5 Teh yang Dapat Menenangkan Pikiran di Saat Penat

Beberapa teh memiliki sifat meredakan stres

31 Oktober 2020

5 Teh Dapat Menenangkan Pikiran Saat Penat
Freepik

Berada di situasi yang penuh tekanan dalam waktu berturut-turut bisa membuat seseorang menjadi stres.

Atau biasanya bagi seorang ibu rumah tangga rasa lelah dengan rutinitas harian juga membuat penat sehingga kondisi hati dan pikiran menjadi tidak tenang.

Jika Mama sedang mencari suatu cara untuk menenangkan pikiran, cobalah untuk mengonsumsi teh.

Ada beberapa jenis teh yang dapat menenangkan pikiran sehingga dapat membantu memulihkan suasana hati menjadi lebih baik.

Ini rekomendasi Popmama.com beberapa teh yang dapat menenangkan pikiran.

1. Teh chamomile menjadi salah satu mood booster

1. Teh chamomile menjadi salah satu mood booster
Freepik/tetenio

Bunga chamomile kering sering dimanfaatkan sebagai minuman teh. Sudah sejak lama teh chamomile ini dikenal mampu meredakan stres. Sehingga chamomile sangat efektif menjadi pilihan teh yang dapat menenangkan pikiran.

Selain mampu menenangkan pikiran, teh chamomile ternyata juga mampu menjaga kesehatan pencernaan. Mengonsumsi teh chamomile juga bisa menjadi salah satu mood booster.

Editors' Picks

2. Teh peppermint memiliki aroma mentol yang menenangkan

2. Teh peppermint memiliki aroma mentol menenangkan
Pexels/Mareefe

Peppermint merupakan tanaman yang masih satu keluarga dengan daun mint. Bedanya, bentuk daun peppermint lebih panjang dan runcing dibandingkan dengan daun mint yang biasa kita temukan di supermarket.

Ternyata mengonsumsi teh peppermint dapat menenangkan pikiran. Aroma mentol dari daun ini yang membuatnya mampu menjadi teh yang dapat menenangkan pikiran.

Tak hanya menenangkan pikiran, mengonsumsi teh peppermint juga dapat meredakan mual. Teh ini sangat baik bagi kesehatan pencernaan.

3. Teh lavender yang dapat menenangkan pikiran

3. Teh lavender dapat menenangkan pikiran
Freepik

Aroma lavender sering digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur. Seseorang yang memiliki masalah dengan tidurnya, bisa dengan menghirup aroma dari lavender. Biasanya ditemukan dalam bentuk minyak esensial.

Namun, lavender juga bisa dimanfaatkan sebagai teh yang dapat menenangkan pikiran. Acaranya adalah dengan mengeringkan bunganya. Lalu bunga lavender yang sudah kering tersebut diseduh layaknya teh pada umumnya.

4. Teh bunga markisa (passion flower) memiliki komponen anticemas

4. Teh bunga markisa (passion flower) memiliki komponen anticemas
Instagram/ healthyfood_aroundtheworld

Tidak hanya buahnya, bunga markisa juga dapat dikonsumsi dengan cara menyeduhnya menjadi teh. Bahkan, seduhan bunga markisa mampu menjadi salah satu teh yang dapat menenangkan pikiran. 

Kemampuan bunga markisa sebagai penenang pikiran dan pereda stres karena adanya kandungan flavon chrysin. Kandungan tersebut merupakan komponen anticemas.

5. Teh mawar memiliki aroma yang sangat wangi

5. Teh mawar memiliki aroma sangat wangi
Instagram/camellias_teahouse

Bunga mawar memiliki aroma yang harum sehingga sering dimanfaatkan sebagai aroma sabun ataupun berbagai kosmetik kecantikan.

Namun, tidak hanya bisa menjadi pengharum tapi bunga mawar juga bisa menjadi teh yang dapat menenangkan pikiran.

Teh yang dapat menenangkan pikiran ini memiliki aroma-aroma yang dapat membuat tubuh menjadi lebih tenang. Sehingga akan sangat membantu menjada kondisi hati dan pikiran.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.