Fakta Angkak, Obat Demam Berdarah Tradisional yang Dianggap Mujarab

Yuk, coba mengobati DBD dengan cara ini

25 Mei 2021

Fakta Angkak, Obat Demam Berdarah Tradisional Dianggap Mujarab
binaamal.info

Sekarang cuaca sulit ditebak. Seharusnya akhir tahun sampai awal tahun musim penghujan dan sisanya kemarau.

Sekarang berbeda, di akhir tahun, siang hari tetap terasa sangat panas, kemudian tiba-tiba hujan dan tidak lama kembali panas lagi.

Perubahan udara yang seperti ini biasanya jadi musim penyakit, sangat mudah virus dan bakteri menyebar. Begitu juga untuk penyakit demam berdarah.

Musim hujan dan panas yang tidak beraturan membuat nyamuk Aedes Aegypti mudah berkembang biak.

Hati-hati Ma, lingkungan si Kecil harus dipastikan aman agar tidak terserang nyamuk nakal ini yang bisa membuat terkena demam berdarah.

Berikut ini Popmama.com akan membagikan pengobatan non medis dan cara meningkatkan trombosit sebagai penanganan penyakit demam berdarah.

1. Apakah ada obat demam berdarah yang benar-benar untuk menyembuhkan?

1. Apakah ada obat demam berdarah benar-benar menyembuhkan
Freepik

Jika kita terserang demam berdarah dan dokter meminta agar kita menjalani rawat inap, maka obat yang diberikan adalah cairan infus yang bisa mengencerkan darah.

Selain infus, kita diberikan obat penurun demam, bukan obat untuk memerangi penyakit demam berdarah itu sendiri.

Demam berdarah membuat darah kentalnya darah di dalam tubuh, karena terjadi penurunan trombosit hingga di bawah batas normal. 

Untuk demam berdarah yang ringan, pada umumnya dapat sembuh sendiri tanpa harus dirawat inap bila penderita meminum banyak air dan memperkuat daya tahan tubuh. Cukup berobat jalan saja.

Banyak pendapat mengatakan bahwa meminum jus jambu klutuk merah dapat mempercepat demam berdarah untuk sembuh.

Obat demam berdarah alami ini memang berkhasiat, karena kandungan vitamin C di dalam jambu klutuk cukup tinggi. 

Namun ada herbal lain yang bisa jadi obat demam berdarah yaitu angkak. Angkak lebih murah dan ampuh untuk mengobati demam berdarah.

Editors' Picks

2. Obat demam berdarah herbal

2. Obat demam berdarah herbal
deherba.com

Tidak hanya pengobatan medis, saat ini juga ada beberapa obat herbal yang bisa membantu atasi demam berdarah atau DBD seperti angkak.

Cara kerja angkak adalah dengan meningkatkan trombosit secara signifikan dan ini terbukti dalam sebuah penelitian yang menggunakan tikus putih. Lewat khasiat ini angkak dianggap ampuh sebagai obat demam berdarah.

Obat tradisional ini berwarna merah dan sudah dipercaya bertahun-tahun oleh dokter di Indonesia dalam penyembuhan penyakit DBD.

Angkak adalah salah satu jenis beras merah dari Tiongkok yang difermentasi dengan ragi Monascus purpureus. 

Manfaat lain angkak juga bisa digunakan sebagai penambah rasa dan pewarna makan alami yang memberikan warna merah.

3. Cara menggunakan angkak sebagai obat demam berdarah

3. Cara menggunakan angkak sebagai obat demam berdarah
Pexels/andrea-piacquadio

Angkak bisa diberikan ke pasien DBD dalam berbagai cara, mulai dari kapsul, teh angkak, maupun makanan yang sudah dicampur dengan angkak. 

Angkak adalah beras putih jenis tertentu yang dibiakkan dengan ragi khusus selama beberapa hari sehingga warnanya berubah dan beras menjadi merah.

Ini telah dikenal penduduk Cina sejak ratusan tahun lalu, dan digunakan sebagai bagian dari campuran rempah masakan dan herbal kesehatan mereka.

Di Amerika biasa dikenal dengan nama Red Yeast Rice. Kini mulai popular dan dijual dalam bentuk kapsul sebagai penurun kolesterol herbal yang ampuh.

4. Aturan penggunaan angkak

4. Aturan penggunaan angkak
Freepik/jcomp
  • Cara pertama, seduh 1 sendok makan angkak dengan 2 gelas air, minum airnya saat masih hangat dan warnanya berubah jadi merah.
  • Cara kedua, angkak bisa dijadikan bahan makanan yang dimasaknya bersama dengan sup ayam. Kaldu ayam juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tambahkan 1 1/2 sendok makan angkak ke dalam sup ayam dan aduk hingga matang. Hati-hati, jika dipakai secara berlebihan bisa membuay sup terasa pahit.

Angkak mudah didapatkan seperti di supermarket atau toko tradisional di pasar. Jangan lupa untuk konsultasikan pada dokter terlebih dahulu.

Itulah penjelasan angkak sebagai obat demam berdarah tradisional yang ampuh dan murah.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.