Pesona Banda Neira yang Memukau dan Bernilai Sejarah

Banda Neira menjadi destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan alam, budaya, dan nilai sejarah

30 November 2020

Pesona Banda Neira Memukau Bernilai Sejarah
tfamanasek.com

Keindahan alam Indonesia bagian timur memang tidak perlu diragukan lagi. Suasana alam yang eksotis serta kondisi alam yang masih terjaga membuat siapapun yang berwisata ke Indonesia bagian timur akan dimanjakan pemandangan yang begitu alami.

Ketika berbicara tentang Indonesia Timur, ada sebuah pulau yang begitu eksotik dan memiliki nilai sejarah yang berharga, yaitu adalah Banda Neira. Sebuah pulau yang berada di tenggara kota Ambon. 

Keindahan alam pulau ini membuat Banda Neira dijuluki dengan “Sepotong Surga dari Timur”. Tak heran jika Banda Neira menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Penasaran dengan bagaimana pesona Banda Neira? Simak informasi dari Popmama.com berikut ini ya.

1. Pemandangan laut dan gunung yang indah dan memukau

1. Pemandangan laut gunung indah memukau
mongabay.co.id

Ketika Mama mengunjungi Pulau Banda Neira, Mama akan melihat pemandangan yang begitu megah. Pemandangan antara bentangan laut yang luas dan megahnya gunung yang menjulang membuat pesona Banda Neira sulit untuk dipungkiri.

Kombinasi antara lautan dan pegunungan akan membuat siapapun yang berkunjung ke Banda Neira akan takjub. Dua destinasi alam yang menyatu dalam satu tempat adalah destinasi yang komplit.

Editors' Picks

2. Wisata alam bawah lautnya tak kalah menakjubkan

2. Wisata alam bawah laut tak kalah menakjubkan
Instagram/@rahmadlarae24

Tidak hanya pemandangan di atas lautnya saja yang luar biasa. Wisata bawah lautnya juga menjadi pesona Banda Neira.

Kondisi laut yang masih jernih dan terjaga membuat ragam biota laut masih terjaga keasriannya. Pemandangan bawah laut di Banda Neira masih sangat murni. Jangan heran jika wisata bawah laut di Banda Neira juga menjadi andalan.

3. Memiliki peninggalan situs sejarah membuat wisata ke Banda Neira lebih bermakna

3. Memiliki peninggalan situs sejarah membuat wisata ke Banda Neira lebih bermakna
bandaneira.id

Pesona Banda Neira tidak hanya terletak pada keindahan alamnya saja, tetapi juga memiliki nilai sejarah yang melekat bagi bangsa Indonesia. Banyak peristiwa penting terjadi di pulau ini. Sehingga tidak lengkap rasanya apabila berkunjung ke Banda Neira tidak mengunjungi situs-situs bersejarah.

Salah satu peristiwa penting bagi bangsa Indonesia yang berlokasi di Banda Neira adalah diasingkannya Bung Hatta, Sutan Sjahrir, dan Dr. Tjipto Mangunkusumo oleh Belanda ke pulau ini. Rumah pengasingan tokoh bangsa ini dijadikan sebagai situs bersejarah.

Selain rumah pengasingan, ada juga destinasi bersejarah lainnya yang ada di pulau ini, yaitu Benteng Belgica, Istana Mini, hingga Rumah Budaya Banda Neira.

4. Banda Neira sempat menjadi pusat penghasil pala dan cengkeh terbesar

4. Banda Neira sempat menjadi pusat penghasil pala cengkeh terbesar
terasmaluku.com

Jika ingat bagaimana awal mula bangsa Portugis menjajah Indonesia, tentu tidak dapat dilepaskan kaitannya dengan Banda Neira. Sebab di saat itu, Kepulauan Banda dikenal sebagai penghasil rempah-rempah seperti pala dan cengkeh.

Ketika Belanda berhasil memonopoli perdagangan rempah-rempah ini, VOC menjadikan Banda Neira sebagai pusat monopoli nusantara. Sehingga dulu, pesona Banda Neira bukan dikarenakan alamnya melainkan terletak pada sumber rempah-rempahnya.

5. Pulau-pulau di sekitar Banda Neira juga tak boleh terlewatkan untuk dikunjungi

5. Pulau-pulau sekitar Banda Neira juga tak boleh terlewatkan dikunjungi
kopertraveler.id

Banda Neira dikelilingi oleh beberapa pulau. Pulau-pulau ini juga memiliki pesona alam yang tak kalah indahnya. Beberapa pulau yang bisa Mama kunjungi antara lain Pulau Banda Besar, Run, Ay, Nailaka, juga Pulau Hatta dan Syahrir.

Jika Mama ingin mengelilingi pulau-pulau tersebut, Mama bisa menaiki perahu-perahu yang disewakan oleh penduduk sekitar dengan harga yang cukup terjangkau.

Tak hanya menyuguhkan keindahan alam dan budaya tapi juga memiliki kisah sejarah yang tinggi membuat pesona Banda Neira tak tergantikan. Jika Mama ingin melepas penat dan berlibur dengan bermakna maka pilihlah Banda Neira menjadi destinasi utama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.