Tips Perawatan Kulit di Usia 30 Tahun agar Awet Muda

Di usia 30 tahun seringkali muncul keluhan di kulit terutama wajah

23 Desember 2021

Tips Perawatan Kulit Usia 30 Tahun agar Awet Muda
Pixabay/geralt

Memasuki usia 30 tahun seringkali muncul beberapa keluhan kulit. Mulai dari munculnya garis kerutan di area mata dan garis senyum, muncul flek hitam, pipi kendur, dan segala keluhan penuaan lainnya.

Hal ini memang adalah sesuatu yang wajar terjadi pada perempuan yang memasuki usia 30 tahun. Mengingat di usia 30 tahun kandungan kolagen di dalam tubuh mulai berkurang. Maka tak heran banyak penawaran perawatan khusus untuk perempuan yang sudah memasuki usia 30-an.

Tetapi sebetulnya, efek penuaan pada kulit bisa diperlambat. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sendiri untuk memperlambat penuaan pada kulit. Mama bahkan bisa melakukannya dari rumah secara rutin.

Untuk itu, Popmama.com akan memberikan tips perawatan di usia 30 tahun agar awet muda. Cek informasi berikut yuk!

1. Rajin membersihkan wajah secara menyeluruh

1. Rajin membersihkan wajah secara menyeluruh
Freepik/valuavitaly

Perawatan kulit di usia 30 tahun, Mama harus semakin rajin membersihkan wajah. Sebab, debu dan kotoran akan membuat kulit semakin mudah terlihat kusam. Hal ini membuat kondisi kulit menjadi tidak sehat.

Membersihkan wajah pun tidak asal hanya membersihkan dengan air dan sabun muka saja. Lakukanlah tahapan double cleansing agar kotoran terangkan dengan menyeluruh. Double cleansing juga akan membantu kulit menyerap produk perawatan lainnya dengan lebih baik.

2. Selalu gunakan pelembab kulit

2. Selalu gunakan pelembab kulit
Pexels/Linda Prebreza

Kemampuan kulit dalam menjaga kelembabannya akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Hal ini yang menjadi salah satu penyebab munculnya kerutan-kerutan harus di wajah. Oleh karena itu, penggunaan pelembab sangat penting. 

Selalu gunakan pelembab kulit sebagai upaya perawatan kulit di usia 30 tahun. Kulit yang lembab akan terjaga elastisitasnya. Sehingga, kerutan pada kulit wajah tidak mudah muncul dan wajah tampak lebih kencang.

Editors' Picks

3. Konsumsi makanan bernutrisi

3. Konsumsi makanan bernutrisi
Pixabay/silviarita

Tidak hanya melakukan perawatan dari luar saja tapi juga merawat kulit dari dalam harus dilakukan. Sebagai usaha perawatan kulit di usia 30 tahun maka Mama perlu memperbanyak konsumsi makanan bernutrisi, terutama sayur. 

Sayur memiliki begitu banyak ragam vitamin dan mineral yang dapat membantu tubuh memperbaiki kualitas sel. Hal tersebut membuat regenerasi sel tubuh akan tetap berjalan. Sehingga kerutan kulit ataupun flek hitam bisa berkurang atau bahkan hilang.

4. Penuhi kebutuhan air mineral

4. Penuhi kebutuhan air mineral
Freepik/diana.grytsku

Mengonsumsi banyak air mineral juga membantu dalam perawatan kulit di usia 30 tahun. Sebab, air mineral akan membantu menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Hal ini akan menjaga kondisi kulit tetap terjaga. Selain itu, kulit akan lebih sehat karena air mineral akan mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh.

5. Rutin berolahraga dan aktif bergerak

5. Rutin berolahraga aktif bergerak
Freepik/lookstudio

Rutin melakukan olahraga juga membantu perawatan kulit di usia 30 tahun. Sebab, gerakan olahraga akan membantu untuk mengalirkan darah keseluruh tubuh. Selain itu, olahraga juga membantu kulit untuk mendapatkan asupan oksigen yang membantu menjaga kondisi kulit.

Manfaat olahraga terhadap kulit lainnya adalah dapat mengencangkan kulit dan otot-otot yang kendur. Orang yang rutin melakukan olahraga biasanya akan memiliki kulit yang lebih kencang. Sehingga, penuaan pada kulit terutama wajah menjadi jauh lebih lambat.

6. Hindari pikiran yang memicu stress

6. Hindari pikiran memicu stress
Freepik

Pikiran yang membuat stress juga ternyata dapat memengaruhi kondisi kulit. Kulit akan jadi mudah berkerut dan kendur. Oleh karena itu, hindari hal-hal yang membuat stress. Cara yang bisa dilakukan untuk menjaga pikiran agar tetap tenang adalah melakukan meditasi atau melakukan refleksi diri.

7. Tidur yang cukup

7. Tidur cukup
Freepik/yanalya

Seseorang yang memiliki kualitas tidur yang buruk akan membuat kondisi kulit menjadi tidak baik. Kekurangan tidur menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah sehingga mudah mengalami masalah kulit dan sulit bagi tubuh untuk melakukan regenerasi sel.

Selain itu di waktu jam tidur, tubuh memproduksi kolagen. Apabila waktu tidur terganggu maka produksi kolagen juga akan menjadi bermasalah.

Oleh karena itu, dalam perawatan kulit di usia 30 tahun penting untuk menjaga agar tubuh mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Melakukan perawatan kulit di usia 30 tahun tidak hanya dengan melakukan perawatan wajah dari luar saja. Penting juga untuk merawat kulit dengan pola hidup yang lebih sehat. Sehingga, tidak hanya kulit saja yang sehat tapi juga kondisi tubuh secara menyeluruh.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.