9 Makanan Darurat Siap Makan yang Wajib Ada di Kulkas

Menyimpan makanan sehat di dalam kulkas penting untuk menjaga asupan bergizi

21 Januari 2021

9 Makanan Darurat Siap Makan Wajib Ada Kulkas
Freepik

Pernahkah Mama merasakan lapar yang tiba-tiba datang di saat belum membuat masakan apa pun di rumah? Ketika hal itu terjadi biasanya orang akan memakan cemilan yang tinggi kalori, gula, dan sodium. Tentu makanan itu tidak baik untuk kesehatan jika terlalu sering dikonsumsi.

Untuk mencegah hal itu, Mama perlu menyediakan makanan sehat siap konsumsi di kulkas. Agar setiap kali kelaparan datang di waktu yang tidak tepat Mama tetap dapat mengonsumsi makanan sehat yang tersedia di dalam kulkas. Makanan yang dipilih bisa berupa makanan segar atau makanan yang sudah diolah namun tetap bergizi walaupun disimpan dalam waktu tertentu.

Kali ini Popmama.com akan merekomendasikan Mama untuk menyediakan makanan darurat siap makan yang wajib ada di kulkas.

1. Tomat ternyata memiliki kandungan likopen yang tinggi

1. Tomat ternyata memiliki kandungan likopen tinggi
Freepik/Racool_studio

Tomat merupakan makanan yang tinggi akan vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin B, karbohidrat, protein, dan kalsium. Tomat juga mengandung likopen yang berperan sebagai antioksidan.

Buah yang tergolong ke dalam sayuran ini dapat dikonsumsi langsung tanpa perlu memasaknya. Sehingga, sangat cocok dijadikan makanan darurat saat kelaparan.

2. Timun memiliki tekstur yang renyah

2. Timun memiliki tekstur renyah
Freepik/8photo

Satu lagi buah yang tergolong sayur yang dapat menjadi makanan darurat siap makan. Sayuran yang satu ini memiliki tekstur yang renyah. 

Timun merupakan sayuran yang juga kaya vitamin dan mineral. Timun dapat menjaga kesehatan tulang, mengontrol tekanan darah, menjaga kesehatan kulit, dan sejumlah manfaat lainnya.

3. Bengkuang sangat baik untuk kesehatan kulit

3. Bengkuang sangat baik kesehatan kulit
pertanianku.com

Banyak yang menyukai bengkuang karena manfaatnya terhadap kesehatan kulit. Tapi selain itu, bengkuang juga mampu mencegah risiko terjadinya beberapa penyakit degeneratif.

Di balik itu, bengkuang adalah makanan yang bisa langsung santap tanpa perlu dimasak. Jadi akan sangat membantu jika Mama sedang butuh makanan darurat saat lapar datang.

Editors' Picks

4. Tempe sudah matang sebelum proses fermentasi

4. Tempe sudah matang sebelum proses fermentasi
Pixabay/mochawalk

Makanan darurat siap makan selanjutnya adalah tempe. Mungkin banyak yang tidak tahu kalau tempe bisa langsung dimakan tanpa perlu dimasak. Sebab, umumnya di Indonesia, tempe menjadi bahan masakan. Entah itu di goreng, ditumis, atau dijadikan bahan campuran di masakan lainnya.

Padahal, tempe sendiri sudah matang sebelum melalui proses fermentasi. Kedelai yang akan ditaburi ragi akan dimasak terlebih dahulu.

Dengan memasak kembali tempe justru dapat mengurangi manfaat dari tempe itu sendiri. Sebab, bakteri baik dari proses fermentasi akan mati seiring pemanasan saat proses masak.

5. Yoghurt bisa dicampur dengan buah-buahan

5. Yoghurt bisa dicampur buah-buahan
Freepik/8photo

Yoghurt juga merupakan makanan darurat yang bisa langsung siap makan. Biasanya yoghurt dicampur dengan buah-buahan atau sayur-sayuran mentah.

Yoghrut tinggi kandungan kalsium dan termasuk sebagai makanan probiotik. Makanan probiotik baik bagi kesehatan pencernaan karena terdapat bakteri baik di dalamnya.

6. Kimchi makanan fermentasi khas Korea yang bisa langsung dimakan

6. Kimchi makanan fermentasi khas Korea bisa langsung dimakan
Pixabay/bourree

Masih dengan makanan fermentasi, kimchi perlu menjadi pilihan makanan darurat yang selalu tersedia di kulkas. Rasanya yang pedas dan asam membuat rasa kimchi menjadi kaya rasa.

Makanan khas Korea ini memiliki segudang manfaat. Diantara manfaat dari kimchi adalah kandungan bakteri baiknya yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, memiliki sifat anti-aging, mencegah kanker, menjaga berat badan, dan masih banyak manfaat lainnya.

7. Telur rebus mampu bertahan 5 hingga 7 hari

7. Telur rebus mampu bertahan 5 hingga 7 hari
Freepik/timolina

Telur yang sudah direbus akan bertahan selama 5 hingga 7 hari di dalam kulkas. Dengan menyimpan telur sebus di dalam kulkas akan memudahkan Mama untuk mendapatkan makanan darurat sebagai pertolongan pertama ketika kelaparan menyerang.

Di samping itu, telur juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Telur baik untuk kesehatan mata, otak, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

8. Kentang rebus bisa dijadikan makanan darurat saat terlalu malas memasak

8. Kentang rebus bisa dijadikan makanan darurat saat terlalu malas memasak
Freepik

Menyimpan kentang rebus di dalam kulkas juga bisa menjadi makanan darurat saat lapar dan terlalu malas untuk masak. Dengan menyimpan persediaan kentang rebus, Mama bisa memakannya bersama makanan sehat siap makan lainnya.

Mama bisa memakan kentang rebus dalam bentuk utuh dan dimakan bersama telur rebus, tomat, timun, dan kimchi.

Bisa juga dibuat mashed potato dan dicampur dengan yoghurt, garam, dan sedikit lada. Itu sudah menjadi satu porsi makan tersendiri tampa perlu memasak lagi.

9. Ragam jenis buah-buahan

9. Ragam jenis buah-buahan
Freepik

Makanan darurat siap makan berikutnya adalah beragam jenis buah-buahan. Buah memiliki rasa yang manis sehingga lezat untuk dimakan langsung tanpa bahan makanan lainnya. Jenis buah-buahan apa pun bisa menjadi persediaan di dalam kulkas, seperti pisang, pepaya, apel, strawberry, dan berbagai buah lainnya.

Menyediakan makanan darurat siap makan penting agar tidak ada alasan untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat karena tidak punya persediaan makanan.

Menjaga apa yang akan dikonsumsi penting untuk menjaga sistem imun tubuh di tengah pandemi virus corona seperti saat ini. Jadi tetap perhatikan apa yang akan dikonsumsi ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.