TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rutin Lakukan 5 Aktivitas Pagi untuk Menurunkan Berat Badan

Rutinitas pagi ini akan membuat tubuh menjadi lebih sehat serta menurunkan berat badan

4 November 2020

Rutin Lakukan 5 Aktivitas Pagi Menurunkan Berat Badan
Pixabay/Pexels

Banyak orang yang mencoba melakukan berbagai macam diet untuk menurunkan berat badan. Bukan penurunan berat badan, justru malah stagnan atau bahkan bertambah angka berat badan di timbangan.

Hal tersebut banyak sekali dialami oleh banyak orang. Sebetulnya yang salah bukan cara diet atau pola makannya saja. Mungkin ada faktor lain yang membuat metabolisme tubuh bekerja sangat lambat.

Ada rutinitas pagi yang ternyata bisa menurunkan berat badan. Ternyata rutinitas pagi hari ini menjadi kunci untuk menjaga metabolisme tubuh bekerja dengan baik sehingga tubuh akan prima selama seharian dan dapat menurunkan berat badan sebagai bonusnya.

Agar rutinitas pagi hari Mama bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan, Popmama.com telah kumpulkan beberapa aktivitas pagi untuk menurunkan berat badan.

1. Biasakan untuk selalu bangun pagi

1. Biasakan selalu bangun pagi
Tirachardz / Freepik

Kebiasaan untuk selalu bangun di pagi hari ternyata mampu menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian menemukan fakta bahwa orang yang sering terpapar sinar matahari pagi akan memiliki massa tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang terkena sinar matahari lebih siang.

Selain itu, sinar matahari pagi juga akan membuat tubuh bekerja sesuai dengan waktu tubuh. Dengan kata lain, tubuh seseorang yang terkena sinar matahari akan mengetahui kapan seharusnya ia akan merasa lapar serta kapan seharusnya ia merasa lelah hingga ingin tidur. 

Editors' Picks

2. Minum segelas air putih setelah bangun

2. Minum segelas air putih setelah bangun
Freepik/Racool_studio

Ternyata, minum segelas air putih setelah bangun tidak hanya sebagai pembersih tubuh tapi juga menurunkan berat badan loh, Ma.

Walaupun kontribusi konsumsi air putih setelah tidur yang dapat menurunkan berat badan tidak terlalu besar, tetapi membiasakan minum segelas air putih di pagi hari sangat disarankan oleh para ahli kesehatan.

Yang jelas, minum segelas air putih akan membuat perut lebih mudah kenyang. Sehingga, keinginan untuk makan menjadi berkurang. Hal inilah yang dapat menurunkan berat badan.

3. Sarapan dengan makanan tinggi protein

3. Sarapan makanan tinggi protein
Unsplash/Cory Seward
Salah satu sumber protein adalah telur

Memenuhi kebutuhan nutrisi di pagi hari dengan sarapan makanan tinggi protein ternyata juga mampu menurunkan berat badan.

Hal ini disebabkan oleh kandungan protein yang mampu merangsang tubuh untuk menekan kadar hormon ghrelin atau dikenal dengan hormon lapar.  Sehingga perut akan merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsi protein.

Di samping itu, protein diperlukan dalam pembentukan otot. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa protein mampu membantu memperbaiki dan membentuk otot sehingga seseorang akan terlihat lebih ramping. Konsumsi protein sangat dianjurkan setelah 30 menit melakukan olahraga di pagi hari.

4. Rajin melakukan olahraga minimal 30 menit

4. Rajin melakukan olahraga minimal 30 menit
Freepik/jcomp

Aktivitas pagi hari yang paling sering disarankan untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan adalah rutin melakukan olahraga selama minimal 30 menit. Olahraga memang terbukti mampu membakar kalori dan juga lemah yang ada di dalam tubuh.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan di pagi hari sangat beragam, mulai dari olahraga dengan intensitas rendah sampai dengan intensitas yang tinggi.

Biasanya, untuk tujuan membakar lemak tubuh, disarankan untuk melakukan olahraga HIIT atau High Intensity Interval Training.

Gerakan olahraga yang mengacu pada gerakan dengan intensitas yang tinggi dan dilakukan secara berulang. HIIT diklaim mampu membakar lemak walaupun tubuh sudah beristirahat.

5. Usahakan untuk selalu terkena sinar matahari

5. Usahakan selalu terkena sinar matahari
Pexels/ArtHouse Studio

Paparan sinar matahari pagi juga sangat berpengaruh untuk menurunkan berat badan. Sinar matahari pagi memiliki kandungan vitamin D. Vitamin D memiliki faktor yang sangat besar bagi kesehatan tubuh.

Seperti yang sempat disinggung di poin bangun pagi, sinar matahari pagi ternyata dapat memengaruhi massa tubuh seseorang. Sebuah penelitian mengatakan bahwa sinar matahari ternyata mampu membakar sel lemak putih yang ada di bawah lapisan kulit.

Berjemur di bawah sinar matahari pagi tidak memerlukan waktu yang lama, cukup 10 hingga 15 menit setiap hari sudah cukup memenuhi kebutuhan tubuh. Waktu terbaik untuk berjemur sekitar pukul 07.00 hingga 11.00.

Rutinitas di pagi hari ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan secara menyeluruh tapi juga mampu menurunkan berat badan. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi seseorang yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk