Chia Seeds dan Lemon, Apakah Benar Dapat Melunturkan Lemak?

Mengonsumsi chia seeds dan lemon dengan pemahaman yang benar

23 Januari 2021

Chia Seeds Lemon, Apakah Benar Dapat Melunturkan Lemak
Freepik/devmaryna

Memiliki bentuk badan ideal yang bebas dari lemak berlebih merupakan impian banyak orang.

Tidak hanya kaum perempuan saja yang menginginkan bentuk badan yang ideal tetapi laki-laki pun banyak yang menginginkan hal tersebut.

Banyak usaha yang bisa dilakukan untuk mengupayakan memiliki badan bebas lemak berlebih.

Mulai dari program diet penurunan berat badan, mengonsumsi makanan tertentu, mengikuti berbagai macam program olahraga di fitness centre, hingga mengonsumsi obat-obatan yang dikatakan mampu melunturkan lemak dengan cepat.

Akhir-akhir ini mulai banyak informasi terkait jenis makanan tertentu yang dapat menurunkan berat badan.

Salah satu makanan yang cukup ramai diperbincangkan adalah campuran chia seeds dan lemon. Kedua makanan ini dianggap mampu melunturkan lemak jika dikonsumsi secara rutin.

Tetapi, apakah benar chia seeds dan lemon dapat melunturkan lemak? Informasi Popmama.com ini akan menjelaskan bagaimana cara kerjanya.

Bagaimana Chia Seeds Dapat Berperan dalam Penurunan Berat Badan?

Bagaimana Chia Seeds Dapat Berperan dalam Penurunan Berat Badan
Pixabay/ValeriaLu

Chia seeds merupakan salah satu makanan yang digolongkan sebagai super food dan sering menjadi salah satu makanan yang dikonsumsi saat program diet. Hal ini dilakukan karena banyak yang menganggap bahwa chia seeds bisa melunturkan lemak.

Chia seeds sendiri adalah sejenis biji yang mirip dengan biji selasih. Makanan ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Sehingga dapat menahan rasa lapar dalam waktu yang lama.

Terkait anggapan chia seeds dapat menurunkan berat badan, belum ada temuan pasti bahwa chia seeds dapat memberikan kontribusi atau berperan langsung dalam menurunkan berat badan.

Penelitian yang dilakukan oleh David Nieman, DrPH, seorang profesor dari Appalachian State University in North Carolina menemukan bahwa diet menggunakan chia seeds dapat membantu menurunkan berat badan jika diiringi dengan mengurangi jumlah kalori.

Sehingga, penurunan berat badan bukan disebabkan oleh peran chia seeds saja tapi juga adanya usaha untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Editors' Picks

Lalu Bagaimana dengan Lemon yang Dikatakan Dapat Menurunkan Berat Badan?

Lalu Bagaimana Lemon Dikatakan Dapat Menurunkan Berat Badan
Pexels/Lisa Fotios

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan pada vitamin C membantu meningkatkan kadar kolagen di dalam tubuh dan daya tahan tubuh.

Di samping itu, lemon dapat membantu proses pembersihan usus dan saluran pencernaan. Hal inilah yang membuat anggapan lemon dapat digunakan untuk membantu menurunkan berat badan, bahkan dapat melunturkan lemak di dalam tubuh.

Secara logika, ketika terjadi penumpukan makanan yang telah menjadi kotoran di dalam usus maka bobot tubuh akan semakin bertambah.

Lalu, ketika lemon membantu tubuh mengeluarkan kotoran tersebut dari saluran pencernaan maka dengan otomatis bobot tubuh akan menjadi berkurang.

Jadi, jika ada yang mengatakan lemon dapat menurunkan berat badan apalagi dapat melunturkan lemak, maka hal tersebut kuranglah tepat.

Walaupun Demikian, Chia Seeds dan Lemon Baik untuk DIkonsumsi saat Program Diet

Walaupun Demikian, Chia Seeds Lemon Baik DIkonsumsi saat Program Diet
Freepik/Dashu83

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa chia seeds dan lemon tidak terbukti secara langsung dapat berkontribusi dalam penurunan berat badan.

Namun, kedua makanan ini bisa dijadikan salah satu makanan yang dikonsumsi pada saat program penurunan berat badan berlangsung.

Chia seeds membantu pencernaan untuk tetap terjaga kenyangnya sehingga dorongan untuk makan berlebih akan dapat dihindari.

Lalu, lemon akan membantu proses pembuangan kotoran makanan di dalam pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu, campuran chia seed dan lemon bisa menjadi ide camilan yang akan menggantikan makanan-makanan tinggi gula dan sodium.

Sehingga, saat menjalani program penurunan badan Mama akan tetap bisa mendapatkan cemilan yang lebih sehat dan rendah kalori.

Resep Chia Seeds Lemon untuk Program Diet

Resep Chia Seeds Lemon Program Diet
Freepik/rawpixel

Untuk membuat cemilan dari chia seeds dan lemon, caranya sangat mudah. Cukup dengan 4 bahan, Mama sudah bisa mendapatkan cemilan yang enak, mengenyangkan, dan sehat tentunya.

Bahan:

  • 5 sdm chia seeds

  • 1 sdm perasan air lemon

  • 2 sdm madu

  • 200 ml air matang

Ca membuat:

  1. Campurkan semua bahan ke dalam satu jar bersih.

  2. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Pastikan tidak ada pemisahan antara air dengan chia seeds.

  3. Masukkan ke dalam kulkas dan bisa dikonsumsi untuk keesokan pagi. Jika ingin segera dikonsumsi, tunggu beberapa menit hingga campuran chia seeds mengental.

Saat mengonsumsi makanan tertentu dengan tujuan menurunkan berat badan, jangan lupa untuk mencari tahu informasi lengkapnya. Agar Mama tidak mudah terpengaruh dengan informasi-informasi yang tidak lengkap dan dapat merugikan diri sendiri.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.