Makanan Apa yang Harus Dikonsumsi agar Seseorang Panjang Umur

Makanan bergizi penting untuk menjaga kesehatan organ tubuh

12 Januari 2021

Makanan Apa Harus Dikonsumsi agar Seseorang Panjang Umur
Pixabay/BookBabe

Makanan adalah sumber energi utama tubuh. Makanan yang kita makan akan sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh kita. Jika mengonsumsi makanan yang bergizi dan menerapkan pola hidup yang sehat, tubuh akan sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Orang-orang terdahulu bahkan memercayai beberapa jenis makanan tertentu dapat membuat seseorang menjadi panjang umur. Hal itu sebetulnya dikarenakan makanan tersebut memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh.

Seiring berkembangnya ilmu kesehatan, para ahli kesehatan menemukan beberapa jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi karena memiliki nilai nutrisi yang sangat baik. Bahkan, makanan tersebut dapat mencegah penyakit-penyakit degeneratif.

Mau tahu apa saja makanan yang harus dikonsumsi agar seseorang panjang umur? Cek informasi Popmama.com berikut ini ya!

1. Ragam sayuran hijau

1. Ragam sayuran hijau
Freepik/alhor

Perbanyaklah konsumsi sayuran hijau di setiap porsi makan, seperti bayam, sawi, brokoli, selada, dan berbagai jenis sayuran hijau lainnya. Sebab, sayuran hijau memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh. 

Di antara manfaat sayuran hijau yaitu kaya akan fitokimia, seperti kandungan flavonoid karotenoid. Kedua kandungan ini memiliki peran untuk menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit degeneratif. Mulai dari kanker, hipertensi, jantung, maupun diabetes.

Untuk itu, sayur menjadi makanan yang harus dikonsumsi agar seseorang panjang umur dan terhindar dari berbagai penyakit.

Editors' Picks

2. Ikan yang kaya Omega-3

2. Ikan kaya Omega-3
Freepik/Racool_studio

Makanan lainnya yang harus dikonsumsi agar panjang umur antara lain jenis-jenis ikan yang kayak kandungan omega-3. Ikan yang memiliki kandungan omega-3 antara lain adalah salmon, tuna, sarden, makarel, dan ikan laut lainnya.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University menjelaskan bahwa kandungan omega-3 dapat mencegah penyebab peradangan yang bisa menyebabkan penyakit dramatis.

Peradangan yang terjadi di dalam tubuh bisa membuat tubuh mengalami penyakit seperti alergi, kanker, hipertensi, diabetes, jantung, hingga alzheimer.

3. Minyak zaitun murni

3. Minyak zaitun murni
Freepik/racool_studio

Minyak zaitun murni juga termasuk ke dalam makanan yang harus dikonsumsi agar seseorang panjang umur. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat pada minyak zaitun mampu mencegah terjadinya kanker dan juga menjaga kesehatan otak.

Selain itu, minyak zaitun dapat menjaga kesehatan jantung karena memiliki jenis lemak baik tak jenuh. Kandungan lemak tak jenuh ini juga membuat seseorang menjadi tampak awet muda.

4. Aneka makanan fermentasi

4. Aneka makanan fermentasi
Pixabay/brenkee

Di zaman dahulu, fermentasi dilakukan agar makanan memiliki waktu penyimpanan yang lama. Ternyata, proses fermentasi juga dapat meningkatkan nilai nutrisi pada makanan tersebut.

Makanan fermentasi seperti kimchi, tempe, yoghurt, dan sebagainya dinilai sebagai makanan yang menyehatkan dan dipercaya dapat membuat seseorang panjang umur.

Bahkan di zaman Yunani kuno,mengonsumsi greek yoghurt dipercaya dapat membuat seseorang menjadi awet muda.

5. Jenis bawang-bawangan

5. Jenis bawang-bawangan
Pixabay/Shutterbug75

Saat membuat sebuah masakan, rasanya kurang jika tidak menggunakan bawang. Entah itu bawang putih, bawang merah, bawang bombay, atau daun bawang. Sebab, menambahkan bawang ke dalam masakan dapat menyedapkan makanan.

Tidak hanya menyedapkan makanan, bawang-bawangan juga menjadi konsumsi wajib agar seseorang panjang umur. Manfaat yang didapatkan dari bawang-bawangan ini adalah kandungan organosulfurnya yang dapat membantu tubuh melakukan detoksifikasi. 

Makanan-makanan yang harus dikonsumsi agar seseorang panjang umur juga harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat. Sebab, menjaga kesehatan diperlukan pola hidup sehat secara menyeluruh.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.