7 Manfaat Daun Kelor yang Ampuh untuk Mengobati Penyakit

Bukan hanya penangkal mistis, daun kelor juga punya banyak khasiat untuk kesehatan tubuh

16 Desember 2018

7 Manfaat Daun Kelor Ampuh Mengobati Penyakit
vivianpangkitchen.com

Pohon kelor merupakan tanaman asli Indonesia yang disebut-sebut sebagai pohon obat. Bukan hanya mitos, tetapi tumbuhan ini memang mengandung berbagai zat yang mujarab untuk mengobati berbagai penyakit.

Daunnya menjadi bagian yang paling sering dimanfaatkan untuk pengobatan atau pencegahan penyakit. Berikut adalah beragam manfaat daun kelor yang telah berhasil dibuktikan dalam sejumlah penelitian.

Mengenal Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

1. Mengatasi diabetes

1. Mengatasi diabetes
Unsplash/Kate

Manfaat daun kelor yang pertama adalah dapat dijadikan sebagai insulin alami untuk menangani diabetes. Khasiat dari daun kelor untuk diabetes bisa mengurangi kadar gula dalam darah. Selain itu, daun kelor dapat juga mencegah penyakit gula darah atau diabetes.

2. Menangkal radikal bebas

2. Menangkal radikal bebas
Unsplash/Melan Cholia

Selanjutnya, salah satu manfaat daun kelor yang sudah dikenal sejak berabad-abad lalu ini yakni mampu melawan radikal bebas.

Daun kelor kaya akan antioksidan yang mampu mengikat radikal bebas sebelum diserap dan masuk ke dalam sel tubuh. Jika radikal bebas sampai masuk ke dalam sel tubuh, maka akan memicu penuaan dini dan kerusakan organ.

3. Meredakan peradangan

3. Meredakan peradangan
whattoexpect.com

Bisa dikatakan, peradangan adalah akar dari berbagai jenis penyakit, mulai dari radang tenggorokan, radang paru-paru hingga radang usus.

Dengan menyeduh daun kelor yang kaya akan senyawa quercetin dengan air panas atau teh dapat meredakan berbagai peradangan. Bisa juga dikonsumsi langsung sebagai sayuran.

Baca juga: 12 Manfaat Manggis untuk Kesehatan Ibu Hamil

Baca juga: Ketahui Manfaat Mengonsumsi Chia Seeds Saat Trimester Ketiga

Baca juga: Manfaat Minum Air Kelapa untuk Malam Pertama

Editors' Picks

4. Menurunkan kolesterol

4. Menurunkan kolesterol
Freepik

Manfaat daun kelor berikutnya yaitu ampuh untuk menurunkan kolesterol. Ini sudah dibuktikan melalui studi yang dimuat dalam Journal of Ethnopharmacology, dimana dalam pembuktiannya menyatakan bahwa daun kelor bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Menandakan bahwa daun kelor mampu menyeimbangkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi berisiko menyebabkan penyakit jantung.

5. Melawan infeksi

5. Melawan infeksi
netdoctor.co.uk

Menurut sebuah penelitian dalam Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, daun kelor mampu melawan pertumbuhan virus atau bakteri penyebab infeksi dalam tubuh lantaran tumbuhan kelor ini berfungsi sebagai agen antimikroba yang ampuh.

6. Mencegah kanker

6. Mencegah kanker
Freepik

Antioksidan dalam daun kelor sangat tinggi, di luar itu daun kelor memiliki banyak kandungan potasium sehingga dapat mencegah kanker. Dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin akan memperlambat bahkan menghentikan atau menyingkirkan sel kanker yang ada dalam tubuh.

7. Menyembuhkan rematik

7. Menyembuhkan rematik
Popmama.com/Vidya Dias

Manfaat daun kelor yang terakhir adalah dapat menyembuhkan rematik. Daun kelor sangat baik dalam penyembuhan rematik karena bisa mengurangi rasa sakit dan penumpukan asam urat pada sendi.

Itu hanyalah sebagian dari manfaat daun kelor. 

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat lainnya yang dimiliki oleh daun kelor untuk pengobatan. Tak heran mengapa daun kelor semakin populer di mancanegara, karena memang tumbuhan kelor ini sangatlah berkhasiat. Akan semakin baik jika daun kelor dikonsumsi setiap hari.