hanco

3 Rekomendasi Kuliner Lezat di Bogor a la Presiden Jokowi

Yuk, cicipi beberapa makanan favorit presiden di liburan kali ini!

30 November 2019

3 Rekomendasi Kuliner Lezat Bogor a la Presiden Jokowi
YouTube.com/Presiden Joko Widodo

Video yang berkaitan dengan rekomendasi tempat kuliner memang banyak menarik minat penonton. Apalagi, jika video tersebut dibuat oleh seorang presiden seperti Joko Widodo.

Tak hanya gemar membuat video seputar kegiatannya, laki-laki asal Solo ini ternyata juga gemar membuat video atau vlog tentang kuliner.

Setelah sukses dengan video kuliner Solo, yang menarik perhatian banyak orang, Jokowi kini menunjukkan kuliner langganannya di Bogor.

Melalui video berdurasi sekitar 10 menit yang diunggah di akun Youtube-nya, Jokowi menampilkan tiga kuliner yang jadi favoritnya di Bogor, Jawa Barat.

Rekomendasi makanan-makanan lezat ini juga dapat menjadi referensi keluarga untuk berwisata kuliner di Bogor.

Nah, agar tak makin penasaran, berikut Popmama.com telah merangkum 3 tempatnya.

1. Martabak & Bakso KIKI

1. Martabak & Bakso KIKI
YouTube.com/Presiden Joko Widodo

Rekomendasi tempat makan lezat favorit pak Jokowi yang pertama adalah Martabak & Bakso KIKI. Untuk menyicipi makanan di sana, kamu dapat mengunjungi Martabak & Bakso KIKI yang berada di Jl. Pahlawan No.35A, RT.01/RW.10, Bondongan, Kec. Bogor Sel., Kota Bogor, Jawa Barat 16132.

Di sana, kamu dapat menikmati berbagai makanan lezat mulai dari martabak manis, telur, hingga bakso dan mie ayam.

Dalam vlog yang diunggah oleh pak Jokowi beberapa hari yang lalu, pemiliki Martabak & Bakso KIKI mengungkapkan bagaimana kebiasaan pak Jokowi saat menyantap hidangan yang ia suguhkan.

"Waktu Presiden Pak Jokowi sekarang, saya biasa di pesan sama Istana Bogor kalau ada acara rapat kabinet, ada tamu negara. Udah berapa kali saya ngelayanin sama pak Jokowi langsung," ujar Kiki, pemilik Martabak & Bakso KIKI.

"Beliau nunjuk langsung saya mau ini, mau ini', jadi jalan bareng, deketin, makan, nyoba, kayak biasa. Beliau kalau suka nambah, tapi nggak banyak, beliau pertama tiga, kalau cocok tambah lagi," tambahnya lagi.

"Ya senang sekali, rasa bangga produk saya bisa nyampe ke kepala negara yang nyoba langsung, yang langsung ketemu melayani," tutupnya.

Editors' Picks

2. Kluwih

2. Kluwih
YouTube.com/Presiden Joko Widodo

Rekomendasi tempat makanan lezat kedua rekomendasi Joko Widodo adalah resto Kluwih. Tempat makan khas Sunda yang satu ini dapat kamu temukan di Jl. Bina Marga I No.12, RT.04/RW.11, Baranangsiang, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16143.

Resto yang satu ini cocok untuk kamu dan keluarga yang ingin makan bersama dalam jumlah besar. Maka dari itu, tak heran jika menu favorit di resto Kluwih adalah paket nasi liwet untuk 6 hingga 10 orang.

Menu mkanan tersebut juga ternyata telah dicicipi oleh keluarga Jokowi. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Yeksha Buana Alam, Manajer Operasional Kluwih saat restorannya dikunjungi oleh keluarga presiden Joko Widodo.

"Awalnya memang pastilah kaget, nggak pernah ngebayangin tiba-tiba ada datang reservasi orang nomor satu di negeri ini mau makan di tempat kita, gitu," kenangnya.

"Tapi memang kesini-sini bahkan beliaunya sendiri beserta keluarga itu sampai kurang lebih empat kali. Jadi terbiasa aja sih semua," ujar Yeksha.

Ia juga mengungkapkan beberapa menu yang digemari oleh pak Jokowi dan ibu Iriana, salah satunya adalah menu olahan jantung pisang.

"Menu apa yang disuka sama bapak. Sebenarnya menunya itu justru yang sederhana ya. Ayam goreng, tahu tempe, sambel, sama lalapan udah pasti, sama cah jantung pisang, sama tahu gejrot," jelasnya.

"Kalau minuman itu sebenarnya yang paling sering diorder itu jeruk panas, es tape kluwih, nggak jauh dari itu, dan selalu itu aja," tambahnya lagi.

3. Sate Tegal LAKA-LAKA

3. Sate Tegal LAKA-LAKA
YouTube.com/Presiden Joko Widodo

Rekomendasi tempat makan terakhir yang juga menjadi langganan pak Jokowi adalah sate Tegal LAKA-LAKA.

Tempat makan yang menyediakan berbagai macam olahan daging kambing ini berlokasi di Jl. Raya Sukahati No.89, RT.6/RW.6, Sukahati, Cibinong, Bogor, Jawa Barat 16913.

Bagi kamu pecinta olahan daging kambing, rasanya tak lengkap jika belum mencicipi hidangan yang satu ini.

Dalam vlog pak Jokowii, Sunarto, pemilik sate Tegal Laka-laka menceritakan bagaimana awal mula satenya bisa tembus hingga ke istana.

"Laka-laka kalau dalam bahasa Tegal itu artinya tidak ada duanya, Insyaallah begitu," ujarnya.
"Bahan bakunya dari kambing yang tidak tua, kalau sate kambing kami pakai bahannya tenderloin," jelasnya dalam video.

"Alhamdulillah dalam kesempatan tertentu, kami diundang untuk menyajikan menu kami di istana hingga membuat saya sangat bangga karena kami bisa dipanggil ke istana menyajikan menu kami untuk orang nomor satu di Indonesia," kenangnya bangga.

"Waktu itu dia bilang gini 'Mas nanti kalau ada pesanan, buat jamuan, jamuan di istana, siap nggak?' jawaban saya cuma siap dan siap, saya harus siap, gitu," tambahnya.

Tak hanya menceritakan awal mula pak Jokowi memesan satenya untuk acara Istana, ia juga mengungkapkan beberapa makanan favorit presiden Joko Widodo dan sang Istri, Iriana.

"Kalau pak Jokowi, biasanya bapak itu suka sate kambing yang pakai lemak katanya lebih wangi," ungkapnya.

"Kalau ibu, ibu favoritnya tengkleng. Kami Laka-laka puya tengkleng juga, ibu alhamdulillah suka itu," ujar Sunarto.

"Bapak itu, kalau di dalam acara-acara itu, ambil sendiri, jadi ngambil dari buffet, saya cuma mempersilakan gitu, benar-benar sederhana jadi kayak di rumah," tambahnya lagi.

Sebagai penutup, Sunarto pun membagikan pengalaman berharganya saat pak Jokowi memuji lezatnya sate tegal Laka-laka yang ia racik.

"Waktu itu pak Jokowi mempersilakan para tamu 'silakan ini ada menu sate, satenya enak'wah alhamdulillah saya dipuji seperti itu," tutup Sunarto.

Nah, itulah ketiga rekomendasi wisata kuliner lezat di Bogor a la Presiden Joko Widodo.

Tunggu apalagi, yuk cicipi ketiga tempat makan tersebut bersama keluarga Mama!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!