Siapa yang tidak tahu pisang, buah yang satu ini memang sangat mudah ditemukan karena merupakan salah satu buah yang sangat mudah ditanam di Indonesia.

Saking umumnya buah ini seringkali banyak orang yang tidak suka dengan buah ini padahal kandungan di dalamnya sangat bagus untuk tubuh.

Di dalam buah pisang terdapat setidaknya kandungan seperti kalium tinggi, gula rendah, dan kadar alkali tinggi sehingga mampu menurunkan kadar asam urat.

Zat kalium di dalam buah pisang merupakan sumber kalium tertinggi dari seluruh buah yang ada dan zat kalium ini mampu menyerap kadar asam urat dan membuangnya melalui urin.

Kadar kalori di dalam buah pisang juga cukup tinggi sehingga membuat kamu akan merasa kenyang lebih lama dan bisa menurunkan berat badan serta kolestrol membandel di dalam tubuh mu.

6. Buah delima berfungsi mengurangi plak dalam arteri

6. Buah delima berfungsi mengurangi plak dalam arteri
Unsplash/Arjun Kapoor

Kamu juga bisa mengonsumsi buah delima untuk menurunkan asam urat.

Buah yang memiliki rasa khas ini ternyata berfungsi mengurangi plak dalam arteri yang menyebabkan asam urat tinggi sehingga sangat cocok dijadikan sebagai makanan untuk penderita asam urat.

7. Seledri mengandung glikosida, apiol dan flavonoid

7. Seledri mengandung glikosida, apiol flavonoid
Pixabay/McJapid

Terakhir dan paling berkhasiat sebagai makanan penurun asam urat adalah seledri.

Daun seledri mengandung banyak komponen bermanfaat seperti glikosida, apiol dan flavonoid yang dapat mengurangi nyeri di persendian akibat asam urat. Cara mengonsumsinya juga cukup mudah. 

Berikut langkah yang perlu kamu lakukan:

  • Cuci 200 gram daun seledri dengan 200 ml air (sekitar 2 gelas)
  • Rebus daun seledri yang sudah dicuci
  • Saring ekstrak seledri hingga menjadi satu gelas air

Selanjutnya, hal yang perlu kamu lakukan adalah meminumnya secara rutin satu kali sehari. Selain mengurangi nyeri persendian, ekstrak daun seledri juga dapat digunakan untuk mengurangi racun dalam tubuh (detoks).

Nah, itulah ketujuh makanan penurun asam urat yang ampuh menyembuhkan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!