Patut Dicoba! Ini 5 Tips Seru #DiRumahAja Bersama Anak dari BNPB

Coba di rumah yuk, Ma!

25 Maret 2020

Patut Dicoba Ini 5 Tips Seru DiRumahAja Bersama Anak dari BNPB
Freepik/Free photo

Meski beberapa dari kita sempat dibuat panik dengan adanya pandemi virus corona atau COVID-19 yang telah memakan banyak korban, namun ternyata masih ada hal positif yang bisa dipetik.

Penerapan sistem kerja di rumah atau Work From Home (WFH) dan belajar di rumah bagi anak-anak ternyata dapat membuat anggota keluarga menjadi lebih dekat satu sama lain.

Nah, untuk mengisi waktu bersama keluarga saat social distancing, berikut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan beberapa tips bagi keluarga milenial untuk tetap seru di rumah dengan anak-anak.

Simak penjelasan yang telah Popmama.com rangkum berikut ini, yuk!

1. Berikan penjelasan pada anak

1. Berikan penjelasan anak
Popsugar.com

Anak-anak pasti bertanya mengapa mereka harus tetap di rumah dan tidak boleh keluar selama waktu yang ditentukan? Sebagai orangtua, sebaiknya Mama dan Papa memberikan penjelasan pada si Kecil mengenai aturan yang satu ini.

Berikan penjelasan pada anak terhadap situasi yang mengharuskan mereka untuk berada di rumah dalam jangka waktu panjang untuk mencegah penularan virus corona.

Sebelum berbicara lebih jauh, Mama atau Papa dapat memulainya dengan penjelasan singkat mengenai virus corona. Orangtua dapat menggunakan contoh dengan membandingkannya dengan virus lain seperti influenza.

Virus corona sama seperti halnya virus pernapasan lainnya yang bisa menyebabkan pneumonia. Virus ini bisa muncul tanpa gejala, atau memiliki gejala mulai dari yang ringan hingga parah.

2. Ajarkan empati dan rasa sensitif

2. Ajarkan empati rasa sensitif
chw.org

Tak hanya menjelaskan alasan harus berdiam di rumah untuk mencegah corona, orangtua juga harus mengajarkan anak untuk berempati dalam kasus yang satu ini.

Salah satu cara simpel untuk mengajarkan anak berempati dan lebih sensitif adalah dengan menjelaskan padanya cara tepat saat batuk atau bersin agar tidak menularkan virus pada orang lain.

Ingat, selain memberikannya penjelasan, Mama dan Papa juga tetap harus memberikannya contoh yang baik, ya!

Editors' Picks

3. #dirumahaja bukan menjadi halangan

3. dirumahaja bukan menjadi halangan
Freepik/free photo

Meski sedang #dirumahaja bukan berarti kegiatan keluarga terbatasi. Sebagai orangtua, Mama dan Papa harus bisa memperlihatkan pada anak bahwa di rumah saja bukan menjadi halangan bagi keluarga untuk dapat bersenang-senang.

Untuk itu, ciptakanlah kegiatan menarik yang bisa dimainkan keluarga, misalnya seperti memainkan game board, memasak bersama, atau bahkan berolahraga dan berjemur bersama. Seru dan bisa dilakukan di rumah bersama keluarga!

4. Tetap beraktivitas seperti biasanya

4. Tetap beraktivitas seperti biasanya
Freepik/tirachardz

Meski tak harus pergi ke kantor atau ke sekolah, namun biasakan agar keluarga tetap melakukan aktivitas seperti sedia kala. Bangun pagi tetap harus dilakukan agar tetap semangat menyongsong hari.

Mandi dan sarapan juga tetap harus dilakukan oleh keluarga. Pastikan semua tetap beraktivitas seperti biasa, persis seperti sebelum #JagaJarak atau social distancing.

5. Jaga stamina keluarga

5. Jaga stamina keluarga
Freepik/senivpetro

Terakhir dan yang terpenting adalah tetap menjaga kesehatan dan stamina keluarga. Untuk menghindari terpaparnya virus corona, sebaiknya jagalah stamina dan kesehatan keluarga.

Selain dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan, pastikan pula keluarga rutin berolahraga. Jika perlu, konsumsi juga suplemen atau vitamin tambahan.

Nah, itulah kelima tips seru #dirumahaja bersama anak dari BNPB.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba di rumah!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.