Kebiasaan Buruk setelah Bangun Tidur yang Memengaruhi Produktivitas

Ketika aktivitas sehari terasa kacau, coba cek bagiamana Mama mengawali hari

25 Februari 2021

Kebiasaan Buruk setelah Bangun Tidur Memengaruhi Produktivitas
Freepik/nakaridore

Pagi hari adalah waktu yang sangat baik untuk mengawali hari. Ternyata memang pagi hari sangat memengaruhi produktivitas selama sehari penuh. Bahkan dari segi psikologi, rutinitas di pagi hari dapat memberikan dampak terhadap kondisi mental dan suasana hati untuk melakukan aktivitas harian. 

Tidak heran kalau banyak orang sukses yang sangat memanfaatkan waktu paginya dengan sebaik mungkin. Mereka akan cenderung menggunakan waktu paginya untuk menyelesaikan pekerjaannya dan membuat inovasi baru.

Sebaliknya, jika kebiasaan buruk yang dilakukan di pagi hari maka akan menurunkan produktivitas saat bekerja.

Bahkan, dalam beberapa studi mengatakan bahwa kebiasaan buruk yang dilakukan di pagi hari bisa meningkatkan seseorang mengalami depresi dan gangguan mental lainnya.

Untuk menjaga produktivitas harian, Popmama.com sudah rangkumkan beberapa kebiasaan buruk setelah bangun tidur yang harus dihindari.

1. Menekan tombol snooze saat alarm berbunyi

1. Menekan tombol snooze saat alarm berbunyi
Freepik/jcomp

Saat dering alarm berbunyi, apa yang biasanya Mama lakukan? Mematikan alarm dan bergegas bangun atau hanya menekan tombol snooze? Jika kebiasaan yang sering kali terjadi adalah menekan tombol snooze, segeralah menghentikan kebiasaan buruk setelah bangun tidur ini.

Menekan tombol snooze artinya kita akan menunda untuk segera bangun. Hal ini tidak membuat tubuh menjadi lebih segar setelah memperlama waktu tidur. Yang terjadi justru sebaliknya, tubuh menjadi lebih lelah karena terlalu lama tidur. Sebab, ritme tidur menjadi terganggu yang membuat tubuh menjadi lebih lelah.

Editors' Picks

2. Tidak segera bangun dan bermalas-malasan di kasur

2. Tidak segera bangun bermalas-malasan kasur
Freepik/lookstudio

Berlama-lama di atas kasur akan membuat tubuh menjadi lebih malas untuk beraktivitas. Itulah mengapa, kebiasaan buruk setelah bangun tidur ini harus dihindari. 

Segera tinggalkan kasur begitu mata terbuka dan bangun dari tidur. Jangan habiskan waktu untuk hal yang tidak produktif di atas kasur.

3. Langsung bermain telepon genggam setelah bangun

3. Langsung bermain telepon genggam setelah bangun
Freepik/jcomp

Kebiasaan buruk setelah bangun tidur yang saat ini banyak dialami oleh masyarakat modern adalah bermain telepon genggam. Banyak yang begitu membuka maka, mereka akan segera mencari dan meraih telepon genggamnya dan tenggelam di dunia maya.

Dalam penelitian, kebiasaan bermain sosial media di pagi hari akan mengganggu kondisi mental seseorang. Ia menjadi mudah stres dan depresi setelah melihat kehidupan orang lain. Hal ini tidak hanya mengganggu kondisi mental tapi juga produktivitas kerja.

4. Melewatkan waktu sarapan dan langsung bekerja

4. Melewatkan waktu sarapan langsung bekerja
Pexels/August De Richelieu

Aktivitas yang padat di pagi hari karena harus segera berangkat kerja sering menjadi alasan untuk melewatkan waktu sarapan. Hal ini menjadi kebiasaan buruk setelah tidur yang dihadapi masyarakat perkotaan.

Sarapan sangat penting untuk memberikan energi yang cukup saat beraktivitas selama seharian. Makanan yang bernutrisi akan membuat otak menjadi lebih mudah berkonsentrasi dan fokus saat bekerja. Sehingga, ia akan menjadi lebih produktif saat di tempat kerja.

5. Mengonsumsi makanan tinggi gula saat perut masih kosong

5. Mengonsumsi makanan tinggi gula saat perut masih kosong
Freepik/pjaun

Kebiasaan buruk setelah bangun tidur yang satu ini bisa berdampak membahayakan jika terlalu sering dilakukan.

Mengonsumsi makanan tinggi gula saat perut masih kosong di pagi hari akan membuat lonjakan gula darah.

Hal ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes 2. Oleh karena itu, pilih makanan tinggi serat dan mudah dicerna saat pagi hari agar tubuh mendapatkan energi dan nutrisi yang cukup untuk beraktivitas hingga waktu makan siang tiba.

Jika Mama mulai merasa kurang produktif selama bekerja, mulailah hindari kebiasaan buruk setelah bangun tidur ini. Dengan begitu, Mama bisa lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas seharian.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.