Coba Cek! Kenali 8 Tanda Kamu Kecanduan Media Sosial

Menggunakan media sosial bisa membuat seseorang menjadi kecanduan

24 Oktober 2020

Coba Cek Kenali 8 Tanda Kamu Kecanduan Media Sosial
pixabay/terimakasih0

Di zaman dimana teknologi berkembang sangat cepat seperti saat ini membuat manusia hidup sangat lekat dengan berbagai macam teknologi. Adanya teknologi memang banyak membantu berbagai macam hal di kehidupan, termasuk kemudahan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi.

Saat ini, media sosial sudah menjadi kebutuhan manusia modern untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. Jangkauannya tidak terbatas oleh jarak dan waktu.

Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri jika media sosial memiliki dampak yang buruk terhadap seseorang ketika digunakan secara berlebihan. Media sosial dapat membuat penggunanya mengalami kecanduan media sosial. Akibatnya bisa menimbulkan berbagai masalah, seperti gangguan emosi, depresi, stres, hingga sulit tidur.

Untuk mendeteksi apakah Mama atau orang di sekitar mengalami kecanduan media sosial, simak ulasan Popmama.com berikut ini ya!

1. Langsung mengecek media sosial setelah bangun tidur bahkan sebelum tidur

1. Langsung mengecek media sosial setelah bangun tidur bahkan sebelum tidur
Freepik/tirachardz

Tanda seseorang kecanduan media sosial yang perlu diperhatikan pertama kali adalah bagaimana ia memulai harinya.

Jika hal pertama yang dilakukannya setelah bangun tidur di pagi hari adalah mengecek media sosialnya maka hal ini menjadi tanda kecanduan pertama yang harus diwaspadai.

2. Menghabiskan berjam-jam menelusuri media sosial untuk hal yang tak penting

2. Menghabiskan berjam-jam menelusuri media sosial hal tak penting
Freepik/rawpixel.com

Tanda kecanduan media sosial lainnya adalah sering menghabiskan waktu berjam-jam di media sosial.

Hal yang ia lakukan pun hanya menelusuri hal-hal yang tak penting atau bernilai manfaat.

Memang media sosial diciptakan untuk penggunanya untuk terus melakukan penelusuran. Oleh karena itu, sangat diperlukan kesadaran dan kebijakan penggunanya. 

3. Merasa cemas jika tidak bisa mengakses media sosial

3. Merasa cemas jika tidak bisa mengakses media sosial
Freepik/Katemangostar

Apabila seseorang yang sudah kecanduan media sosial maka ia akan mudah merasa cemas jika tidak mendapatkan akses ke media sosialnya.

Saat tidak mendapatkan sinyal wi-fi atau kehabisan kuota internet, orang yang kecanduan media sosial akan merasa sangat panik dan cemas.

Ia khawatir jika ia tertinggal berita atau kabar terbaru. Bahkan, ia juga merasa cemas karena khawatir banyak orang yang akan mencarinya.

Editors' Picks

4. Terganggunya waktu untuk belajar atau bekerja

4. Terganggu waktu belajar atau bekerja
Pexels/Andrea Piacquadio

Waktu seseorang yang kecanduan media sosial akan lebih banyak digunakan untuk berselancar di akun media sosialnya. Ia menghabiskan waktu berjam-jam hingga pekerjaan penting yang seharusnya dilakukan menjadi tertunda.

Kecanduan media sosial dapat memangkas waktu untuk menyelesaikan pekerjaan atau waktu belajar.

Sehingga tidak heran jika beberapa perusahaan memiliki peraturan yang sangat ketat terhadap penggunaan telepon genggam para pekerjanya di waktu jam kerja.

5. Sering merasa seolah-olah mendengar bunyi notifikasi

5. Sering merasa seolah-olah mendengar bunyi notifikasi
Pixabay/FirmBee

Seseorang dengan tanda kecanduan media sosial juga biasanya sering merasa seolah-olah mendengar bunyi notifikasi. Walaupun telepon genggamnya tidak berada didekatnya. Namun saat dicek ternyata tidak ada pemberitahuan yang masuk.

6. Spontanitas meraih telepon genggamnya ketika mendengar bunyi notifikasi

6. Spontanitas meraih telepon genggam ketika mendengar bunyi notifikasi
Freepik

Tanda kecanduan media sosial juga bisa dideteksi ketika seseorang secara spontan meraih telepon genggamnya begitu mendengar ada notifikasi. Spontanitas ini adalah respon alami karena merasa akan ada pemberitahuan penting. Jika tidak segera membukanya ia akan merasakan resah.

7. Sering memastikan seberapa menariknya posting-an yang dibuat

7. Sering memastikan seberapa menarik posting-an dibuat
Freepik/rawpixel.com

Media sosial memang wadah untuk membagikan berbagai hal, baik itu kabar, informasi, atau kejadian tertentu. Namun, seseorang yang mengalami kecanduan media sosial akan terus berusaha melihat seberapa pantaskah posting-an yang dibuatnya.

Orang dengan kecanduan hal ini akan terus mengecek berapa banyak tombol disukai ditekan oleh orang lain. Ia akan mengejar angka tertentu untuk menentukan apakah unggahannya layak atau tidak.

8. Pasangan, orangtua, atau teman terdekat merasa jauh

8. Pasangan, orangtua, atau teman terdekat merasa jauh
Freepik/ jcomp

Mengenal tanda kecanduan media sosial pada seseorang juga bisa dilihat dari respon orang-orang terdekat yang ada di sekitarnya, seperti pasangan, orangtua, atau teman terdekatnya. 

Seseorang yang kecanduan media sosial biasanya akan lebih sering berinteraksi dengan telepon genggamnya. Hal tersebut tak jarang membuatnya menjadi abai dengan sekitarnya. Bahkan, orang terdekatnya merasa kalau ia jauh meskipun duduk bersebelahan.

Jika ada beberapa hal yang dirasa sesuai dengan kondisi yang dialami maka segeralah mengatasi masalah ini. Sebab, jika kecanduan media sosial ini tidak ditangani secara serius bisa merusak hal yang tidak diinginkan, seperti nilai akademis yang rendah, kinerja kerja yang buruk, hingga hubungan dengan pasangan yang kurang harmonis.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.