TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Jan Ethes Akan Jadi Kakak! Selvi Ananda, Mantu Jokowi Hamil Anak Kedua

Ketahui 5 fakta unik kehamilan Selvi yang tengah mengandung calon cucu ke-3 Presiden Jokowi

20 Agustus 2019

Jan Ethes Akan Jadi Kakak Selvi Ananda, Mantu Jokowi Hamil Anak Kedua
nstagram.com/gibranrakabumingraka_,jokowi

Kabar bahagia kembali datang dari keluarga Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Istri putra pertama Jokowi, Gibran Rakabuming Raka yakni Selvi Ananda tengah mengandung anak kedua.

Kabar kehamilan Selvi Ananda dibenarkan oleh kakak kandung Ibu Negara Iriana Jokowi, Haryanto. 

“Iya, insyaAllah benar Selvi sedang hamil anak kedua,” ucap Haryanto pada awak media. 

Mengetahui kabar bahagia tersebut, Popmama.com pun berusaha untuk menggali fakta lainnya yang lebih mendalam.

Untuk itu, berikut 5 informasi penting terkait kehamilan kedua Selvi, istri putra pertama Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

1. Kehamilan kedua lebih santai daripada kehamilan pertamanya

1. Kehamilan kedua lebih santai daripada kehamilan pertamanya
nstagram.com/gibranrakabumingraka_

Saat ditemui awak media, Mama dari Jan Ethes bercerita seputar kehamilannya. Menurutnya, ia lebih santai menjalani kehamilan keduanya ini.

"Kalau di kehamilan yang kedua ini, justru saya lebih aktif ya. Mungkin 1 karena sudah punya anak, jadi di kehamilan ini saya lebih aktif, lebih banyak kegiatan," ungkap Selvi.

Meski perutnya sudah membesar, Selvi bahkan terlihat masih bisa menggendong Jan Ethes yang kini sudah berusia 3 tahun.

"Sehari-hari memang begini. Masih suka minta gendong," jelasnya.

Karena sudah punya pengalaman saat hamil Jan Ethes, Selvi mengaku lebih menikmati kehamilan kedua. Bahkan, ia tidak khawatir jika harus bepergian atau traveling selama hamil.

"Dibawa traveling ke mana-mana juga istilahnya sudah apa ya, kalau yang di kehamilan pertama kan masih banyak takut-takutnya. Tapi di kehamilan kedua ini lebih enjoy," tutur Selvi.

Editors' Picks

2. Jan Ethes sempat rewel saat sang Mama hamil

2. Jan Ethes sempat rewel saat sang Mama hamil
nstagram.com/gibranrakabumingraka_

Jan Ethes Srinarendra, cucu pertama Presiden Joko Widodo, sebentar lagi akan punya adik. Sang Mama, Selvi Ananda, saat ini tengah hamil trimester kedua.

Di awal kehamilan, Selvi bercerita bahwa putra pertamanya, Jan Ethes Srinarendra, sempat rewel dan bertingkah tidak seperti biasanya.

"Iya, Ethes sudah tahu kalau dia mau punya adik. Dia nanya 'adiknya di mana? Saya jawab di perut ibu'. Kemarin di trimester awal kehamilan dia sempat rewel, rewelnya bukan main", ujar Selvi pada Minggu (18/8/2019).

Selain rewel, Jan Ethes juga jadi lebih manja. Ia tidak ingin jauh-jauh dari Selvi saat 3 bulan pertama kehamilan sang Mama.

"Dia apa-apa maunya sama saya saja. Tidak mau jauh dari saya," ungkap Selvi.

Selvi mengaku bahwa perubahan sikap putranya itu terjadi karena perubahan sikap yang juga dialaminya akibat pengaruh hormon kehamilan.

Ya, pengaruh hormon kehamilan memang bisa membuat sikap seseorang berubah tidak seperti biasanya.

"Waktu trimester awal karena suka mual pusing lemas. Jadi waktu nyuapin Ethes makan juga kadang suka lagi pusing, nggak kaya biasanya," tambahnya lagi.

3. Perutnya sempat menjadi sorotan saat menghadiri ulang tahun Sedah Mirah

3. Perut sempat menjadi sorotan saat menghadiri ulang tahun Sedah Mirah
Instagram.com/reisabrotoasmoro

Pada Kamis (1/8/2019) yang lalu, cucu kedua Presiden Jokowi, Sedah Mirah Nasution genap berusia 1 tahun.

Merayakan pertambahan usia putrinya, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution menggelar perayaan ulang tahun yang cukup meriah.

Foto-foto perayaan ulang tahun putri pertama Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution itu pun tersebar di Instagram pada Minggu, (4/8/2019).

Tak ketinggalan Presiden Jokowi serta Ibu Negara Iriana, ikut hadir merayakan ulang tahun sang Cucu. Sejumlah selebriti, seperti Krisdayanti dan Reisa Brotoasmoro terlihat hadir dalam perayaan ulang tahun Sedah Mirah.

Melalui Instagramnya, dr. Reisa Brotoasmoro sempat mengunggah kemeriahan pesta tersebut. Di salah satu fotonya, Reisa juga memperlihatkan momen keluarga Jokowi saat berpose bersama.

Dengan busana yang didominasi putih, mereka kompak memamerkan senyum ke arah kamera.

"Sekali lagi selamat ulang tahun yaaa Sedah Mirah.. Thank you for inviting us to the birthday bash," tulis Reisa Brotoasmoro di keterangan fotonya, Minggu (4/8).

Melihat unggahan itu sejumlah netizen justru menyoroti bagian perut istri Gibran Rakabuming, Selvi Ananda. Pasalnya, foto yang diambil dari samping itu memperlihatkan perut Selvi yang membuncit di balik dress putih yang dikenakannya.

Netizen lantas menduga jika Selvi Ananda tengah mengandung anak keduanya yang merupakan adik dari putra pertamanya, Jan Ethes.

"Mbak Selvi hamil lagi ya dok?" tanya seorang netizen. 

"Oke auto salfok ke Ibu Selvi. Mas Ethes mau punya adik nih," sambung netizen. 

"Wah Jan Ethes mau punya adik nih cucu pak Jokowi nambah lagi," timpal netizen lainnya.

4. Masih menghadiri perayaan HUT RI ke-74 lengkap dengan kebaya yang anggun

4. Masih menghadiri perayaan HUT RI ke-74 lengkap kebaya anggun
Instagram.com/ditapurbowo

Menantu Presiden Jokowi, Selvi Ananda, turut mencuri perhatian ketika menghadiri upacara Hari Ulang Tahun Republik (HUT) Indonesia ke-74 di Istana Merdeka, Sabtu (17/8/2019).

Potret anggun Selvi saat menghadiri upacara ini dibagikan di akun Instagram sang kakak, Dita Purbowo. Istri Gibran Rakabuming ini tampak berfoto dengan sang Mama dan kakaknya.

Mereka bertiga tampil anggun dalam balutan kebaya dan jarik. Selvi terlihat mengenakan kebaya berwarna cokelat muda yang dipadukan dengan jarik. Kalung manik-manik tampak menghiasi leher jenjang Selvi.

Makeup yang terpoles di wajah Mama dari Jan Ethes Srinarendra ini juga tampak natural. Kendati tampil dalam polesan makeup natural, keanggunan Selvi tetap terpancar. Menantu Presiden Jokowi ini juga memamerkan perut buncitnya.

Seperti yang diketahui, Selvi Ananda kini tengah mengandung calon anak kedua. Belum diketahui secara pasti berapa usia kandungan Selvi saat ini. Kendati demikian, perut buncit Selvi sudah terlihat cukup besar.

5. Tips menjaga kehamilan anak kedua

5. Tips menjaga kehamilan anak kedua
Instagram.com/gibranrakabumingraka_

Belajar dari pengalaman pada kehamilan anak pertama, Mama diharapkan dapat merawat kehamilan kedua ini dengan lebih baik lagi.

Ada sejumlah hal yang perlu ibu hamil perhatikan dan lakukan selama masa kehamilan yang kedua ini, berikut diantaranya:

  • Cari dokter terbaik

Baik pada kehamilan pertama maupun kehamilan kedua, menemukan dokter kandungan atau bidan yang terpercaya, berpengalaman dan dapat memahami kondisi Mama adalah hal yang paling penting.

Jika Mama merasa dokter kandungan atau bidan yang menangani kehamilan yang pertama adalah yang terbaik, maka Mama bisa meneruskan membicarakan kehamilan yang kedua ini dengannya.

Namun, jika Mama merasa tidak cocok dengan dokter kandungan terdahulu, maka carilah dokter lain yang terbaik untuk mendampingi Mama di masa kehamilan kedua ini.

Mama dapat meminta rekomendasi dokter yang baik dengan bertanya kepada teman, dokter, keluarga, perawat, maupun dokter anak.   

  • Lebih rajin berlatih senam kegel

Kebanyakan ibu hamil mengalami otot panggul bawah yang melonggar dan menurun kekuatannya. Apalagi jika perut sudah semakin besar seiring bertambahnya usia kehamilan.

Melemahnya otot panggul bisa menyebabkan sakit pada perut bagian bawah dan mudah mengeluarkan air seni saat batuk, tertawa, atau bersin.

Nah, jika pada kehamilan pertama, Mama sering malas-malasan berlatih senam kegel, cobalah untuk lebih rutin melakukan senam kegel di kehamilan yang kedua ini.

Dengan rajin melakukan senam kegel, Mama bisa menguatkan otot panggul bawah, sehingga masalah kehamilan tersebut pun bisa diatasi. Senam kegel juga bermanfaat memperlancar proses persalinan, lho.

  • Jaga porsi makan

Kehamilan menyebabkan berat badan ibu hamil meningkat. Banyak ibu hamil yang sulit mengembalikan berat badan menjadi ideal setelah melahirkan anak yang pertama.

Oleh karena itu, untuk mencegah Mama mengalami obesitas, sebaiknya pada kehamilan yang kedua ini, Mama membatasi porsi makanan yang dikonsumsi.

Perbanyaklah konsumsi makanan yang sehat dan imbangi dengan rutin berolahraga agar berat badan Mama tetap terjaga.

  • Jangan lupakan anak pertama

Kehamilan kedua sebaiknya jangan sampai membuat calon kakak jadi terabaikan. Tetap luangkan waktu untuk merawat dan bermain bersama anak pertama sebelum bayi yang kedua lahir.

Namun, jika ibu sudah memasukki masa kehamilan trimester ketiga dan merasa kelelahan mengurus anak pertama, mintalah bantuan suami atau asisten rumah tangga untuk menjaga si Kecil.

  • Persiapkan calon kakak

Selain itu, Mama juga perlu menyiapkan anak pertama untuk menyambut kehadiran sang Bayi agar ia bisa menjalankan perannya sebagai kakak nantinya.

Cara bijak yang bisa Mama lakukan adalah dengan pelan-pelan memberitahukan kehadiran adik bayi di dalam perut Mama, ajak si Kakak juga untuk menemani Mama melakukan pemeriksaan kehamilan, dan libatkan ia untuk memilih barang-barang perlengkapan untuk kelahiran si Bayi. 

  • Tentukan jenis persalinan

Ada sebagian Mama yang ingin menyamakan jenis persalinan untuk anak yang kedua ini dengan dengan jenis persalinan saat melahirkan anak pertama.

Ada juga Mama yang melahirkan anak pertama dengan cara normal, namun kondisinya tidak memungkinkan untuk melahirkan anak yang kedua ini secara normal juga.

Jadi, pikirkan dengan matang jenis persalinan yang diinginkan untuk anak yang kedua ini dan bicarakan kepada dokter kandungan apakah kondisi Mama dapat mendukung jenis persalinan yang diinginkan tersebut.

  • Bersiaplah untuk jadwal persalinan lebih awal

Proses persalinan anak kedua biasanya lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan anak pertama, jadi Mama sebaiknya tidak terlalu cemas atau gugup.

Karena Mama sudah pernah melahirkan sebelumnya, tubuh Mama pun tahu apa yang harus dilakukan, sehingga persalinan anak kedua dapat terjadi lebih awal.

Jadi, Mama perlu mempersiapkan diri dengan membuat janji dengan dokter beberapa hari lebih awal dari hari persalinan untuk menghindari Mama melahirkan mendadak di tempat yang tidak terduga.

Nah, itulah kelima informasi penting terkait kehamilan kedua Selvi, istri putra pertama Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Semoga Mama dan si Bayi sehat selalu sampai persalinan berlangsung, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk