Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Anggur Laut untuk Kesehatan

Sudah pernah melihat atau memakan anggur laut belum nih, Ma?

4 Desember 2020

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Anggur Laut Kesehatan
Tokopedia.com

Anggur laut atau Green Caviar memiliki nama latin Caulerpa racemosa yang hidup di perairan Indonesia. Anggur laut ternyata masih satu jenis dengan rumput laut yang memiliki banyak kegunaan apalagi untuk kesehatan. Selain untuk makanan dan kesehatan jenis tanaman alga hijau ini bisa digunakan untuk kecantikan juga.

Anggur laut memiliki banyak nutrisi dan mengandung antioksidan, asam folfat, asam karbonat, vitamin, dan lainnya. Karena banyaknya kandungan bermanfaat membuat anggur laut menjadi mahal di pasaran. Harga untuk satu kilogramnya bisa mencapai Rp250.000 sampai Rp.700.000.

Anggur laut juga dikenal di beberapa negara seperti Jepang, Cina, Korea, Filipina, bahkan negara di benua Eropa dan Amerika. Di Indonesia sendiri tidak banyak yang mengtahui buah ini karena namanya berbeda setiap di daerah. Seperti di Sulawesi Selatan buah ini disebut Lawi-lawi. Sedangkan di Lombok lebih dikenal dengan Latok atau Latoh.

Tekstur dari anggur laut seperti berlendir, namun renyah dan lembut. Buah ini juga sering dijadikan sebagai lalapan atau dikonsumsi secara mentah. Cara pengolahannya pun hanya dicuci bersih lalu direbus hingga matang. 

Kira-kira manfaat apa yang ada di anggur laut sampai harganya mahal. Untuk itu Popmama.com telah merangkum beberapa manfaat untuk Mama.

1. Mampu menjadi antidepresan yang alami

1. Mampu menjadi antidepresan alami
Freepik

Ma, untuk meredakan depresi memang lebih disarankan untuk mengonsumsi bahan alami dibandingkan obat-obatan kimia. 

Anggur laut bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi antidepresan secara alami. Perlu diketahui bahwa anggur laut mengandung vitamin B peridoksin atau B6 serta asam pentopenat atau biasa disebut vitamin B5. Kombinasi antara vitamin B5 dan B6 membuat anggur laut memiliki manfaat untuk menjadi antidepresan alami. 

Kombinasi vitamin tersebut mampu membantu mengatur kelenjar adrenal, sehingga kinerja tubuh menjadi tidak cepat lelah. Selain itu, anggur laut bermanfaat untuk mencegah terjadinya depresi akibat kelelahan beraktivitas seharian.

Editors' Picks

2. Membantu mengatasi sembelit

2. Membantu mengatasi sembelit
Pixabay/nevillevlogz

Kandungan gula yang terdapat pada anggur laut sangat rendah. Hal itu membuat kandungan bakteri baik pada anggur laut bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan.

Serta membuang sisa metabolisme pada tubuh yang tidak digunakan. Jadi untuk Mama yang sedang bermasalah dengan pencernaan segera mengonsumsi anggur laut agar lancar.

3. Mencegah obesitas

3. Mencegah obesitas
Unsplash/I Yunmai

Kandungan gula pada anggur laut sangat rendah, namun kaya akan kandungan protein nabati, seng, Vitamin C, Kalsium, asam lemak jenuh.

Itulah yang membuat makanan ini akan mencegahnya terjadi obesitas. Tak perlu khawatir jika memakan banyak buah ini ya, Ma!

4. Meningkatkan kerja mata dan jantung

4. Meningkatkan kerja mata jantung
Tokopedia.com

Asam lemak yang terdapat dalam kandungan anggur laut seperi AA, LA, DHA, dan ALA sangat bagus untuk meningkatkan pengelihatan seseorang.

Selain itu, bisa untuk menurunkan kolesterol, menjaga struktur kolagen, serta bisa mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung yang bisa dicegah dengan anggur laut adalah infark, miokard, stroke, dan aterosklerosis.

    5. Untuk kecantikan rambut dan kulit

    5. kecantikan rambut kulit
    Pixabay/LUM3N

    Dengan adanya kandungan kolagen, antioksidan, dan vitamin membuat kulit dan rambut menjadi terawat dan bagus.

    Beberapa ahli mengatakan bahwa dengan mengonsumsi anggur laut, kulit akan terlihat awet muda. Selain itu, kandungan lemak pada anggur laut bisa mencegah terjadinya pori-pori yang membesar dan mengatasi kulit kering.

    Kandungan kolagen pada anggur laut membuat proses pertumbuhan uban menjadi lambat. Selain itu, rambut tumbuh menjadi tebal dan cepat. Serta mencegah rambut menjadi tipis seiringnya bertambah umur.

    Itulah beberapa manfaat anggur laut untuk kesehatan dan kecantikan. Apakah Mama jadi tertarik untuk mencoba dan mengonsumsinya secara rutin setelah melihat banyak manfaat?

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.