7 Kegiatan Seru yang Keluarga Bahagia Lakukan Saat Long Weekeend

Beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan oleh Mama dan keluarga saat long weekend

30 Maret 2018

7 Kegiatan Seru Keluarga Bahagia Lakukan Saat Long Weekeend
Pixabay/free-photos

Tidak ada yang jauh lebih menyenangkan saat menyaadari ada tanggal merah di hari Jumat, bukan? Bagaimana tidak!

Hal tersebut menjadi pertanda menyenangkan di mana Mama bisa menyenangkan diri selama tiga hari berturut-turut ke depan sebagai ganti dari kesibukan Mama selama ini.

Itu kenapa, Mama sebaiknya benar-benar memanfaatkan waktu long weekend tersebut dengan cara yang tidak sia-sia. Di atas segalanya, Mama disarankan unutk menghabiskan waktu bersama keluarga dengan 7 kegiatan seru yang bisa Mama dan keluarga lakukan saat long weekend di bawah ini!

1. Mengejar goal bersama

1. Mengejar goal bersama
Pixabay/sathyatripodi

Di atas segalanya, saat Mama mendapatkan peluang untuk bisa fokus terhadap diri sendiri dan keluarga di hari libur yang panjang, Mama sebaiknya memanfaatkannya untuk melakukan hal-hal yang didambakan masing-masing anggota keluarga.

Mama cukup fokus pada hal-hal kecil yang Mama, Papa dan Si Kecil memang ingin lakukan tetapi tertunda karena hari-hari sibuk sebelumnya. Contohnya, Papa mungkin ingin pergi untuk dinner romantis, anak mama ingin pergi ke taman bermain dan Mama ingin pergi belanja.

Kenapa Mama dan keluarga tidak memanfaatkan waktu long weekend ini untuk melakukan keinginan masing-masing secara bersama? Pasti akan sangat menyenangkan dan memberi kepuasan tersendiri di hati masing-masing Mama, Papa dan Si Kecil.

Baca Juga: 11 Hal Kecil yang Dilakukan Setiap Hari oleh Keluarga Bahagia

2. Berkunjung ke rumah kerabat

2. Berkunjung ke rumah kerabat
Pixabay/stocksnap

Sebagai bagian dari negara Indonesia tercinta, kita tumbuh dengan budaya dan tradisi positif yang mendorong untuk menjaga silahturami antara kerabat. Sayangnya, kesibukan Mama di rumah tangga dan Papa yang bekerja membuat hal tersebut sering kali tertunda.

Beruntungnya, waktu long weekend membuka peluang yang dinantikan untuk Mama dan Papa bisa bersilahturami dengan kerabat dekat. Dalam perihal ini, Mama bisa memanfaatkannya dengan mengunjungi rumah kerabat dan membangun hubungan yang baik.

Tidak ada salahnya apabila Mama terpikirkan untuk menginap di rumah kerabat apabila hal tersebut memungkinkan. Anak mama pun jadi bisa semakin mengenali masing-masing anggota keluarga besar sebagai kerabat seperti yang Mama dambakan, bukan?

Editors' Picks

3. Mengunjungi tempat wisata

3. Mengunjungi tempat wisata
Pixabay/rosiekliskey

Berbicara mengenai hari libur panjang termasuk hari long weekend, Mama tentu terpikirkan untuk mengunjungi berbagai tempat wisata yang selama ini tidak sempat Mama datangi bersama Papa dan Si Kecil, bukan?

Tentu saja, hal ini akan menjadi kegiatan seru yang Mama dan Papa bisa lakukan bersama dengan suasana yang menggembirakan. Akan tetapi, pastikan bahwa tempat wisata yang Mama kunjungi tidak hanya menghibur tetapi juga mendidik Si Kecil, seperti museum.

4. Pergi ke luar kota

4. Pergi ke luar kota
Pixabay/vborodinova

Bukan hanya pergi menunjungi tempat wisata di kota Mama tinggal bersama keluarga saja yang bisa dilakukan bersama saat long weekend. Sebaliknya, Mama dan Papa serta Si Kecil tercinta juga bisa menyempatkan waktu untuk pergi ke luar kota.

Hal ini pasti akan memberi kesan tersendiri yang menyenangkan seolah-olah Mama dan keluarga sedang memiliki hari liburan panjang. Namun, kami menyarankan supaya Mama dan Papa memilih kota terdekat dari kota Mama berada agar Si Kecil tidak kelelahan dalam perjalanan pulang-pergi.

5. Berkemah bersama di halaman rumah

5. Berkemah bersama halaman rumah
Pixabay/lentemamaatje

Siapa bilang waktu yang menyenangkan di hari long weekend hanya bisa didapatkan dengan pergi ke tempat-tempat di luar rumah. Mama dan Papa juga bisa memanfaatkan long weekend dengan melakukan aktivitas berkemah bersama Si Kecil di halaman rumah.

Hal ini akan membuat Si Kecil merasakan suasana baru tanpa membuatnya kelelahan karena perjalanan panjang ke tempat lain yang jauh. Tentu, kegiatan berkemah yang dihadirkan akan membuat tiga hari ke depan sangat aktif dan berbeda dari aktivitas perkotaan metropolitan.

Baca Juga: Love Tips: 9 Hal Seru yang Bisa Dilakukan Bersama Pasangan di Rumah

6. Menata rumah

6. Menata rumah
Pixabay/le-belle-galerie

Ada hal seru lainnya yang bisa Mama lakukan bersama keluarga saat long weekend, di mana keuntungannya adalah suasana yang menggembirakan tercipta secara positif karena manfaatnya yang berguna satu sama lain yaitu, menata rumah.

Benar sekali! Mama dan Papa serta anak mama bisa melakukan kegiatan menata rumah dengan tugas-tugas yang disesuaikan. Tentu, pastikan kegiatan yang diberikan menyenangkan seperti, mendekorasi kamar, melukis dinding atau membuat hiasan untuk kamar masing-masing.

7. Membuat karya seni

7. Membuat karya seni
Pixabay/marimari1101

Berbicara menghenti kegiatan seru seperti membuat hiasan, Mama tentu dapat mempertimbangkan kegiatan membuat prakarya bersama yang menyenangkan tetapi juga mampu meningkatkan tingkat kreativitas anak mama tercinta.

Hal ini akan memberi kegembiraan bagi Mama dan Papa serta Si Kecil saat melakukannya. Sebagai contoh, kalian bisa melukis baju berwarna putih atau sepatu polos untuk dipakai keluarga, membuat puisi berisi perasaan cinta satu sama lain untuk ditempel di dinding dan hal lain semacamnya.

Sekarang, Mama sudah tahu akan melakukan kegiatan seru apa di hari long weekend mendatang, bukan?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.